Prospek Kerja Lulusan Perbankan Syariah

 

Perbankan syariah saat ini menjadi satu tren keuangan positif yang makin berkembang secara signifikan pada masyarakat Indonesia. Dalam satu artikel keuangan online disebutkan bahwa di tahun 2022 ini simpanan di bank syariah melonjak naik. Hal ini bisa dipahami dalam kaitannya kegiatan ekonomi yang mulai bangkit lagi setelah pandemi Covid-19 mereda. Banyak yang mulai merencanakan lagi untuk beribadah haji dan menyimpan dananya di bank syariah setelah dua tahun kemarin tidak bisa berhaji karena pandemi.

Perbankan syariah Indonesia semakin berkembang bukan hanya di dalam negeri sendiri, bahkan sudah mulai merambah ke luar negeri. Baru-baru ini, salah satu bank syariah Indonesia hasil merger tiga BUMN yaitu Bank Syariah Indonesia sudah membuka cabangnya diluar negeri yaitu di Uni Emirat Arab.

Hal ini semakin menggambarkan prospek kerja di bidang perbankan syariah semakin menjanjikan. Ditambah lagi, Islam adalah agama terbesar pertama di Indonesia dan terbesar kedua di dunia sehingga peluang umat Islam untuk mempercayakan dananya ke bank syariah semakin besar. Informasi tentang keutamaan perbankan syariah pun makin banyak dan makin mudah diakses masyarakat umum sehingga makin berpeluang lagi untuk berkembangnya perbankan syariah. Gaya hidup halal sesuai syariah Islam semakin diminati dan masyarakat mulai percaya pada ekonomi syariah yang prakteknya terbebas dari riba.

prospek kerja lulusan perbankan syariah


Sayangnya, perkembangan bank syariah masih belum diiringi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. Oleh karena itu, lulusan perbankan syariah yang berprestasi pasti akan diminati oleh industri perbankan syariah. Nah, buat teman-teman yang sedang bingung untuk masuk kuliah jurusan apa, Jurusan Perbankan Syariah ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk digeluti.

Banyak manfaatnya belajar di Jurusan Perbankan Syariah. Kita akan mempelajari tiga ilmu sekaligus yaitu ilmu ekonomi, ilmu hukum dan Ilmu Agama Islam. Ilmu-ilmu tersebut selain bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, juga berpeluang untuk bekerja di berbagai bidang. Lulusan Perbankan Syariah bisa bekerja sebagai akuntan, pengusaha, dosen, peneliti, pegawai bank syariah, internal auditor, analis keuangan, manajer investasi, staf keuangan syariah, ahli ekonomi Islam, konsultan keuangan, dan sebagainya.

Banyak lembaga pendidikan sekarang membuka Jurusan Perbankan Syariah. Karena dengan semakin banyaknya lembaga keuangan syariah, Jurusan Perbankan Syariah merupakan salah satu program yang banyak diminati. Salah satu universitas swasta di Bandung pun tak mau ketinggalan untuk turut berperan menciptakan SDM berkualitas di bidang keuangan syariah. Ma’soem University adalah universitas di Bandung yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Perbankan Syariah (S1) dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada tahun 2020 kemarin, Ma’soem University membuka program studi baru yaitu Manajemen Bisnis Syariah (S1) untuk menstimulasi minat mahasiswa berwirausaha sesuai prinsip syariah.  

Ma'soem university


Jurusan Perbankan Syariah di Ma’soem University didukung penuh oleh PT. BPRS Al Ma’soem yang merupakan bagian dari Ma’soem Grup. PT BPRS AL Ma’soem sendiri sudah mendapat predikat SEHAT dari Bank Indonesia selama 13 tahun berturut-turut dan menjadi mitra kepercayaan dari PT. PNM.

Mahasiswa jurusan perbankan syariah di Ma’soem University belajar teori, mekanisme dan kaidah manajemen, pengelolaan keuangan dan perbank syariah, serta pasar modal syariah. Mahasiswa juga dibekali agar menguasai hukum ekonomi syariah, terlatih dalam pencatatan keuangan (akuntansi perbankan), dan terbiasa dalam Teknologi Informasi (IT) khususnya software yang berhubungan dengan pelayanan nasabah.

Selain Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, di Ma’soem University juga terdapat beberapa fakultas lain. Fakultas Komputer  memiliki program studi Simtem Informasi (S1), Komputerisasi AKuntansi (D3), dan Digital Bisnis (S1). Fakultas Pertanian memiliki program studi Agribisnis (S1) dan Teknologi Pangan (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki program studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan program studi Bimbingan dan Konseling (S1).

universitas swasta di bandung


Biaya pendidikan di Ma’soem University cukup terjangkau, sekitar 400 ribuan per bulannya. Biaya pendidikan juga bisa dicicil sehingga menjadikan Ma’soem University sebagai universitas swasta di Bandung yang terjangkau namun tetap berkualitas. Selain itu, Ma’soem University juga menyediakan asrama putri dengan kapsitas 168 orang dan asrama putra dengan kapasitas 48 orang dimana asrama tersebut berdekatan dengan kampus sehingga memudahkan mahasiswa untuk menjalankan masa pendidikannya.  

