Cara Mengajarkan Calistung Agar Mudah Dipahami Anak


Siapa sih orang tua yang tidak menginginkan anaknya pintar membaca, menulis dan menghitung? Tentunya semua orang tua menginginkannya. Calistung harus dilakukan pembelajaran dengan tepat. Termasuk untuk cara yang digunakan dalam pembelajarannya. Karena, proses pembelajaran yang tidak tepat hanya membuat anak justru tidak paham.
Anak-anak perlu untuk dilakukan pembelajaran mengenai calistung. Karena, pembelajaran sejak dini akan mengenalkannya dengan cepat. Hanya saja, untuk proses pembelajarannya tentu berbeda. Tidak selalu fokus pada pembelajaran. Namun, bisa dikolaborasikan dengan permainan. Mengingat, anak-anak masih gemar dengan kegiatan bermain. Ini dia cara mengajarkan calistung kepada anak.

 
tips mengajarkan calistung pada anak

Cara Mudah Mengajarkan Calistung Pada Anak

Mungkin, banyak yang masih bingung mengenai cara untuk mengajarkan anak agar bisa membaca,menulis dan menghitung. Ini dia cara yang bisa dilakukan:
Belajar Sambil Bermain
Usia yang masih dini, tentunya sangat senang untuk bermain. Jadi, para orang tua sudah seharusnya memahami hal seperti ini. Jangan sampai, memberikan larangan kepada anak untuk bermain. Justru, bisa dimanfaatkan untuk mengajak anak bermain sambil belajar. Proses inilah yang seharusnya dilakukan oleh para orang tua.
Permainan apa yang bisa dilakukan sambil belajar? Salah satunya, yaitu dengan mengenal benda. Dengan mengenal benda,maka akan membantu dalam proses membaca. Kemudian, bermain balok yang juga bisa dipadukan dengan berhitung. Sedangkan, untuk menulis anda bisa memulai dengan permainan menulis bersama. Jadi, sangat menyenangkan bukan?
tips mengajarkan calistung pada anak

Mendengarkan Lagu
Siapa bilang mendengarkan lagu itu tidak penting? Faktanya, bisa dimanfaatkan untuk membantu proses belajar. Jadi, dengan mendengarkan lagu yang anak maka bisa membantu dalam proses membaca. Sebagai contoh, untuk lagu anak-anak ABCD,Topi saya bundar dan lainnya.
Bahkan, masih ada lagu lainnya yang juga terdapat perhitungan. Model inilah yang seharusnya digunakan pada anak jaman sekarang. Karena, anak jaman sekarang sudah cukup dekat dengan gadget. Jadi, cobalah untuk mendengarkan lagu dan mengajak anak membaca serta berhitung bersama-sama.
Gunakan Karpet Angka Dan Huruf
Cara yang satu ini juga sudah banyak digunakan oleh para orang tua. Yaitu, dengan menyediakan karpet angka dan huruf. Penggunaan karpet ini ternyata memang sangat membantu untuk prose pembelajaran dari anak. Dengan menggunakan karpet ini, anak akan semakin lebih tertarik dalam memahami huruf dan angka.
Jadi, peran orang tua disini juga sangat diperlukan. Utamanya, untuk membantu anak agar dapat memahami dengan jelas. Terlebih, jika anak sering melakukan aktivitas di karpet tersebut. Maka, akan semakin lebih cepat dalam mengenal huruf dan angkanya. Jadi, proses membaca dan menghitung lebih cepat dikenal.
Membuat Pola Garis
Untuk mengajarkan anak mengenai kegiatan menulis, maka harus dilakukan hal yang dasar. Bagaimana caranya? Cobalah untuk mengajarkan anak untuk membuat pola garis terlebih dahulu. Tentunya, sebagai orang tua hanya perlu mengajarkannya pertama kali. Pola seperti apa yang dapat dibuat?
Pertama kali, cobalah untuk membuat pola bundar terlebih dahulu. Kemudian, ajarkan anak untuk membuat pola tertentu mirip dengan huruf. Berikan pemahaman bahwa untuk pola yang membentuk huruf dapat dibuat semirip mungkin Dengan begitu, proses pembelajaran menulis dapat dilakukan dengan baik.
Mengajarkan calistung kepada anak memang tidak mudah. Namun, peran orang tua dan pengajar memang sangat dibutuhkan. Jika proses tersebut dilakukan dengan tepat, bukan tidak mungkin anak aka

Comments

  1. Mendengarkan lagu di yutub bagus tuh mba, anak2 juga bisa meliat visualnya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mba tipsnya. Jaman sekarang juga banyak toko online yang menjual buku dan media calistung yang menarik

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.