5 Rekomensasi Buku Kisah Nyata Yang Menginspirasi


Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang saya sukai ketika tidak menulis blog. Buku yang menceritakan kisah nyata adalah salah satu yang saya sukai untuk dibaca. Dari kisah orang lain, saya bisa mengambil pelajaran untuk hidup saya sendiri. Oh ya, jika sempat, saya juga menuliskan review buku yang say abaca di blog buku saya. Ini dia 5 judul buku kisah nyata yang menginspirasi, yang reviewnya sempat saya tuliskan di blog buku saya.


  1. Samuel, Samantha & Me
Menemukan buku ini di jajaran buku diskon buku Gramedia di tempat perbelanjaan Giant, saya sungguh girang. Sudah lama saya mencari buku ini. Buku ini menceritakan kisah Sam Broodie, seorang transgender yang kembali ke fitrahnya sebagai laki-laki. 

Sejak kecil, Sam sering mendapat kekerasan fisik dari ayahnya, bullying dari teman-temannya, dan kekerasan seksual dari orang dewasa di sekitarnya. Hal inilah yang membuatnya lari pada dunia kecantikan. Mengoleskan makeup pada wajahnya bisa menjadi topeng untuk mengusir kesedihannya.
Sam sempat mengikuti ajang reality show Big Brother, dimana di acara ini identitasnya sebagai laki-laki terbongkar. Banyak media menulis hal negatif tentangnya sehingga Sam jatuh sakit. Saat itulah Sam terpikir untuk pulang ke Indonesia, Negara yang mempertemukannya dengan Indri, calon istrinya yang selalu memompakan semangat padanya untuk menjadi orang yang lebih baik.

sam brodie


Pelajaran dari buku ini, seseorang itu bisa berubah ke arah yang lebih baik jika ia mau berusaha keras dan didukung oleh orang-orang di sekitarnya. Allah SWT tidak pernah tidur!

  1. AU PAIR, Backpacking Keliling Eropa Dengan Menjadi Baby Sitter
Buku ini menceritakan kisah penulisnya, Icha Ayu, yang keliling Eropa dengan menjadi baby sitter (Au Pair). Menjadi Au Pair di Negara Eropa itu tidak mudah, karena banyak dokumen yang harus disiapkan. Belum lagi jika mendapatkan host family yang kurang baik. Di buku ini, Icha menceritakan berbagai hal yang harus disiapkan jika ingin menjadi AU Pair di Negara Eropa.  

Bayangan akan travelling keliling Eropa pun tidak seindah bayangan. Icha harus berhemat agar bisa bertahan hidup dan menjelajahi Negara Eropa yang diinginkan, juga berhemat untuk membeli tiket pulang ke Indonesia. DI buku ini Icha juga menceritakan berbagai tips agar bisa travelling keliling Eropa dengan budget terbatas.

Buku ini bermanfaat banget terutama untuk mereka yang akan mengikuti program yang sama, karena penuh dengan informasi terkait pekerjaan Au pair dan kegiatan travelling di Eropa. Berbagai tips dan pengalaman Icha selama di Eropa bisa menjadi pertimbangan sebelum seseorang memutuskan mengikuti kegiatan yang sama.

keliling eropa dengan budget terbatas


  1. Alhamdulillah, Balitaku Khatam Alquran
Buku ini disusun berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan penulisnya, Dr. Sarmini, Lc. MA, dalam membimbing anak-anaknya untuk mau berinteraksi dengan Al-Quran setiap hari. Karena azzam yang kuat, konsisten dan istiqomah dalam mendidik anak-anak, ketiga putri beliau dapat khatam Al-Quran di usia balita. Putri pertamanya, khatam Al-Quran pada usia 4 tahun 9 bulan 18 hari, putri kedua khatam pada usia 4,5 tahun dan putri ketiga khatam di usia 3 tahun lebih. Masha Allah.

Secara garis besar buku ini akan memberikan informasi tentang Keutaman mengajarkan Al-Quran pada anak, tips Membuat anak keranjingan membaca Al-Quran, Merancang program AlQuran untuk anak, Menanamkan rasa bangga pada anak karena berinteraksi dengan Al-Quran, serta Mengenalkan hukum tajwid dengan bahasa yang mudah diserap oleh anak.

balita khatam quran


  1. Letters To Aubrey

BUku ini berisi surat-surat seorang ibu, Grace Melia, untuk anaknya –Ubii- yang mencerita Congenital Rubella Syndrom. Congenital Rubella Syndrom itu menyebabkan gangguan pendengaran sangat berat, gangguan saraf, gangguan motoric, dan kelainan jantung bawaan sehingga Ubii tidak langsung menangis saat dilahirkan dan sempat kesulitan bernafas. Banyak hal yang telah Grace dan Adit –suaminya- lalui untuk kesembuhan Ubii. Ubii melalui banyak tes, perawatan dan pengobatan sejak dilahirkan.

Buku ini wajib dibaca semua orangtua agar semakin dalam rasa syukur atas apapun keadaan anak-anak kita. Semangat Grace yang pantang menyerah atas keadaan juga bisa menginspirasi kita semua untuk tetap berusaha yang terbaik untuk anak-anak kita. Informasi tentang rubella di buku ini juga bisa semakin meningkan kesadaran pada ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan selama kehamilan, termasuk peduli dengan virus penyebab rubella.

letters to aibrey


  1. Athirah

Buku berjudul Athirah ini merupakan novel yang terinspirasi dari kisah nyata Jusuf Kalla dan ibundanya, Athirah. Penulis bukunya Albertheine Endah. Tahu dong siapa Yusuf Kalla. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri dan saat ini menjabat sebagai wakil presiden Republik Indonesia. Ternyata perjalanan beliau sampai mencapai titik ini sangat berliku. 

Melalui novel ini, saya bisa merasakan, hidup dalam keluarga berlatar belakang poligami itu sangat kompleks permasalahannya. Anak-anak kekurangan kuantitas waktu dengan bapak, istri yang saling cemburu, pendapatan dari usaha harus dibagi dua, dan sebagainya. Namun di luar itu, selalu ada hikmah dari berbagai peristiwa. Orang-orang yang teraniaya namun bisa ikhlas dan sabar, akan dimenangkan oleh Allah SWT. Saya melihat contoh nyata dari Jusuf dan ibundanya dalam novel ini.

Selain belajar tentang keihklasan akan takdir Allah, novel ini juga mengajarkan prinsip berdagang yang baik sesuai ajaran Islam. Prinsip Haji Kalla dalam berdagang seperti berbagi, menjual barang yang baik dengan harga yang baik pula. Haji kalla menjauhkan diri dari kecurangan karena tidak berkah. 

athirah novel


Bagaimana dengan anda, teman? Apa buku favorit anda?

#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018


Comments

  1. penasaran sama letter's to aubrey-nya ci gesi.

    ReplyDelete
  2. Baru buku no 4 yang sudah aku baca.
    Aku juga suka baca buku kisah nyata, karena banyak pembelajaran yang bisa dipetik lewat buku2 tersebut.

    ReplyDelete
  3. Buku favorit saya yang kayak Harry Potter gitu. Tetapi, sekarang ini saya udah agak lama belum membaca buku lagi. :)

    ReplyDelete

  4. Bunda sdh agak jarang merasakan penasaran utk menyelesaikan membaca buku. Secepatnya harus move on dr keadaan seperti ini.

    ReplyDelete

  5. Wooow..buku2nya keren banget covernya juga cuplikan2 ceritanya. Bjnda skrng hampir krhilangan minat baca. Padahal dari baca kita bisa dapat kosakata baru dan ide2. Bunda hrs move on nih, hrs segera disembuhkan nih penyakit rada2malas baca.

    ReplyDelete
  6. menjadi penasaran terhadap semua bukunya...kerennn

    ReplyDelete
  7. hanya buku letter to Aubrey yang aku punya dan aku pernah baca mba yang lainnya belum nih jadi pengen search juga :)

    ReplyDelete
  8. Buku yang sangat bagus-bagus... Dan saya belum punya semuanya.. Huah, harus semangat membaca buku lagi nih saya..

    ReplyDelete
  9. Semua bukunya menginspirasi ya. Jadi pengin baca semuanya..

    ReplyDelete
  10. Wow pilihannya bagus2. Bikin merinding semua

    ReplyDelete
  11. Aku penasaran ama buku Au Pair. Coba den ntar nyari di tokbuk online

    ReplyDelete
  12. Suka banget baca resensi singkatnya mba Kania.
    Tahun ini, aku lagi suka banget baca novel.
    Padahal,
    Novel pinjem di Dispusip, tapi lagi suka beli buku agama.

    Seperti shirah sama ensiklopedia adab.

    Tapi nyatanya,
    Balik lagi ke novel.

    Sungguh magnet luar biasaaa~

    ReplyDelete
  13. Saya paling suka banget kalao baca buku itu yang kisah nyata, lebih realita aja.

    ReplyDelete
  14. Letters to Aubrey salah satu buku favorit akuuuh...karena punya anak berkebutuhan khusus juga, jadi kena banget apa yang ditulis Gesi ke kehidupan pribadiku huhuhu. Loh malah curhat hihihi

    ReplyDelete
  15. Bukunya menarik semua dan penuh hikmah ya, aku suka baca kisah nyata, banyak inspirasinya..

    ReplyDelete
  16. Buku-bukunya tipikal yg inspiratif gitu ya mba. Aku juga suka. Biasanya baca buku dengan genre begini sebelum tidur, biar lebih adem hatinya, jadi orang yg penuh syukur & bersiap jadi pribadi yg lebih baik lagi keesokan harinya :)

    ReplyDelete
  17. Aha dari kelimanya saya belum ada yang baca satu pun mbak. Koleksinya banyakan novel n catatan perjalanan. Terus sekarang banyakan baca buku anak.

    ReplyDelete
  18. Pengen banget baca buku Sam Broodie ini. Aku nonton saat ia diwawancara masuk talkshow Kick Andy. Kata dia salah satu yang menyebabkan dia menjadi mualaf adalah Maia yang sekarang nikah dengan Irwan Musry itu, dia memberi Qur'an terjemahan kepada Sam.

    Untuk Icha Ayu, setahuku sekarang dia tinggal di Paris bersama suaminya. teman-teman saya saat ke Paris menginap di rumah Icha ini karena dia dan suaminya menjadi salah satu host couchsurfing.

    ReplyDelete
  19. Dari kelima judul buku tersebut, yang saya punya Letters To aubrey . Isinya bagus banget, sharing pengamalan mami gessi yang luar biasa sekali.

    ReplyDelete
  20. Mba Kania belum aku baca semua nih, semuanya menimbulkan penasaran banget heheheh

    ReplyDelete
  21. Yaaa semua buku itu blm kubaca hiks.
    Seneng bisa menemukan inspirasi dr buku2 yg ditulks dr kisah nyata, emang, ya mbak?

    ReplyDelete
  22. Jadi penasaran mau baca2 buku itu. D ah lama. Ini ga nerusi kebiasaan baca buku he he..

    ReplyDelete
  23. Au Pair dan Athirah nih yang aku udah punya bukunya tapi belum baca hihiii... Athirah dulu dikado ama teman. Klo yg Letters to Aubrey aku udah baca sampe tuntas, betapa luar biasa perjuangan Ges untuk merawat Ubi.

    ReplyDelete
  24. Jadi penasaran sama semua bukunya ini. Belum ada yg dibaca ��

    ReplyDelete
  25. wah yang nomer 3 ini menarik. Aku ingin mengenalkan Al Quran dengan cara menyenangkan ke anak. Makasih yaaa Mbak Kania.

    ReplyDelete
  26. aku suka yang Athirah menyentuh banget Novelnya ya, alurnya juga bagus.

    ReplyDelete
  27. dari kelima-limanya belum ada yang pernah saya baca, huhu, :(

    ReplyDelete
  28. Membaca cerita yang benar2 kisah nyata itu lemih menarik menurut saya. Lebih enak aja membayangkannya, ini nyata loh. Ya ga sih mba? Hehe

    ReplyDelete
  29. Dari ke 5 buku itu, tak satupun yang pernah kubaca. Banyakan baca fiksi... Hikss

    Penasaran sama letters to aubrey punya mami gesiii

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.