Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Kena Minyak Panas



Kamu yang suka masak tentu punya pengalaman terkena minyak panas. Apalagi pas di awal-awal belajar memasak, bikin telur ceplok eh meletus minyaknya terciprat kena tangan. Atau wajan yang baru saja dicuci tidak dilap sampai kering, langsung dipanaskan di kompor dan dituangi minyak ya memercik-mercik minyaknya.

Umumnya luka karena kena minyak panas di rumah tangga tergolong ringan. Sebab hanya terkena sedikit percikan meski rasanya tetap perih juga dan bisa menimbulkan luka. Penanganan luka bakar di bawah ini bisa kamu terapkan jika lukamu ringan.


1.      Aliri air pada bagian yang terkena minyak panas selama beberapa menit, 10 menit bolehlah. Misalnya tanganmu yang terkena minyak, bisa dialiri air kran di wastafel. Gunakan air bersih dan jangan memakai air es.

2.      Kalau sudah, dengan lap yang bersih keringkan luka. Pelan-pelan mengeringkannya jaga agar luka tidak mengelupas. Bisa menggunakan kain kasa atau kain lembut lainnya dan tepuk perlahan lukamu.

3.      Lalu beri obat luka bakar, kamu bisa membelinya di apotik dan belilah yang berkualitas. Jangan diberi obat yang berasal dari mitos seperti odol dan mentega ya karena itu bisa memperparah luka.

4.      Setelah itu tutup lukamu dengan perban untuk mencegah kontaminasi dari lingkungan sehingga luka lebih cepat sembuh.

Lalu Obat Apa yang Bagus Untuk Luka Bakar?

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Kena Minyak Panas


Hemolok bisa jadi pilihanmu, meski banyak digunakan untuk luka setelah operasi, ia juga ampuh untuk mengobati luka bakar karena minyak panas. Luka bakar lain seperti karena api, kena setrika atau kena knalpot juga bisa diobati dengan obat ini.

Hemolok bisa kamu beli di situs Goapotik.com dengan harga terjangkau, atau kamu bisa instal aplikasi Goapotik di playstore. Sewaktu-waktu kamu butuh obat atau vitamin langsung bisa kamu order di aplikasinya.

Kapan Kamu Harus Mendapatkan Penanganan Medis

Pertama, jika lukamu parah misal terkena siraman minyak panas yang cukup banyak. Jangan tunda-tunda untuk mendapatkan perawatan dokter.

Kedua, jika luka bakarmu yang ringan, namun setelah dirawat dan diobati sendiri ternyata tidak sembuh-sembuh. Maka kamu harus mencari pertolongan medis terdekat.

Comments