Yuk, Ikuti Tips Hemat Bulanan Ini Agar Cepat Kaya di Usia Muda



Menjadi kaya di usia muda adalah impian semua orang. Terutama untuk mereka yang baru memasuki usia produktif. Sayangnya, niat ini kerap tidak sejalan dengan realita pengaturan keuangan yang dilakukan. Alih-alih mengumpulkan banyak harta, kita malah justru hidup dengan gaya pengaturan uang yang buruk dan begitu boros. Wah, kalau sudah begini, sebaiknya anda patut mengetahui tips hemat bulanan yang ampuh.


Kebiasaan yang Bikin Boros

Ada beberapa hal yang membuat seseorang menjadi boros. Beberapa di antaranya adalah hal-hal seperti berikut ini:

Dihabiskan Untuk Hal yang Kurang Perlu

Sebelum berniat untuk melakukan penghematan dengan tips hemat bulanan, anda perlu menganalisa penyebab anda boros terlebih dulu. Biasanya, mereka yang boros kerap mengalokasikan gaji bulanan untuk hal-hal yang berkaitan dengan gaya hidup yang memberikan pengalaman tertentu. Seperti makanan dan pergi berlibur. 

Coba lah untuk mengurangi porsi menghabiskan uang untuk hal-hal sekunder tersebut. Makan di restoran favorit atau pergi ke tempat wisata memang sah saja dilakukan, namun coba untuk mengurangi intensitasnya. Lebih baik, uang dipakai untuk sebuah barang yang jelas bentuk fisiknya dan bisa anda jual kembali atau memiliki nilai investasi. 

tips hemat


Tidak Investasi

Di usia muda, kita terkadang masih sembrono dalam menggunakan uang. Jangankan untuk mengikuti tips hemat bulanan dengan berinvestasi, memiliki tabungan saja seolah sudah seperti pencapaian besar. Padahal, investasi berfungsi untuk menambah nilai harta yang kita miliki. 

Cash Flow Tidak Tertata

Selain itu, pengaturan cash flow (masuk dan keluarnya uang) yang tidak tertata akan membuat anda semakin boros lho. Sebab, anda tidak memiliki batasan untuk menggunakan uang bulanan. Sehingga belanja dan pemenuhan gaya hidup hura-hura malah terbiasa kita lakukan. Belum lagi jika anda juga menggunakan kartu kredit yang tidak diawasi penggunaannya. 


Tips Hemat Bulanan yang Ampuh

Sebelum semakin jauh dari sebutan 'kaya di usia muda', sebaiknya anda mengikuti tips hemat bulanan yang ampuh berikut ini:

Pisahkan Uang di Awal Bulan

Saat menerima penghasilan bulanan, sebaiknya anda segera buat perencanaan keuangan. Sisihkan uang untuk keperluan wajib bulanan (konsumsi, biaya transportasi, kebutuhan rumah tangga, dana hiburan, dan lainnya), dan dana darurat serta dana tabungan atau investasi. Jika sulit menyimpan uang, maka pisah lah uang tersebut ke rekening bank yang berbeda. Agar anda tidak tergoda untuk mengambilnya. 

tips hemat bulanan

Belajar Investasi Dari Sekarang

Untuk menerapkan tips hemat bulanan, investasi sangat penting untuk segera anda pelajari. Jenis produk keuangan yang ada bisa anda investasikan sesuai umur anda saat ini. Misalnya seperti saham, reksadana, emas, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya, baca di sini. Semakin dini anda memulai investasi, semakin cepat pertumbuhan nilai harta yang akan dimiliki di masa depan.

Siapkan Dana Darurat

Tidak hanya tabungan tunai atau investasi, anda juga harus menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana darurat. Nantinya, dana ini lah yang bisa anda gunakan jika ada kebutuhan mendesak. Sehingga tak perlu membobol tabungan yang ada. 

Buat Agenda Hiburan Sendiri

Untuk mendukung pengaplikasian tips hemat bulanan, tak ada salahnya jika anda membuat agenda hiburan sendiri. Menekan budget hiburan seperti nonton di bioskop, makan di restoran atau nongkrong kafe bisa diganti dengan hal sejenis yang lebih sederhana dan irit uang. 

Misalnya, nonton film bisa dilakukan dengan streaming di gadget, atau masak sendiri makanan kesukaanmu, serta bawa racik kopi di kantor alih-alih membelinya di coffee shop yang mahal.

Menghemat uang bulanan memang sulit, tapi bukan berarti mustahil dijalani. Selain itu, ada pula beberapa tips hemat bulanan lainnya yang bisa kamu baca di link berikut ini:

Comments

  1. klo prinsip anak 80an, muda foya-foya, tua kaya raya n mati masuk surga :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.