Peluang Bisnis Barang Bekas

Halo assalaamualaikum teman-teman. Kita semua tahu situasi ekonomi tidak terlalu bagus saat ini. Bukan hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Harga barang melambung tinggi yang menyebabkan masyarakat menjerit. Namun, percayalah Allah SWT Yang Maha Kaya akan mencukupi kebutuhan kita, inshaAllah.

Di situasi ini kita dituntut kreatif untuk mencari penghasilan. Jika modalmu tak seberapa, mengapa tidak melirik binis barang bekas? Jika kamu tahu celahnya, bisnis barang bekas juga lumayan bisa menghasilkan. Barang bekas yang dijual pun tidak harus milik sendiri. Ini nih jenis-jenis barang bekas yang bisa dijual kembali dan banyak dicari pembeli.

1. Rumah

Ya, rumah bekas ditinggali tentu saja biasanya lebih terjangkau dibanding rumah baru dibangun. Dan rumah selalu dicari karena merupakan kebutuhan pokok masyarakat untuk tempat tinggal. Tinggal dipoles sampai kinclong, rumah bekas pun bisa menarik pembeli.

2. Kendaraan bermotor

Kendaraan bermotor juga hal yang penting karena orang membutuhkan transportas untuk wara-wiri. Kendaraan bekas tentu diharapkan lebih terjangkau dibanding baru. Asal masih dalam kondisi sangat baik dan bisa dipakai, kendaraan bekas akan bernilai untuk dijual kembali.

3. Alat Elektronik

Alat elektronik seperti televisi, oven, AC dan sebagainya juga banyak dicari orang dalam kondisi bekas karena diharapkan harganya lebih terjangkau. Tentu saja, walau bekas harus dalam kondisi baik dan bisa digunakan.

4. Pakaian, tas, sepatu branded

Untuk sebagian orang mungkin mereka gak peduli pakaian dan tasnya branded atau tidak, tapi untuk sebagian lainnya peduli. Ada loh yang rela beli pakaian dan tas branded walau bekas, karena memang biasanya untuk peoduk pakaian dan tas branded yang asli kualitasnya tidak diragukan.


bisnis barang bekas


5. Buku

Untuk yang senang baca buku, mereka rela berburu buku yang mereka mau walau bekas, Buku-buku sekolah yang dalam kondisi bekas juga diminati orang karena lebih terjangkau. Biasanya pada tahun ajaran baru nih buku sekola bekas banyak diminati untuk keperluan sekolah.

Untuk yang mau memulai bisnis mungkin bingung darimana akan mendapat barang bekas yang layak untuk dijual. Memang kita harus punya banyak jaringan yang memiliki barang bekas untuk dijual. Tapi untuk awal, mulailah dari yang terdekat dulu. Jika di rumah ada barang bernilai yang sudah tidak digunakan seperti jaket atau tas atau barang lainnya, cobalah untuk menjualnya lewat marketplace maupun langsung ditawarkan ke yang membutuhkan.

Selamat mencoba!


Comments

  1. Paling terasa itu kalau beli rumah bekas, terus dipermak dikin misal kasih taman, tampilannya diperbaiki akan mudah dapat untung. Tapi tetap harus mempertimbangkan lokasi juga.

    Saat ini barang-barang preloved memang lagi ramai, banyak jualan baju preloved juga daerah-daerah. Selain murah, barangnya juga masih bagus

    ReplyDelete
  2. Kalau tas, dan baju biasanya aku masih simpan, biasanya malah jadi fashion yg vintage, atau berubah jadi bahan lungsuran hehehe.. biasanya jual beli hape, masih laku dengan harga beda tipis lah, nggak rugi banget

    ReplyDelete
  3. jualan buku bekas peluangnya masih bagus banget karena ada book lovers yang suka koleksi buku tapi budget terbatas, jadi pilihannya adalah beli yg second karena harganya jadi lebih miiring.

    ReplyDelete
  4. Ternyata yang bekas bisa menghasilkan ya mbak bila dijual kembali. Bahkan teman saya juga sukses berbisnis barang rongsokan. Kardus bekas, botol bekas atau alat2 lain yang rusak juga bisa menghasilkan pundi2 rupiah bila dijual kembali. Apalagi jika barang bekas itu dikelola kembali dan didaur ulang menjadi barang konsumtif yang menarik.

    ReplyDelete
  5. Punya banyak jaringan biar pada tahu ya bahwa ada nih bisnis barang bekas, karena masih ada yang membutuhkan dan mencari

    ReplyDelete
  6. Awal pandemi sambil beberes rumah saya sortir2 mainan dan buku anak2 mayan lho lakuu banyak...

    ReplyDelete
  7. Tetangga saya ada yang jualan produk bekas, dia cari di pasar loak terus dijual secara online di marketplace. Ternyata hasilnya lumayan apalagi kalau ketemu sama kolektor

    ReplyDelete
  8. thrifting sepatu, tas, baju branded emang lagi hype banget sih yaa jaman sekarang dan cepet arus jual-beli nya.

    ReplyDelete
  9. Sekarang yang lagi rame adalah bisnis thrift pakaian. Dan bahkan sampai ada yang membuat konsep reseller. Bahkan kualitasnya juga bagus bagus. Sempet kepikiran pengen bisnis thrift ini juga melihat market ramai

    ReplyDelete
  10. Orang yang mampu membuat produk dari barang bekas, termasuk orng yng kreatif. Apalagi bisa dikembngka menjadi bisnis, karena produk yang dijual, berarti sudah memiliki kualitas yang mumpuni.

    ReplyDelete
  11. Jualan barang bekas kayak gini bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan juga ya
    Tapi memang harus telaten merawatnya agar barang bekas teetap berkualitas bagus sehingga bisa mendapat nilai jual yang tinggi

    ReplyDelete
  12. Barang yang paling banyak ada dirumah adalah pakaian bekas. Barang ini tidak bisa dipakai lagi karena kekecilan. Jadi kepikiran untuk pre-loved

    ReplyDelete
  13. Aku dulu suka jualan buku bekas biar gak numpuk di rumah. Sekarang masih banyak buku-buku, tapi masih males sortir dan kirim-kirim barangnya nanti kalo ada yang beli.

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali peluang usaha barang bekas ya mba, termasuk buku. Tapi kadang ngejual buku dari koleksi pribadi itu suka enggak tega akunya. Berasa sayang bukunya kalau dijual lagi. Paling bener memang cari koneksi yang punya barang bekas terus kita jual lagi

    ReplyDelete
  15. Peluang bisnis barang bekas ini memang masih menjanjikan sih, apalagi banyak marketplace yang bisa dimanfaatkan ya. Kalo untuk bisnis mobil bekas, ini juga menguntungkan banget. Kebetulan bengkel papaku sering banget ini jual beli mobil bekas

    ReplyDelete
  16. Di dekat rumah saya ada pusat pembelanjaan yang khusus menjual pakaian bekas, laris manis sekali karena harganya miring tapi masih layak pakai bajunya

    ReplyDelete
  17. Produk dari barang bekas itu nilai jualnya tinggi biasanya
    Banyak teman yang mengelola "sampah" jadi penghasilan yang "wah"

    ReplyDelete
  18. Barang-barang preloved atau bekas sebenarnya lebih dekat dengan aktivitas save earth, go green atau membantu mengatasi krisis iklim dibanding membeli barang-barang yang baru. Jadi kegiatan seperti ini memang bagus.

    ReplyDelete
  19. Bisnis barang bekas bisa jadi menjanjikàn loh, karena yang namanya sampah itu pasti ada.

    ReplyDelete
  20. kalau ada barang bekas dan masih layak jual, jangan langsung dibuang lah ya karena bisa jadi peluang bisnis nih, kita juga bisa memasarkannya lewat medsos, lumayan kan kalau masih bisa terjual :)

    ReplyDelete
  21. Makasih banget iidenya mba.. aku jadi bisa ngulik2 barang di rumah yang udah banyak ketumpuk. Satu lagi yang mungkin bisa, mainan anak2 :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit