Ide Menu Masakan Sehari-hari Dari Sayuran


Hari Raya Idul Fitri sudah lewat. Tetapi biasanya pada minggu pertama suasa hari raya masih terasa. Tamu masih berdatangan. Makanan khas hari raya pun masih dihidangkan. 


Bicara tentang makanan hari raya seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan sebagainya, adalah makanan yang selalu dinanti oleh semua umat Islam di Indonesia pada hari raya Idul fitri. Namun sebagian besar makanan tersebut mengandung santan yang jika dikonsumsi berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, seimbangkanlah kebutuhan tubuh akan nutrisi dengan mengonsumsi buah dan sayur. 


Menu masakan dari sayur jika diolah dengan tepat juga bisa nikmat loh dan tidak akan bosan dijadikan sebagai menu masakan sehari-hari yang menyehatkan. Contohnya saja menu masakan dari sayuran berikut ini. 


Sayuran dan Sambal


Sayuran seperti wortel, mentimun, Selada, labu rebus, kacang panjang dan sebagainya nikmat sekali disajikan dengan sambal. Banyak jenis sambal yang bisa dihidangkan sebagai cocolannya, ada sambal terasi, tomat, sambal marah, dan lain-lain. 


Menu masakan sehari-hari


Gado-gado


Makanan asal Jakarta ini terdiri dari sayuran rebus dan mentah yang dicampur bumbu kacang. Biasanya ditambahkan juga tahu, tempe atau kentang rebus. Dimakan dengan nasi hangat lontong, atau kerupuk nikmat sekali. 


Bumbu gado-gado terdiri dari kacang tanah goreng, gula merah, cabe, kencur, air asam, daun jeruk, kecap manis, bawang putih, dan santan. Semuanya dihaluskan dan dicampur dengan sayuran. Kalau ingin praktis, bumbu gado-gado instan pun sekarang banyak bisa didapatkan dengan mudah. 


Pecel


Masakan asal Jawa Timur ini sebenarnya hampir sama dengan gado-gado. Bedanya, semua sayuran yang direbus dan disajikan dengan diguyur saus kacang. Untuk pelengkap pecel yaitu peyek yang rasanya renyah membuat makan masakan sayur ini jadi tambah berselera. 


Lotek


Lotek yang merupakan makanan dari Jawa Barat ini juga hampir sama dengan dua menu masakan sayur di atas, yaitu sayuran yang diberi bumbu kacang. Bedanya pada lotek terdapat sayuran rebus dan mentah. Bumbu kacangnya ada yang menggunakan terasi, ada juga yang tidak. Serta dalam penyajiannya, sayur dicampur dengan bumbu sampai tercampur rata. 


Salad Kubis


Membuat Salad Kubis seperti yang ada di restoran sangat mudah. Potong-potong kol atau kubis serta wortel dengan potongan yang tipis. Lalu beri saus yang terdiri dari campuran mayones dan saus tomat. Jadi deh, Salad Kubis yang sehat dan segar ala restoran. Salad Kubis ini bisa jadi pendamping atau pelengkap menu gorengan seperti ayam goreng. 


Menu masakan sehari-hari



Salad Ayam


Rebus dada ayam dan potong-potong sesuai selera. Sobek-sobek daun selada dan potong-potong tomat. Campur semua bahan tersebut di wadah dan beri bumbu garam dan gula. Salad Ayam Rebus pun sudah siap dinikmati. 


Sop Sayur


Sop sayur terdiri sayuran seperti kentang, wortel, kol, tomat dan daun bawang yang direbus dengan air kaldu ayam atau sapi. Membuatnya mudah, tinggal memasukkan semua bahan di panci lalu direbus. Oh ya, kaldunya bisa menggunakan kaldu instan juga yang banyak dijumpai di pasaran. 


Sayur Asem


Sayur Asem terdiri dari sayuran kacang panjang, jagung, daun melinjo, labu dan kacang tanah yang direbus menggunakan bumbu yang rasanya asam manis menyegarkan. Bumbu sayur asam secara umum terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, asam, gula merah, terasi, dan cabe merah jika ingin rasanya pedas. Semua bumbu dihaluskan dan dicampur dengan rebusan sayur. 


Tumis Sayuran


Sayuran juga nikmat jika ditumis menggunakan bawang, sedikit minyak dan air kaldu. Misalnya saja tumis jamur, tumis kangkung, dan sebagainya. 


Menu masakan sehari-hari



Banyak sekali menu masakan dari sayuran yang bisa dibuat di rumah sebagai menu masakan sehari-hari. Ini hanya sebagian kecil menu masakan  dari sayuran yang pernah kami buat dan kami cicipi. Teman-teman bisa mendapatkan lagi menu masakan dari sayuran dari berbagai sumber, salah satunya website ceklist.id


Bagaimana dengan teman-teman, menu masakan sayuran apa yang paling disukai? 




Comments

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask