Tips Hidup Sehat Nan Murah Meriah



Sehat itu mahal. Ungkapan ini sering kita dengar, mengingat biaya berobat ketika sakit lumayan mahal. Sakit kadang memang tak bisa dihindari, meskipun kita sudah berusaha untuk hidup sehat. Namun, mencegah sakit dengan berupaya untuk hidup sehat tentu saja tetap harus dilakukan. Karena itu merupakan tanda syukur kita pada Allah SWT atas nikmat sehat yang diberikan-Nya.

Tiap orang memiliki kiat atau tips yang dilakukannya agar tetap sehat. Nah, berikut ini adalah 5 hal yang biasanya saya lakukan agar sehat tanpa mengeluarkan banyak biaya.


1.       Banyak Minum air putih.

Di setiap rumah, air pasti selalu ada karena merupakan kebutuhan hidup semua orang. Namun, kadang orang yang sibuk bekerja suka lupa minum air putih. Dulu, saya sering begitu, lupa  minum air putih setelah asyik mengurus rumah. 

air minum
pixabay.com

Air putih itu penting banget buat tubuh. Banyak minum air putih mencegah tubuh dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal. Air putih juga   Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot. 

Dengan banyak minum air putih, asupan kalori tubuh jadi terkendali.  Kesegaran kulit pun terjaga jika kita banyak minum air putih. Air putih melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya, serta membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

2.      Jauhi stress dan Memilih Bahagia

Menurut penelitian, Wanita lebih mudah terkena stress dibanding lelaki. Hal ini dikarenakan 5 hal yaitu perbedaan hromon, lebih rentan secara genetika, cenderung terlibat hubungan pribadi, dan hidup yang lebih lama dari laki-laki sehingga lebih lama berhubungan dengan rasa kesepian, masalah kesehatan, dan yang lainnya.

jauhi stres dan pilih bahagia
pixabay.com


Jauhi stress dengan meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kita sukai diantara kegiatan rutinitas yang membuat bosan, sehingga membuat perasaan kita bahagia. Misalnya dengan membaca buku, menonton, mengobrol dan berkumpul dengan teman, menulis, dan sebagainya asalkan kegiatan yang tidak menguras dompet. Karena yang ada nanti malah stress akibat pengeluaran yang banyak, hehe.

3.      Makan makanan Sehat Yang Seimbang

Saya tidak menjalani diet tertentu. Yang saya lakukan ya makan makanan apa saja yang ada di rumah. Ya sayur, buah, daging, susu, dan sebagainya. Semua jenis makanan menyehatkan itu sebisa mungkin ada di rumah minimal untuk persediaan sehari. Jadi semua kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi lainnya terpenuhi untuk sehari. Sesekali cheating tak apa-apa biar hati senang, tapi balas lagi di kesempatan lain dengan makanan sehat.

makan makanan sehat yang seimbang

Kalau mengingat sunnah Rasul, makan itu sebaiknya menyediakan 3 ruang di perut. Satu untuk makanan, satu untuk minuman, dan satu untuk udara. Dan inilah salah satu kiat sehat Rasulullah Muhammad SAW. Tapi, kadang-kadang kalau yang ini masih jadi PR nih untuk melakukannya. Kadang-kadang, dengan alasan mubazir ya sudah deh dihabiskan makanan yang ada sampai tak kuat bernafas. Hehe, jangan dicontoh ya. 

4.      Banyak bergerak/Olahraga

Karena saya tak memiliki asisten rumah tangga, maka saya melakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri. Saya anggap ini sebagai olahraga untuk membakar kalori dan membiarkan sirkulasi darah berjalan lancar. Sirkulasi darah yang lancar bisa menyeharkan tubuh dan menghindari stress.

5.      Menjalankan kewajiban agama dan bersedekah

Menjalankan kewajiban agama membuat hidup tenang. Bagi seorang muslim, kerjakanlah ibadah yang wajib dulu dengan khusuk dan tumaninah seolah sedang berkomunikasi langsung dengan Allah SWT. Gerakan shalat itu menurut penelitian bisa menyehatkan loh, tak hanya buat jiwa tetapi juga raga kita. 

memberi
pixabay.com
 
Nah, kalau yang wajib sudah, boleh deh jika mampu menjalankan yang sunnah. Misalnya bersedekah. Sedekah itu tak harus sesuatu yang bernilai materi atau uang kok. Berbagi ilmu, tersenyum, menghibur yang lagi sedih, memberikan tulang yang tidak kita makan ke kucing jalanan, itu termasuk sedekah. 

Bagaimana dengan kamu teman, apa tips sehatmu?

Comments

  1. Aku nih masih agak susah olah raga. Pling jalan kaki santai. Lumayan buat gerak

    ReplyDelete
  2. Minum air putih ini PR banget. Aku masih sering minuman berwarna. Minum air putih enggak sampai 8 gelas per hari..thanks diingetin

    ReplyDelete
  3. Setuju semua Mbak. Kami juga masih mengusahakan untuk bisa menjalani 5 tips di atas. Hanya minum air putihnya yang sering kelupaan. Hihi...

    ReplyDelete
  4. setujuuuu!
    nambahin deh, traveling dan bertemu orang-orang baru. Ngobrol, membuka wawasan, itu bisa membuat hidup lebih bersemangat.

    ReplyDelete
  5. Bener, bahagia itu pilihan..jauhi stres yaaa

    ReplyDelete
  6. Tips sehatku banyak2 dekat sama orang2 yg energinya positif. Jadinya sehat lahir bathin kan. Karena, mau sehat kayak gimana kalau ngumpulnya sama orang2 nyinyir dan julid pasti kebawa juga. Ujung2nya secara fisik mungkin sehat, tapi dalemnya gak.

    ReplyDelete
  7. minum air putih yang sepele tapi manfaatnya banyak ya mba aku sempet kena ISK saking jarang konsumsiair putih sedih banget

    ReplyDelete
  8. Aku lagi upayakan untuk menjaga pola hidup sehat. Alhamdulilah jadi gak mudah sakit...makasih tips dan sharingnya, Mbak...😄

    ReplyDelete
  9. 5 tips yang memang manjur banget. Sekarang tinggal bagaimana menjalankannya karena kadang-kadang masih suka banyak godaan

    ReplyDelete
  10. Aku pernah lemes gara2 diet, kolesterol low, jadi ya disuruh makan protein yg banyak

    ReplyDelete
  11. Iyess mba, sepakat banget harus memenuhi kebutuhan nutrisi & rajin olahraga yay. Ohiya sama istirahat yg cukup juga nih biar badannya fresh terus :)

    ReplyDelete
  12. Terima kasih mba Kania, mengingatkan selalu untuk hidup sehat dan tidak lupa bersedekah. Puas banget baca artikelmu mba

    ReplyDelete
  13. Aku juga menghindari stres, mba. Dibawa santai saja tapi jangan lupa slalu jaga pola gaya hidup sehat :)

    ReplyDelete
  14. Yes setuju..salah satu jalan mau hidup sehat choose to be happy

    ReplyDelete
  15. Setuju dengan tips-tipsnya. Aku baru konsisten dengan beberapa saja. Duh... jadi reminder deh. Semoga bisa menjalankan semuanya. Supaya bisa selalu sehat. :)

    ReplyDelete
  16. Udah makan sehat, banyakin air putih, daaann wajib "Jangan stress", itu kyknya paling penting ya mbaaakk :D
    Memperbanyak sedekah jg kyknya bikin bahagia :D
    Noted :D

    ReplyDelete
  17. Salah satu tips sehat versiku adalah selalu ikut bahagia ketika orang lain bahagia. Jangan sampai kita jadi orang yang justru bersenang-senang sekaligus membicarakan seseorang di belakangnya ketika dia mengalami kesedihan ataupun cobaan. Na'udzubillah....

    ReplyDelete
  18. No 5 itu, selain gerakan solat kan sedekah juga mendatangkan rejeki. Rejeki berupa kesehatan ya. .

    ReplyDelete
  19. Masih susah bangettt untuk konsisten olahraga. Hiks. semoga sehatt2 terus kita, yaaa.

    ReplyDelete
  20. Setuju aku mbak, aku sekarang ini lagi banyakin minum air putih dan konsumsi buah biar kulit juga bagus gak kering. Aku orangnya males mikirin hal-hal yang gak penting karena kalau dipikirin bisa berujung stress.

    ReplyDelete
  21. Minum air putih penting banget mba. Sdr ku terkrna liver karena kurang minum air putih. di tambah pola makan yang tidak sehat.

    ReplyDelete
  22. Lakukan hal yang disukai, dan jangan memaksakan diri, kalau lelah jangan dilawan, istirahatka, itu Mbak tambahannya kalau saya. :)

    ReplyDelete
  23. jangan tidur terlalu malam mba...kerasa banget nih buat aku sekarang klo begadang badan langsung ga nyaman

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.