Kampus Ma’soem University hanya sekitar 4 menit dari gerbang tol Cileunyi dan 35 menit dari kawasan pendidikan Jatinangor. Lokasinya juga berdekatan dengan salah satu pabrik terbesar di Indonesia yaitu PT Kahatex dan pabrik-pabrik lain sehingga menjadi pilihan bagi mahasiswa yang mengambil kelas karyawan. Buat teman-teman yang tertarik untuk kuliah di program studi perbankan syariah atau program studi lainnya di Ma’soem University, bisa langsung mengunjungi website resmi Ma’soem University https://masoemuniversity.ac.id/ untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

 

Comments

  1. Peluang untuk bekerja di perbankan syariah terbuka lebar, dan asiknya bisa gali ilmu lebih dalam dulu di Ma’soem University sebelumnya

    ReplyDelete
  2. biaya pendidikannya lumayan murah yaa, bukan lumayan lagi tapi itu murah bangettt jatuhnya. Trus peluang karirnya juga terbuka lebar. Fasilitasnya lengkap juga ya Kak..

    ReplyDelete
  3. Sejak 2 tahun lalu, saya tertarik dengan keuangan syariah. Alhamdulillah ya, keuangan dan perbankan syariah makin diminati oleh masyarakat dan didukung juga oleh pemerintah

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah, baru ngeh kalau kuliah di Perbankan Syariah itu ilmunya berlipat gitu ya dapat ilmu ekonomi, hukum Islam juga llmu Agama Islam tentunya ya.
    apalagi jurusan dan program studinya juga banyak di Ma'soem University ini ya jadi bisa cari yang benar-benar sesuai minat.

    ReplyDelete
  5. Al-ma'soem luar biasa. Dulu kalau ke Bandung, taunya Al-ma'soeum itu punyanya SPBU saja, sekarang sudah sangat berkembang di segala bidang, termasuk pendidikannya mulai dari sekolah sampai perguruan tingginya.

    ReplyDelete
  6. Al-ma'soeum luar biasa. Dulu kalau ke Bandung, taunya Al-ma'soem itu SPBU saja. Sekarang sudah sangat berkembang, termasuk bidang pendidikannya mulai dari sekolah sampai perguruan tingginya

    ReplyDelete
  7. Perbankan syariah saat ini sedang banyak digandrungi calon mahasiswa dan mahasiswi memang. Setelah semua bank syariah melebur jadi BSI kesempatan untuk berkarir di sana makin meluas ya

    ReplyDelete
  8. jarang jarang aku nemuin kampus yang menyediakan asrama juga mbak. Dan aku baru tau waktu temen kuliah di ekonomi syariah, kirain nggak ada jurusan kampus yang ada kata-kata "syariah". Ternyata ada ya
    sempet berpikir sendiri juga,kalau ekonomi syariah gini job nya dimanaan, ehh ternyata banyak peluang juga

    ReplyDelete
  9. wuih wajib nih, bagi anak-anak yang udh lulus sma dan ingin berkarir di dunia perbankan, Masoem University layak dijadikan pilihan.

    ReplyDelete
  10. Kini jurusan semakin spesifik ya, kak Niar.
    Ini membuktikan bahwa di dunia kerja akan semakin banyak lapangan pekerjaan dengan skill yang soesifik daripada yang general.

    Rekomendasi kuliah di Jurusan Perbankan Syariah di kampus Ma’soem University, Bandung.

    ReplyDelete
  11. banyak sih yaa kalau lulusan syariah mah sekarang. Pemerintah juga lagi banyak buka lowongan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian khusus juga, termasuk Kemenag ini. butuh banyak

    ReplyDelete
  12. Wah lumayan banyak ya fakultas yang ada di Ma’soem University. Biaya SPP nya juga terjangkau padahal universitas swasta biasanya mahal. Juga lokasi di kota besar di Bandung bayarnya terjangkau namun tetap berkualitas.

    ReplyDelete
  13. Ngga perlu bingung lagi mau melanjutkan pendidikan dimana dan jurusan apa karena sudah ada penjelasan rinci mengenai prospek pekerjaan.
    Pasti akan semakin berkembang pesat mengingat Indonesia penduduk beragama Islam banyak dan pasti membuat bisnis syariah semakin berkembang

    ReplyDelete
  14. Perbankan Syariah tuh lagi mulai menggeliat loh di Indonesia jadi memang peluang lulusan perbankan syariah tuh terbuka lebar nih dan prospektif banget nih ke depannya yaa

    ReplyDelete
  15. Sekarang ini ekonomi syariah berkembang pesat
    Pasti prospek kerjanya semakin terbuka luas
    Banyak ya pilihan fakultas di Universitas Ma'soem ini

    ReplyDelete
  16. Perbankan syariah sekarang sedang dimininati ini, soalnya masyarakat mulai terbuka masalah keuangan yang lebih islami. Boleh dicoba untuk direkomendasikan ini universitasnya, biaya terjangkau dan kualitas oke yang jadi pertimbangan

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ya kak dengan biaya yang insyallah terjangkau dan jangkauan prospek setelah lulus pun luas ya

    ReplyDelete
  18. Nah baru tahu nih ada jurusan perbankan syariah. Prospeknya bagus juga ya. Bisa jadi jurusan pilihan nih bagi adik2 yg minat dengan jurusan yg berkaitan dengan syariah

    ReplyDelete
  19. Nah baru tahu nih ada jurusan perbankan syariah. Prospeknya bagus juga ya. Bisa jadi jurusan pilihan nih bagi adik2 yg minat dengan jurusan yg berkaitan dengan syariah

    ReplyDelete
  20. Karena, mayoritas penduduk Indonesia muslim, perbankan syariah mulai banyak dilirik masyarakat. Dan, ini membula lowongan pekerjaan yang besar juga di masa depan. Sehingga, mengambil jurusan perbankan syariah bisa menjadi pilihan tepat untuk karir gemilang di masa depan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask