Bijak Menggunakan Media Sosial



Saat ini, teknologi internet semakin maju sehingga informasi pun lebih mudah diakses melalui berbagai media sosial. Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein dalam artikel Horizons Bisnis rahun 2010, ada 6 jenis media sosial yaitu :

  1. Proyek kolaborasi yang mengijinkan penggunanya mengedit, menambah, atau menghapus konten yang ada, misalnya Wikipedia.
  2. Blog dan Microblog, dimana penggunanya lebih bebas mengekspresikan sesuatu, misalnya Twitter.
  3. Konten, dimana penggunanya bisa saling berbagi konten berupa foto, video, ebook. Misalnya Youtube.
  4. Situs jejaring sosial, dimana penggunanya bisa terhubung dengan pengguna lain dengan membuat informasi yang bersifat pribadi. Misalnya Facebook.
  5. Virtual Game World, dimana penggunanya muncul dalam bentuk avatar dan berinteraksi dengan orang lain seperti di dunia nyata. Contohnya Gim Daring.
  6. Virtual Social World, sama dengan virtual game world namun lebih bebas dan lebih ke arah kehidupan. Misalnya Second Life.
Wah, ternyata banyak juga ya jenis-jenis media sosial yang ada. Yang manakah yang anda gunakan saat ini? Saya sendiri saat ini menggunakan Blog sebagai media sosial utama. Media sosial lainnya yang saya gunakan seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Linkedin merupakan penunjang yang saling melengkapi dengan media sosial lainnya.

bijak menggunakan sosial media
pixabay.com
 
Buat Apa sih Punya Media Sosial?

Awal saya bersinggungan dengan internet adalah pada masa kuliah tahun 2000-an awal untuk mencari berbagai informasi terkait tugas kuliah. Memiliki media sosial pertamakali pada masa ini, karena terbawa tren yang sedang berjamur saat itu. 

Rasanya seru dan tidak membosankan saja ketika kita terhubung dengan orang lain di berbagai belahan dunia. Saya bisa bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh, memiliki teman baru, bahkan bertemu dengan teman lama di media sosial. Saya juga jadi punya wadah untuk mengekspresikan diri dengan menulis di media sosial. Belakangan, saya juga memanfaatkan media sosial untuk mencari penghasilan tambahan.

Bijak Menggunakan Media Sosial

Namun, seiring dengan perjalanan waktu, saya semakin menyadari bahwa saya mesti bersikap bijak dalam menggunakan media sosial. Banyak kasus yang terjadi akibat penggunanya tidak bijak menggunakan media sosial. Misalnya saja penculikan, pemerkosaan, jual beli anak dan perempuan, perbuatan tidak menyenangkan, pornografi, penipuan, pencemaran nama baik, kecanduan internet, perang informasi, dan sebagainya. 

Bagaimana sih cara kita supaya terhindar dari keburukan media sosial?

  1. Bentengi diri
Yup, kuatkan diri kita sendiri dengan membentengi diri sendiri dengan bekal dengan bekal agama, pengetahuan teknologi yang cukup, atau skill berkomunikasi yang baik. Berkomunikasi di media sosial juga sama seperti di dunia nyata, harus menjunjung etika dan moral yang berlaku di masyarakat secara umum. Pengetahuan teknologi juga perlu kita kuasai agar bisa membedakan mana berita yang benar dan tidak, sehingga tidak asal saja saja share satu informasi.

  1.  Tetapkan tujuan yang baik
Tetapkan tujuan yang baik, buat apa kita menggunakan media sosial. Misalnya untuk menjalin silaturahim, mencari penghasilan, berbagi informasi, dan sebagainya.

  1. Gunakan media sosial seperlunya
Gunakanlah media sosial seperlunya saja. Misalnya menetapkan jam khusus saat kita mau menggunakan media sosial. Ketika keperluan kita dengan media sosial selesai, gunakan waktu yang ada untuk kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan media sosial. 

bijak menggunakan sosial media
pixabay.com


  1. Jangan terlalu banyak mengumbar informasi pribadi
Informasi pribadi tidak perlu dicantumkan secara detail di media sosial, misalnya foto yang bersifat pribadi. Karena hal ini bisa merugikan penggunanya. Orang lain bisa saja menggunakan data pribadi kita untuk kepentingan mereka. Oleh karena itu, saat ini saya menyimpan foto-foto keluarga di Facebook dengan setting private untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi.

  1. Puasa media sosial sesekali
Puasa media sosial sesekali, perlu juga dong biar hati dan pikiran kita bisa istirahat sebentar dari ramainya media sosial dan bisa berfikir jernih saat kembali menggunakan media sosial.

Nah, bagaimana dengan anda, teman, apa kiat anda agar tetap bijak menggunakan media sosial?

Sumber referensi: wikipedia.org

Comments

  1. Benar banget kita harus bijak menggunakan media sosial, manfaatkan sisi positifnya.

    ReplyDelete
  2. Intinya buat menghindar dari keburukan media sosial itu ya tergantung diri kita sendiri hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.