Memahami Masa Menstruasi dan Siklus Haid

Menstruasi atau haid adalah hal alamiah yang terjadi pada setiap perempuan yang ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Menstruasi terjadi pada saat lapisan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi meluruh dan keluar melalui vagina. Siklus haid ini terjadi setiap bulannya pada perempuan sebagai bagian dari proses organ reproduksi untuk mempersiapkan kehamilan.

Setiap perempuan mengalami waktu menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang lebih cepat dan ada juga yang lebih lambat. Jadi, buat semua orangtua tidak perlu khawatir jika anak perempuannya belum menstruasi, karena setiap perempuan mengalami waktu menstruasi yang berbeda. Menstruasi akan terus berlangsung sampai perempuan memasuki waktu menopause dan tidak lagi mengalami menstruasi.

siklus haid


Fase menstruasi sendiri terbagi atas fase berikut:

  • Fase menstruasi, dimana payudara dan perut terasa nyeri karena menstruasi. Panggul, kaki dan punggung juga biasanya terasa nyeri dan bisa terjadi kram. Biasanya menstruasi terjadi 3 sampai 7 hari dengan banyak darah 30-40 ml atau 60 sampai 80 ml. Oleh karena itu, hendaknya tetap menjaga kesehatan selama masa menstruasi agar badan tetap bugar dan sehat. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang sehat tentunya, seperti buah dan sayur yang menyegarkan badan saat menstruasi. Jangan lupa untuk mengganti pembalut setiap empat sampai delapan jam sekali. Olahraga saat haid juga diperbolehkan banget loh, karena olahraga saat haid bisa mengurangi nyeri yang ada.
  • Fase selanjutnya dimana perut terasa kembung dan kita mengalami keputihan. Lapisan dingin rahim yang sempat meluruh akan menebal lagi karena peningkatan hormon.
  • Fase ovulasi dimana kita akan sering merasa mengantuk, nafsu makan tinggi, perubahan emosi sehingga jadi mudah tersinggung, timbul jerawat, kelelahan, dan lain sebagainya yang terjadi karena perubahan hormon. Dinding leher rahim makin menebal dan melepaskan sel telur dan membentuk korpus luteum yang menghasilkan progesteron sehingga membuat dinding rahim makin tebal. Fase ini disebut masa Pra Menstruasi (PMS). PMS biasanya terjadi beberapa hari sebelum mengalami menstruasi. Jika sel telur yang keluar tidak dibuahi, kadar hormon progesterone dan estrogen akan menurun, lapisan dinding rahim juga akan luruh sampai terjadinya menstrusi.

siklus haid


Untuk mengetahui siklus haid, kita bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mencatat siklus haid. Catatlah periode menstruasi pada aplikasi dan aplikasi akan dengan otomatis menentukan waktu menstruasi bulan berikutnya. Bisa juga kita mencatatnya di buku catatan secara manual atau ditandai di kalender sehingga kita akan memahami siklus menstruasi dan menstruasi menjadi lebih teratur.  

Siklus haid biasanya terjadi setiap 28 hari. Siklus haid dihitung dari hari pertama sampai hari pertama menstruasi di periode berikutnya. Siklus haid setiap perempuan berbeda, bisa lebih pendek atau lebih lama dari 25 hingga 38 hari. Saya pernah mendapati seorang teman yang siklus haidnya setiap 2 atau 3 bulan sekali dan ketika masa menstruasi datang terasa lebih sakit dari kebanyakan perempuan. Nah, jika ada yang mengalami hal demikian segera periksa kesehatan kita ke dokter ya. Karena masa menstruasi dipengaruhi juga oleh kesehatan setiap perempuan. Syukurlah teman saya itu walau masa menstruasinya kurang teratur, beliau Alhamdulillah masih dipercaya oleh Allah SWT untuk memiliki keturunan.

Masa menstruasi yang kurang teratur bisa jadi disebakan oleh banyak hal. Pada masa pubertas terjadi banyak perubahan hormon sehingga membuat menstruasi tidak lancar di beberapa periode pertama. Kondisi menstruasi kurang lancar juga terjadi pada saat hendak monopause dimana pada saat itu terjadi penurunan hormon yang membuat menstruasi jadi terganggu. Penggunaan alat konstrasepsi pil KB juga bisa mengganggu siklus haid karena adanya hormon dalam pil KB yang mencegah pembuahan di tubuh perempuan. Selain itu, jika kita mengalami penurunan dan kenaikan berat badan secara drastis dapat menyebabkan beberapa hormonn terganggu sehingga jadwal menstruasi pun ikut terganggu. Stres yang terjadi juga bisa mengganggu siklus haid loh, karena stress bisa mengganggu hormon dalam tubuh terutama hormon yang berhubungan dengan menstruasi atau haid. Kondisi medis tertentu juga bisa saja mengganggu siklus haid, misalnya sakit diabetes tipe 1 atau adanya tumor yang mengganggu siklus haid.

siklus-haid


Nah, biar menstruasi lancar, hendaknya kita berolahaga secara rutin. Memang pada saat menstruasi datang, badan terasa lemas dan terasa ingin bermalas-malasan saja. Namun seperti sudah disebutkan sebelumnya, olahraga saat haid bisa mengurangi nyeri saat haid dan melancarkan haid. Kita juga hendaknya menjaga berat badan agar ideal dengan mengatur waktu makan dan mengatur makanan dan minuman sehat apa saja yang hendak kita konsumsi. Melakukan Yoga juga dapat membantu menyeimbangkan hormon sehingga siklus haid tidak berantakan loh. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 pada 126 peserta yang melakukan yoga secara rutin selama 35-40 menit selama 5 hari per minggu.

  

Comments

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask