Tips Merawat Linear Bearing Agar Tidak Gampang Rusak



Tips merawat linear bearing – linear bearing adalah part yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan fungsi mesin yang membutuhkan pergerakan linear. Bearing ini akan bertugas mengurangi gesekan pada produk atau mesin, memungkinkan pergerakan lebih halus dan terhindar dari kecacatan produk akibat gesekan.

Belakangan ini sudah banyak diciptakan linear bearing dengan beragam bentuk dan ukuran. Itu dilakukan untuk memudahkan Anda mendapatkan linear bearing yang diinginkan.

Kondisi ini tentu sangat menguntungkan. Tapi juga bisa membingungkan. Kenapa? Karena Anda bisa sangat kesulitan memilih produk linear bearing mana yang unggul dan cocok untuk digunakan.

Untuk masalah ini, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengunjungi Logam Makmur untuk mendapatkan linear bearing dengan kualitas unggul dan harga bersaing.

TIPS MERAWAT LINEAR BEARING AGAR TIDAK GAMPANG RUSAK


Nah, kembali pada soal linear bearing. Kami telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat linear bearing. Tips ini akan berguna untuk menjaga linear bearing tetap pada fungsi dan performa barunnya. 

Anda bisa gunakan tips dan trik ini untuk membuat mesin tetap terjaga, khususnya pada part pergerakan linear yang melibatkan bearing.

Tenang. Tips ini tidak akan sulit. Bahkan cenderung mudah. Anda bisa menerapkan tips ini dengan tanpa pengetahuan teknik sekalipun. Kelebihan itu akan membuat siapa pun bisa menerapkan tips ini dengan baik. 

Baik, langsung saja. Mari simak tips merawat linear bearing agar tidak gambar rusak yang ada di bawah ini. 

JANGAN BIARKAN LINEAR BEARING TERKENA AIR – TIPS MERAWAT LINEAR BEARING 

Linear bearing terbuat dari besi. Dan yang seperti Anda tahu, air memiliki dampak yang buruk bagi besi. Ia membuat besi jadi berkarat dan mengurangi kekuatan dan fungsi dari besi itu sendiri. Bahkan pada mesin, air akan dengan mudah mengganggu kinerja mesin dan membuatnya harus mengalami perawatan.

Kondisi ini jelas menjadi perhatian. Pun untuk kalian pengguna bearing. Jika air sampai masuk dan mengenai bearing, segera lap, bersihkan, dan beringkan.

Bearing yang terlalu sering terkena air akan mengalami kerusakan; bisa berkarat atau mengalami malfungsi. Anda tentu tidak ingin bila bearing yang sudah Anda beli mengalami kerusakan bukan? 

JANGAN LAP MINYAK ALAMI BEARING – TIPS MERAWAT LINEAR BEARING 


TIPS MERAWAT LINEAR BEARING AGAR TIDAK GAMPANG RUSAK


Pada linear bearing terdapat minyak yang berguna untuk mengurangi gesekan pada produk. Jika minyak itu kering, produk akan mengalami gesekan dan bisa berdampak pada fungsi produk itu sendiri. 

Oleh karenanya, jika kondisi ini tidak terjadi, pastikan minyak pada bearing benar-benar basah dan tidak kering. Minyak yang kering akan memunculkan resiko gesekan.

Tambahkan minyaknya jika sudah kering. Anda bisa gunakan minyak pelumas mesin sebagai pengganti. Tapi ingat jangan tambah secara berlebihan. Penambahan yang berlebihan akan berdampak pada penurunan fungsi bearing itu sendiri. 

JANGAN BIARKAN TREK MENGALAMI LECET – TIPS MERAWAT LINE AR BEARING

Karena fungsinya untuk pergerakan linear, pastikan trek pada linear bearing terbebas dari lecet atau rusak. Kerusakan pada trek akan merusak fungsi dari bearing itu sendiri. Anda bisa menghindarkan bearing dari kontak benda tumbul. Cara ini cukup efektf untuk menekan resiko kerusakan trek pada bearing. 

Itulah beberapa tips merawat linear bearing. Tips tersebut bisa Anda gunakan untuk menjaga bearing tetap pada fungsinya. Di samping itu, tips ini juga menghindarkan Anda agar tidak selalu mengganti dan men-service linear bearing secara berlebihan. Ini berguna untuk menghemat pengeluaran Anda sebagai pengguna.

Comments