3 Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Dengan NIK KTP


Kamu mungkin pernah ya lupa nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan? Lupa nomor nomor BPJS Ketenagakerjaan akan sangat merepotkan kamu terlebih lagi jika membutuhkannya secara mendesak. Nomor BPJS Ketenagakerjaan memang terbilang sangat penting salah satunya yaitu saat kamu ingin mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Selain itu juga untuk memastikan apakah nomor BPJS Ketenagakerjaan tersebut masih aktif atau tidak. 

Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang lupa dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Bahkan parahnya lagi dalam sejumlah kasus, kartu BPJS Ketenagakerjaan sudah telanjur hilang. Jika kamu mengalami hal serupa, kamu tidak perlu bingung apalagi cemas. 

Karena ternyata cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan sangat mudah dan bisa dilakukan secara online. Jadi tidak perlu repot – repot datang langsung ke kantor cabangnya. Dan bahkan, kamu bisa cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK di KTP. 

Cara cek nomor BPJS


Berikut 3 cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP yang mudah dilakukan baik secara offline maupun online :

  1. Konfirmasi Langsung Ke HRD Perusahaan

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP yang pertama yaitu menghubungi HRD Perusahaan. Cara ini berlaku bagi kamu yang bekerja di suatu perusahaan dan sudah terdaftar di program BPJS Ketenagakerjaan. 

Cara melakukannya mudah, kamu hanya perlu mengonfirmasinya ke HRD perusahaan. Selain mengecek nomor KPJ, kamu juga bisa meminta pihak HRD untuk mencetak kembali kartu BPJSTKU. 

Cara ini bisa dilakukan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang sudah hilang. Namun, kartu BPJSTKU saat ini sudah berupa digital dan bisa dicetak jika dibutuhkan. 

  1. Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP selanjutnya yaitu melalui aplikasi BPJSTKU dan paling banyak digunakan. Untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi ini kamu hanya perlu mengunduhnya di ponsel. 

Melalui aplikasi ini, kamu bukan hanya bisa mengetahui nomor kepesertaan saja namun saldo BPJS Ketenagakerjaan dan informasi lainnya juga bisa dicari tahu. Aplikasi ini sudah bisa diakses dengan menggunakan Android maupun iOS. 

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP melalui aplikasi adalah sebagai berikut :

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU pada ponsel.

  • Jika sudah terunduh, buka aplikasi tersebut. 

  • Lalu, klik Login.

  • Silahkan masukkan alamat email dan kata sandi yang sebelumnya sudah digunakan untuk mendaftar BPJSTKU.

  • Namun jika belum mendaftar BPJSTKU, silahkan daftar terlebih dahulu. 

  • Kemudian, klik Login.

  • Pada menu, silahkan klik kartu digital. 

  • Setelah itu akan muncul nomor kartu BPJSTKU pada kartu digital berupa 11 digit angka. 

  1. Melalui Situs Resmi

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya adalah secara online melalui situs resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Cara ini cukup mudah dilakukan bahkan tanpa perlu mengunduh aplikasi dan bisa digunakan untuk kepesertaan mandiri. Pastikan kamu sudah hapal alamat email dan password yang didaftarkan sebelumnya. 

Cara ini juga bisa digunakan untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang. Berikut cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi :

  • Kunjungi terlebih dahulu www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau langsung saja klik sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. 

  • Setelah itu, silahkan masukkan alamat email dan password yang sebelumnya sudah digunakan untuk mendaftar.

  • Kemudian, pilih “Saya bukan robot” atau recaptcha. 

  • Klik Login.

  • Selanjutnya, klik cek kartu digital. 

  • Tidak lama setelah itu akan muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan. 




Comments

Popular posts from this blog

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask