Bunda Harus Tahu! Inilah Cara Yang benar Dalam Memilih Pakaian Bayi


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa pakaian bayi itu termasuk kedalam salah satu daftar perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan. Ada banyak sekali beragam model pakaian bayi dari berbagai merk yang ada di pasaran. Namun setelah berada di toko pakaian bayi tersebut, tak sedikit dari kita yang merasa kebingungan dalam menentukan pilihannya lho. Salah-salah dalam memilih pakaian bayi, tentu saja anda sendirilah yang akan merasa rugi. Tapi kabar baiknya, pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa cara yang benar dalam memilih pakaian untuk bayi. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

 1. Pilihlah Baju Yang Berukuran Besar
Cara benar yang pertama dalam memilih baju untuk bayi, yakni pilihlah baju yang berukutan besar. Mengapa harus demikian? Pasalnya, hal ini dikarenakan bayi yang baru lahir itu mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Apabila bunda memilih baju yang ukurannya pas dengan tubuh si bayi, maka baju tersebut tidak akan terpakai dalam waktu yang lama. Belum lagi baju bayi yang terlalu ketat, sehingga dapat membuat si kecil merasa tidak nyaman dan kepanasan saat memakainya.
cara memilih pakaian bayi

Tubuh bayi akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dalam beberapa bulan. Tak hanya bertujuan untuk menghindari ukuran baju yang ketat, tentunya bunda juga belum dapat mengetahui bobot bayi karena masih berada dalam kandungan. Oleh karena itu, disarankan bagi bunda untuk memilih baju yang ukurannya lebih besar. Dengan demikian, bunda bisa lebih menghemat uang karena tidak perlu lagi membeli baju yang baru.
 2. Pilihlah Motif Baju yang Sederhana
Saat hendak memilih baju bayi, ada baiknya jika kita tidak terlalu memikirkan dulu urusan motif atau modelnya. Pasalnya, bayi yang baru lahir ini belum membutuhkan baju-baju yang fashionable. Pada umumnya, baju-baju bayi baru lahir ini mengusung model dan motif yang sederhana. Dalam hal ini, bunda jangan sampai memilih baju yang modelnya rumit, dikarenakan hal tersebut juga dapat membuat anda kesulitan saat hendak memakaikan bajunya pada si kecil. 
Disamping itu, usahakan juga untuk tidak memilih baju yang berkerah. Ya, baju yang berkeran tersebut juga akan menyulitkan pergerakkan si kecil, sehingga ia akan merasa tidak nyaman. Untuk urusan warna, hal itu tergantung pada jenis kelamin bayi bunda. Jika bayinya perempuan, maka pilihlah warna-warna yang identik dengan perempuan seperti pink, merah muda, ungu, dan lain sebagainya. 
cara memilih pakaian bayi

3. Pilihlah Baju Yang Berbahan Katun
Perlu bunda ketahui, bahwa baju yang berbahan katun itu sangat cocok untuk bayi yang baru lahir. Mengapa demikian? Pasalnya, baju yang berbahan katun ini dapat menyerap keringat dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, si kecil pun akan terhindar dari iritasi kulit. Tak hanya itu saja, baju yang berbahan katun ini juga adem saat dipakai sehingga si kecil akan merasa nyaman. Dengan kata lain, bunda tidak boleh memilih baju yang berbahan serat tinggi, sebab baju tersebut dapat membuat si kecil kesulitan bernafas saat tertidur lho!
4. Pilihlah Baju Yang Mudah Di Lepas
Cara tepat berikutnya dalam memilih pakaian untuk bayi, yakni pilihlah baju yang mudah di lepas. Bayu yang baru lahir ini sering mengalami buang air kecil dan buang air besar, sehingga baju yang mudah dilepas ini tentunya dapat membantu bunda dalam membersihkan tubuhnya. Bayi yang baru lahir juga cenderung bergerak dengan bebas, sehingga jangan terlalu banyak kancing dan ornament di dalam baju tersebut. 
cara memilih baju bayi

5. Pilihlah Baju yang Bertekstur Tipis
Baju yang digunakan bayi untuk kegiatan sehari-hari, tentunya bunda harus memilih baju yang berbahan tipis. Terlebih ketika cuaca sedang panas-panasnya, dimana baju tipis tersebut dapat membuat nyaman sikecil selama memakainya.
Itulah beberapa cara yang benar dalam memilih pakaian untuk bayi. Adapun mengenai beberapa perlengkapan bayi yang harus bunda ketahui seperti di bawah ini :

Perlengkapan Pakaian Bayi
- 6 sampai 8 pcs body suit (pakaian terusan) dengan karet pada bagian pergelangan kaki.
- 6 pcs setelan piyama tidur, agar lebih mudah saat mengganti popoknya.
- 6 pcs pakaian dalam (singlet bayi).
- Baju hangat dari serat alami seperti wool.
- Selimut yang berbahan wool atau katun lembut.
- 6 pcs kaus kaki dan kaus tangan bayi.
- 1 pcs topi bayi.
cara memilih pakaian bayi

 Peralatan Makan Bayi
- 4 sampai 6 pcs celemek makan bayi.
- 1 pak handuk / kain kecil untuk menahan air liur atau muntah bayi.
- Bra menyusui dan breast pads.
- Bantal khusus menyusui. 

Peralatan Ganti Popok
- 10 sampai 12 pcs popok sekali pakai per harinya.
- Ember khusus untuk merendam dan mencuci popok.
- kain penyerap popok khusus untuk disempilkan pada sisi dalam popok kain, sehingga kulit bayi tetap kering dan lebih mudah dalam membersihkannya.
- Perlak alas.
- Tas popok.
- Meja ganti popok yang setinggi pinggang.
- Tisu basah yang bebas alcohol.
- Lampu malam dengan watt rendah, agar cahayanya tidak mengganggu si kecil saat tertidur.
- Keranjang baju kotor.

cara memili pakaian bayi

Peralatan Mandi Bayi
- Bak mandi bayi.
- Penyangga punggung bayi, yang biasa digunakan untuk bayi yang baru lahir.
- Sabun mandi bayi dengan pH 5-5, agar terhindar dari iritasi kulit.
- Krim pelembap / anti ruam popok.
- Waslap atau handuk kecil.
- 2 sampai 4 pcs handuk mandi dengan penutup kepala, agar bunda lebih mudah untuk menutup bagian kepalanya ketika selesai dimandikan.
- Baby oil untuk memijat bayi (utamakan yang berbahan organic tanpa parfum).

Perlengkapan Tidur Bayi
- Boks tidur bayi
- Kasur dengan ukuran sesuai boks bayi untuk memberikan kenyamanan
- Selimut tidur
- Sprei kasur khusus bayi yang berbahan katun lembut
- Kantung tidur bayi untuk bayi baru lahir
- Baby monitor – optimal
- Kelambu
- Termometer
- Lampu tidur untuk membantu aktifitas menyusui dan mengganti popok pada malam hari

cara memilih pakaian bayi

Perlengkapan Berpergian
- Car seat bayi dengan penyangga kepala untuk bayi yang baru lahir
- Kereta dorong bayi
- kain gendongan
- Gendongan depan
- Tas bayi
Itulah beberapa perlengkapan bayi yang harus bunda persiapkan. Agar tidak ada barang yang terlewatkan, sebaiknya bunda membuat dulu list atau daftar belanjaannya. Dengan begitu, maka semua kebutuhan perlengkapan bayinya tidak akan ada yang terlewat. Semua perlengkapan bayi tersebut juga dapat anda pesan pada situs online shop yang bernama ilotte.com.

Comments