Kamu Masih Awan Berinvestasi? Kenali Dulu Kiat Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik


Sekuritas atau disebut juga dengan efek merupakan dokumen dalam bentuk fisik (saham atau obligasi) yang menandakan sebagai bukti kalau kamu sudah melakukan perjanjian investasi dalam bentuk apa pun. Kalau dulu masih menggunakan kertas, kini bentuknya sudah mulai diubah menjadi bentuk digital atau dokumen elektronik.

Surat dokumen itu tidak asal saja dikeluarkan atau diberikan karena harus melalui perusahaan sekuritas dulu. Perusahaan itu nanti yang akan melakukan semua proses transaksi investor. Mulai dari menawarkan jual beli saham ke pihak investor sampai sebagai perantara transaksi.


Selain itu, perusahaan sekuritas juga akan memberikan penawaran terbaik ke investor kapan waktu yang tepat untuk jual beli sahamnya. Jadi, investor akan merasa bertransaksi dengan nyaman dan aman dengan bantuan perusahaan sekuritas.

Tapi, agar bisnis investasi kamu terus berjalan sukses, kamu harus menggunakan perusahaan sekuritas terbaik. Jangan asal-asalan saja memilihnya karena akan mempengaruhi keberhasilan kamu dalam dunia saham. 

kiat memilih perusahaan sekuritas


1. Lihat dulu setoran awalnya

Setiap perusahaan sekuritas memiliki setoran awal yang biayanya berbeda-beda, ada yang biayanya rendah dan ada yang tinggi. Transaksi saham ini perlu kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan saham awal terlebih dulu. Kamu harus mempertimbangkan harganya secara matang karena transaksi saham tidak sama dengan jual beli pada umumnya.

Misalkan kamu menyetor Rp 1 juta, lalu kamu pakai untuk membeli 3 lot saham. Nanti saldo itu akan otomatis berkurang sesuai dengan jumlah harga yang kamu beli tadi. Kalau kamu punya anggaran yang sedikit, usahakan mencari setoran awal yang di bawah Rp 1 juta, tapi cari yang memberikan keuntungan yang lumayan.

2. Biaya transaksi kecil

Selain setoran awalnya kamu perhatikan, jangan lupa kamu pilih yang biaya transaksinya kecil. Sama seperti kamu menabung di bank yang dikenakan biaya transaksi. Dalam dunia saham kamu juga akan dikenakan biaya transaksi setiap kali melakukan jual beli sahamnya. Tentu biaya itu untuk komisi broker.

Jadi, saat kamu pilih perusahaan sekuritas terbaik, kamu harus mencari biaya transaksi yang kecil, mulai dari 0,15% saat kamu membelinya dan sekitar Rp 0,25 untuk menjualnya. Pastikan kamu tanya dulu ke pihak sekuritasnya berapa biaya yang dikenakan. 

kiat memilih perusahaan sekuritas


3. Punya fasilitas transaksi online

Sebagai investor awal, kamu harus mempertimbangkan hal ini. Di zaman serba modern seperti sekarang, tidak jarang perusahaan menyediakan layanan transaksi online agar mempermudah nasabahnya bertransaksi. Fasilitas itu bisa kamu akses melalui gadget apa saja tapi yang sudah tersambung dengan jaringan internet.

Kamu bisa melihat perkembangan sahamnya bisa di mana saja dan kapan pun. Tidak usah datang ke kantornya lagi, kamu langsung saja buka website atau aplikasi sahamnya.

Sebagai investor awam, sangat perlu kamu perhatikan hal-hal di atas agar kamu bisa sukses berinvestasi. Salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia yaitu Mandiri Sekuritas melalui mandirisekuritas.co.id. Mereka sudah dipercaya banyak orang dan perusahaan yang mau bermain saham. Jadi, kamu tidak usah takut lagi menggunakan layanan investasi mereka.

Comments