Cara Bijak Bermedia Sosial: Jangan Asal Ambil Foto Orang Untuk Konten!

  

Suatu hari, saya iseng buka aplikasi youtube. Saya scroll video-video yang ada di linimasa aplikasi youtube tersebut. Video-video tersebut dapat menyala walaupun tidak saya klik. Dan terkejutlah saya karena di salah satu video itu ada foto salah satu teman blogger saya. Saya sebutkan ya channelnya, yaitu channel Jurnal Informasi. Saya pun konfirmasi ke beliau. Benar dugaan saya, beliau tidak ada hubungannya dengan konten tersebut. Beliau merasa geram karena pemilik channel asa comot saja fotonya tanpa meminta ijin.

Kami berdua menyayangkan tindakan tersebut, terlebih lagi isi kontennya pun diragukan kebenarannya terlepas dari masalah asal comot foto. Langkah yang kami lakukan adalah dengan mereport video tersebut agar ditindaklanjuti oleh youtube. Namun sepertinya sampai saat ini, video tersebut masih ada dan foto teman saya masih terpampang di video tersebut walaupun hanya sejenak.

Begitulah, sekali kita memposting foto atau video kita di media sosial, selamanya foto dan video tersebut akan ada. Walaupun mungkin sekarang sudah ada cara untuk menghapusnya, perlu tindakan tertentu yang harus dilakukan yang tidak semua orang bisa melakukannya. Oleh karena itu, sebaiknya kita bersikap hati-hati dalam mempublikasikan foto dan video kita di media sosial. Sebaiknya tidak berlebihan dan jika tidak perlu sebaiknya menahan diri saja untuk tidak memposting foto atau video.


cara bijak bermedia sosial
ilustrasi: pixabay

Begitu juga dengan berkomentar di media sosial, sebaiknya gunakan Bahasa yang sopan seperti kita berkomunikasi secara langsung dengan orang di hadapan kita. Karena jika kita melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), kita bisa dipenjarakan. Misalnya, kita berkomentar di postingan orang dan menghina orang tersebut, orang tersebut bisa melaporkan kita pada pihak yang berwajib dan kita bisa saja dipenjara. 

Sebagai pembuat konten, kita juga perlu bijaksana dalam bermedia sosial. Jangan membuat konten hoax atau tidak benar. Pembuat konten hoax pun bisa dipenjarakan loh. Jika mengambil foto atau video, beritikad baiklah dengan meminta ijin dulu pada pemiliknya. Jika pemiliknya tidak berkenan fotonya diambil karena tidak berhubungan dengan konten, pembuat konten juga bisa dilaporkan ke pihak berwajib. Ambillah foto gratis untuk membuat konten yang bisa digunakan secara bebas untuk membuat konten. Foto-foto gratis bisa kita cari informasinya di internet. Salah satu penyedia foto gratis yaitu di pixabay.com.

Nah, di salah satu video di channel youtube Jurnal Informasi ini, ada foto teman blogger saya yang sekilas diambil. Tolong report juga ya link ini teman-teman https://www.youtube.com/watch?v=4lwS6gruFHk&t=51s. saya sendiri sudah melakukan report dan berkomentar di kolom komentar untuk menghapus foto teman saya tersebut, namun sampai saat ini foto teman saya masih ada di video tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit