Penyebab Di Bawah Ini Ternyata Dapat Membuat Trafo Listrik Perusahaan Mudah Rusak!




Penggunaan trafo listrik di sebuah perusahaan pastinya akan membantu proses distribusi listrik ke seluruh bagian gedung. Banyak orang yang pernah mendengar kata trafo namun tidak mengerti apa hakikat sebenarnya dari sebuah trafo. Trafo dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan yang berkaitan dengan listrik dan menjadi sebuah perantara distribusi listrik dari sumber ke beban. 

Hal-Hal Yang Dapat Mengakibatkan Trafo Yang Dipasang Di Perusahaan Mengalami Kerusakan


Pernahkah anda memperhatikan ketika teknisi jasa perawatan trafo memperbaiki trafo yang rusak? Kira-kira apa penyebab dari sebuah trafo bisa mengalami kerusakan? Berikut ini berbagai hal yang dapat menyebabkan trafo menjadi rusak :


penyebab trafo listrik mudah rusak

1.    Suhu ruangan yang terlalu tinggi

Sebuah ruangan di perusahaan yang terlalu tinggi atau panas bisa menyebabkan trafo listrik menjadi rusak. Suhu ruangan yang ada di perusahaan tersebut harus diturunkan, jika perlu buat ventilasi di dalam ruangan tersebut agar suhu menurun. Anda bisa meminta pendapat dari layanan perawatan trafo agar mengetahui suhu maksimal yang harus dimiliki ruangan agar tidak cepat rusak. 

2.    Overload atau kelebihan beban

Kelebihan beban listrik pada sebuah perusahaan juga dapat menyebabkan trafo listrik menjadi rusak. Beban yang berlebihan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan trafo atau transformator menjadi panas dan berisik. Tingkatkan power factor dengan kapasitor bank agar bisa mengurangi ampere. Selain itu, trafo yang di-paralel juga hendaknya diperiksa arusnya agar bisa mengoreksi beban. 

3.    Trafo jarang dilakukan pengecekan oleh perusahaan perawatan trafo

Faktor lain yang menyebabkan trafo di sebuah perusahaan sering rusak adalah jarangnya intensitas kunjungan teknisi perawatan trafo. Apabila teknisi sering mengadakan pengecekan pada transformator listrik, pasti trafo pada perusahaan tidak akan mudah rusak. 

Salah satu jasa pengecekan trafo yang paling terkenal dan dipercaya oleh banyak perusahaan andalah Sewatama. Perusahaan jasa perawatan transformator listrik yang satu ini sering didatangkan ke banyak perusahaan demi mengecek dan menyervis trafo yang ada di perusahaan-perusahaan tersebut. Anda pun bisa mempercayakan perusahaan jasa perawatan transformator yang satu ini untuk menangani masalah trafo listrik di perusahaan anda.

Comments

  1. Bagi kita yang gk ngerti urusan listrik mending dipercayakan kepada ahlinya aja deh

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.