Panduan Bagi Kamu yang Mau Liburan ke Gunung Bromo


Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini merupakan salah satu destinasi paling populer yang ada di Indonesia, tak hanya bagi wisatawan lokal saja, kamu juga akan bertemu banyak turis asing di sini. 

Gunung berapi yang masih aktif ini lokasinya berada di Jawa Timur, tepatnya di Probolinggo, Malang. Pada umumnya, turis yang datang ke sini menghabiskan waktu satu hingga dua hari untuk bisa mendapatkan semua pengalaman terbaik saat liburan di Gunung Bromo. 


Nah, jika kamu berencana untuk datang liburan ke sini, maka simak dulu yuk panduan bagi kamu yang mau liburan ke Gunung Bromo berikut ini.

Cara ke Gunung Bromo

Ada tiga cara yang bisa kamu pilih untuk menuju ke Gunung Bromo. Kamu bisa menggunakan pesawat, kereta, atau bus. Jika kamu datang dari Jakarta, maka kamu hanya perlu menempuh kurang lebih 1,5 jam menggunakan pesawat, di mana kamu bisa memesan rute ke Bandara Internasional Juanda yang ada di Surabaya atau Bandara Abdulrachman Saleh yang ada di Malang. 

Setelah kamu sampai di Surabaya atau Malang, kamu bisa lanjutkan menuju beberapa titik untuk mencapai Gunung Bromo seperti Probolinggo, Pasuruan, atau Tumpang. 

Probolinggo adalah pilihan yang populer bagi orang yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi karena jalannya yang sudah bagus. Sedangkan Pasuruan dan Tumpang bisa dibilang jalannya agak menantang.

Bromo
Wikipedia. Org


Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Gunung Bromo

Karena di Indonesia hanya ada dua musim, yakni musim hujan dan musim kering, maka sebaiknya kamu datang ke Gunung Bromo saat musim kering saja. Karena jika saat musim hujan, kamu akan kesulitan mendapatkan daya tarik utama yang ada di sini, yakni pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. 

Meskipun demikian, musim hujan juga bisa jadi waktu yang tepat jika kamu ingin menjelajah bukit hijau bernama Bukit Teletubbies.

Iklim di Gunung Bromo

Iklim atau suhu di Gunung Bromo biasanya berkisar 10 sampai 20 derajat, dan mungkin di beberapa waktu bisa lebih rendah dari itu. Cuaca di sana juga terbilang sulit untuk diprediksi, di mana bisa cerah di pagi harinya, kemudian mendung dan hujan di siang hari.

Tempat Menarik di Gunung Bromo

Di Gunung Bromo ada beberapa tempat yang menjadi destinasi paling wajib untuk dikunjungi. Pertama adalah Penanjakan 1, tempat yang paling pas untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang sangat mengesankan. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 2.700 meter di atas permukaan laut sehingga kamu bisa menikmati pemandangan sunrise yang ditemani dengan pemandan megah dari Gunung Bromo, Gunung Batok, dan puncak dari Gunung Semeru.

Kedua, kamu bisa jalan-jalan ke Kawah Gunung Bromo. Di sini kamu bisa berfoto-foto dengan latar belakang kawah yang tak kalah mengagumkan. Selanjutnya ada juga Bukit Teletubbies di mana kamu bisa mendapatkan pemandangan yang instagrammable.

Jika kamu tertarik untuk datang ke Gunung Bromo kamu bisa cari tahu informasi mengenai harga tiket masuk Bromo di beberapa situs online. Kamu juga bisa langsung pesan paket wisata yang siap membawamu ke semua tempat menarik yang ada di Gunung Bromo seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Pastikan kamu datang bersama teman-teman atau keluarga karena di sini kalian semua bisa mendapatkan pengalaman seru yang tak akan terlupakan.

Comments