Karyawan Sering Keluar Masuk? Ini Tipsnya Agar Karyawan Betah di Perusahaan!


Karyawan merupakan aset yang berharga untuk sebuah perusahaan. Kalau tidak ada karyawan, maka perusahaan tidak akan bisa berjalan untuk mencapai tujuannya. Maka diperlukan suatu usaha agar karyawan bisa bekerja dengan baik untuk perusahaan, dan bisa betah bekerja di perusahaan.


Sering terjadi karya keluar dan masuk perusahaan, biasanya ada hal yang membuat mereka tidak nyaman bekerja. Perusahaan memang memiliki standar tertentu dalam menciptakan suasana kerja yang akan menguntungkan perusahaan. Tapi jangan juga hal tersebut membuat karyawan tak betah bekerja. Karena keluar dan masuknya karyawan dengan intensitas tinggi bisa berakibat kerugian juga untuk perusahaan, karena harus mengeluarkan dana untuk merekrut karyawan lagi.

Beberapa upaya bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang dimilikinya. Jika karyawan bisa betah bekerja dan bekerja dengan baik, tujuan perusahaan pun bisa tercapai. Upaya tersebut diantaranya adalah:



1. Menciptakan ruang kerja yang nyaman

Cobalah untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman untuk karyawan. Karena kenyamanan ruangan kerja bisa saja meningkatkan produktivitas kerja. Misalnya saja dengan memberi fasilitas AC atau kipas, menyediakan furniture yang nyaman, dan lain-lain.

2. Mengadakan gathering

Gathering dalam jangka waktu tertentu bisa dilakukan, dengan tujuan menyegarkan pikiran setelah bekerja, meningkatkan kinerja karyawan dan lebih mengenal perusahaan dan semua stafnya.

3. Memberikan tunjangan

Tunjangan diluar gaji pokok adalah salah satu hal yang bisa membuat karyawan semangat bekerja. Tunjangan kesehatan atau asuransi kesehatan adlah salah satu tunjangan yang penting diberikan kepada karyawan. Karena kesehatan yang baik menunjang kinerja karyawan. Perusahaan perlu mencari tahu berbagai tips memilih asuransi karyawan yang bagus agar hak karyawan terpenuhi dan perusahaan pun tidak merugi.

4. Memberi reward kepada karyawan berprestasi

Memberi reward kepada karyawan berprestasi dilakukan agar karyawan tetap mempertahankan kinerja baiknya dan memotivasi karyawan lain agar meningkatkan kinerja nya. Reward tak perlu barang mahal, yang penting perusahaan sudah menunjukkan perhatian yang baik pada karyawan.

Banyak hal lainnya yang bisa dilakukan perusahaan agar karyawan betah bekerja dan tidak keluar masuk perusahaan. Apapun upaya tersebut seharusnya dilakukan sesuai kemampuan perusahan.

Comments