Cara Berjualan Online di Internet

 
“Sekarang toko-toko sudah banyak yang tutup karena muncul tren baru untuk berjualan online!”

Begitulah kira-kira sepenggal percakapan yang saya dengar dari kakak-kakak saya ketika kami berkumpul sekeluarga besar. Ya, nggak bisa dipungkiri sih. Era teknologi internet yang semakin maju dan mudah diakses membuat dampak yang mengejutkan bagi dunia bisnis. Salah satunya dengan makin maraknya jual beli barang secara online di internet. Harga gawai juga semakin terjangkau, jadi makin memudahkan setiap orang untuk menjual atau membeli barang secara online di internet.

Orang bijak bilang internet itu seperti dua sisi mata uang. Ada manfaatnya dan ada juga dampak buruknya. Mari kita ambil manfaatnya, salah satunya dengan mencari penghasilan berjualan secara online di internet. Sayang banget kalau teknologi internet hanya digunakan untuk selfie-selfie atau bersenang-senang. Pengguna internet itu banyak, dari seluruh dunia. Jadi banyak kesempatan kita untuk meraup penghasilan dengan berjualan online di internet. 


cara berjualan online


Banyak kisah sukses orang-orang yang berjualan online di internet. Saya ambil contoh adalah seorang ibu rumah tangga yang menjual produk aksesoris dengan brand Nabnib, bisa disearching di internet produk-produk apa saja yang dijualnya. Awalnya beliau berjualan bantal-bantal cushion secara online di internet. Karena merasa kurang banyak peminatnya, beliau banting setir berjualan hijab dan aksesorisnya secara online di internet, dengan terlebih dulu melakukan riset pasar agar produknya tepat konsumen. Sekarang, setelah beberapa tahun berlalu, usaha beliau makin maju dengan bertambahnya produk yang dijual. Bahkan beliau bisa menyewa rumah untuk kantor, punya 2 karyawan dan bisa berangkat umroh bersama suami!

Namun banyak orang yang belum tahu cara berjualan online di internet. Berikut ini cara berjualan di internet yang mungkin bisa kita lakukan, mulai dari yang sederhana sampai yang agak rumit dan butuh bantuan pihak lain. 

  1. Berjualan online di instagram
Instagram adalah aplikasi diaman penggunanya bisa membagikan foto dan video secara gratis. Banyak yang menggunakan instagram untuk berjualan. Cara menggunakan instagram untuk berjualan online bisa dimulai dengan mendaftar di aplikasi Instagram untuk membuat akun menggunakan email, facebook, atau handphone. Isi data profil dan bio dengan data yang sesuai untuk kebutuhan kita berjualan, jangan lupa cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi calon konsumen. Lalu upload foto atau video produk kita dengan disertai caption yang jelas seperti deskripsi produk, harga, dan lain-lain. 

cara jualan online di instagram


Jangan lupa untuk update terus produk kita agar memudahkan konsumen mencari produk yang sesuai kebutuhannya, juga aktiflah menjawab pertanyaan konsumen yang bertanya tentang produk. Jika ingin produk makin dikenal, bisa menyisihkan dana untuk beriklan di Instagram dengan menggunakan Instagram Ads.

  1. Berjualan lewat page di Facebook
Page Facebook adalah layanan yang diberikan Facebook untuk tujuan bisnis. Kita bisa berpromosi secara gratis atau membayar iklan di Page Facebook. 

Untuk membuat Page, kita harus mendaftar dulu di Facebook menggunakan email. Lalu isi data di Page dengan jelas. Misalnya nama Pagenya Toko Zahra, di deskripsinya dituliskan bahwa toko ini menjual baju, tas, dan lain-lain. Lalu produk atau jasa yang kita jual bisa diupload di Page agar bisa diketahui lebih banyak orang. Jangan lupa untuk selalu sertai caption yang jelas dan menarik ya, agar orang tertarik pada produk kita.

cara jualan online di facebook


  1. Berjualan di marketplace
Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko secara gratis atau membayar iklan di marketplace. Contoh marketplace yang ada adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Jd.id, Lazada, dan sebagainya. 

Untuk berjualan di marketplace, kita harus membuat akun terlebih dahulu menggunakan alamat email atau nomor telepon. Kemudian isi data di marketplace dengan nama toko kota, deskripsi yang menjelaskan toko, dan data lain yang perlu diketahui konsumen. Lalu upload foto produk kita disertai data-data yang melengkapinya seperti harga, ukuran, berat, sampai ekspedisi yang bisa digunakan. 
cara jualan online di marketplace


  1. Berjualan melalui website toko online
Memiliki website untuk menjual produk kita sendiri adalah nilai lebih, karena akan terlihat lebih professional. Untuk memiliki website toko online, kita perlu memiliki hosting yang merupakan penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Banyak penyedia jasa hosting bisa membantu kita mewujudkan website toko online yang dapat diakses dengan mudah oleh konsumen kita. Salah satunya adalah Domainesia yang menawarkan penyimpanan SSD untuk akses super cepat dan stabil, serta integrasi berbagai layanan premium untuk performa hosting terbaik. Biaya paket hosting untuk bisnis di Domainesia termasuk sangat terjangkau mulai dari 80 ribu per bulan!

cara jualan online di internet


Untuk informasi lebih kengkap tentang produk hosting di Domainesia, bisa dilihat di www.domainesia.com/hosting ya. Apapun media yang digunakan untuk berjualan online, semoga sukses untuk kita semua!

Comments

  1. Sekarang peluang usaha semakin luas, bergantung pada kreativitas kita

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.