Apakah Personal Branding itu Penting?


Pernah mendengar kalimat personal branding? Jika belum, personal branding adalah bagaimana seseorang mempromosikan dirinya secara lengkap. Baik dari latar belakang nya, kehidupannya, kemampuannya, serta pengalaman lainnya.

Tiap orang selalu memiliki personal branding nya masing-masing, dan tiap orang juga memiliki branding yang berbeda-beda.

Lalu, apakah personal branding itu penting?

Jawabannya adalah iya. Sebab personal branding adalah bagimana kamu menjelaskan tentang dirimu kepada client, atasan, atau bahkan pimpinan di sebuah perusahaan.

Sebab personal branding juga akan membantu kamu dalam meningkatkan kesuksessan, didalam dunia karir, atau bahkan yang lainnya.



Memangnya, apa saja yang ada didalam personal branding?

·         Siapakah Anda – hal ini sudah pasti dipertanyakan di awal. Ceritakan semua tentang siapakah anda, apakah anda ada seorang yang mengerti tentang digital marketing, atau seorang copywriter.
Ceritakan tentang siapa anda, dan berikan jawaban yang sejujur-jujurnya. Jangan melebih-lebihkan ceritamu didalam membangun personal branding yang baik.

·         Apa yang ingin anda Capai, dan Bagaimana Cara Anda Mencapainya – ini juga akan menjadi pertanyaan kedua. Ketika seseorang meminta mu untuk menceritakan tentang dirimu, mungkin orang itu akan menanyakan pertanyaan kedua ini.

Sebab, mereka biasanya bisa menganalisa dirimu dari bagaimanakah caranya ketika anda dihadapkan oleh sebuah masalah, dan bagaimana cara mu mengatasinya.

Seperti yang di lansir dari aksesdigital.com, hal hal yang ada didalam personal branding tidak hanya siapa anda, dan bagaimana anda. Namun, 2 poin diatas sudah bisa membantu kamu dalam membangun personal branding yang baik.

Sebab, dari 2 poin tersebut masih memiliki cabang lain, seperti :

Siapakah Anda

1.      Apa passion Anda?
2.      Apa kepribadian terbaik Anda yang ingin Anda tonjolkan?
3.      Apa yang paling anda hargai?

Apa yang ingin anda Capai, dan Bagaimana Cara Anda

1.          Apa visi misimu?
2.          Apa yang ingin Anda capai?
3.          Peninggalan apa yang ingin Anda tinggalkan?
4.          Kata-kata apa yang ingin Anda dengar ketika nama Anda disebut?

Baik atau tidaknya personal branding yang anda bangun, semua kembali kepada bagaimana kalian menjawab beberapa poin diatas, dan bagaimana anda menjelaskan jawaban dari poin tersebut.

Selepasnya, kalian bisa membuat sebuah portofolio, atau bahkan menjadi personal branding yang kalian miliki sebagai salah satu tolak ukur untuk mendapatkan sebuah peluang karir yang lebih baik daripada sebelumnya.

pentingnya personal branding


Jangan lupa untuk membangun profile yang baik untuk menciptakan personal branding yang lebih kuat lagi, seperti melengkapi profile di jejaring sosial seperti linkedIn, agar memungkinkan kamu menerima undangan interview dari perusahaan besar yang memang tertarik dengan pengalaman kamu.

Atau kalian juga bisa membuat sebuah website khusus yang memang berisikan artikel artikel berdasarkan kemampuan kalian. Tentunya hal ini bisa menjadi daya tarik bagi sebagian brand, entah untuk melakukan content placement, atau menawarkan penawaran kerjasama.

Comments