Ketahui Metode Belajar Yang Tepat, Tips Sukses SNMPTN


Setiap pasti punya gaya belajar masing-masing yang menurut mereka paling efektif saat mereka menghadapi SNMPTN salah satunya. Siswa-siswi dituntut harus mengolah, hingga menyimpannya di dalam otak mereka. Ada siswa-siswi yang bisa lebih mengerti pelajaran lewat aktifitas mendengarkan, menonton atau bahkan mereka harus membayangkan dan mempraktekkannya langsung.


Ada pula siswa-siswi yang selagi belajar harus sambil menggoyangkan kaki atau bergerak/berjalan kesana kemari. Dengan menyadari hal tersebut, maka dari itu jangan langsung menganggap siswa-siswi malas atau kurang tertarik jika ia diminta untuk belajar.

Penting bagi setiap orang tua dalam mempersiapkan anaknya jelang SNMPTN untuk mengetahui dan memahami metode pembelajaran yang disukai oleh anaknya dan tetap efektif. Karena dengan hal tersebut dapat membantu siswa-siswi belajar lebih efektif dan meningkatkan ketertarikan mereka setiap belajar.

Salah satu tips sukses SNMPTN adalah dengan menerapkan suatu metode belajar. Metode belajar yang efektif adalah yang dapat menggabungkan ketiga hal ini :

Ruang guru


Pendengaran

Siswa-siswi yang terbiasa dengan gaya belajar seperti ini biasanya akan menyerap pembelajaran secara efektif dengan cara mendengar. Metode pembelajaran seperti ini cocok dengan pelajaran yang melibatkan hafalan, memahami isi bacaan, dan hitungan yang dibentuk dalam soal cerita.

Penglihatan

Berbeda dengan di atas, siswa-siswi yang terbiasa dengan metode belajar seperti ini biasanya menyerap informasi dari melihat suatu simbol. Agar proses belajar yang dilakukan siswa-siswi berjalan dengan efektif, siswa-siswi dengan gaya belajar seperti ini harus terbiasa melihat objek, lalu memvisualkan, dan kemudian masuk ke tahap ilustrasi materi pembelajaran yang mereka berhasil dapatkan.

Gerakan

Siswa-siswi yang familiar dengan gaya belajar yang satu ini sangat senang untuk belajar sambil melakukan suatu gerakan ketika sedang belajar. Maka dapat dikatakan jika pembelajaran satu ini harus melibatkan suatu gerakan yang dapat memicu suatu ketertarikan dalam belajar.

Pada dasarnya ketiga metode pembelajaran yang disebutkan di atas tadi adalah bagian dari tips sukses SNMPTN, sehingga tidak bisa hanya difokuskan pada satu metode belajar saja.

Maka dari itu, apapun metode belajar yang siswa-siswi sukai dan asalkan sesuatu tersebut adalah hal yang positif maka harus didukung. Tips sukses SNMPTN terutama adalah dengan memahami bagaimana gaya belajarmu. Dengan mengetahui gaya belajar yang disukai siswa-siswi, secara tidak langsung sudah membantu memudahkan proses belajar.

Tapi, apakah ada metode belajar yang dapat menggabungkan ketiga metode di atas tadi secara bersamaan?

Seperti yang kita ketahui bahwasannya pelaksanaan SNMPTN yang semakin dekat, aplikasi Ruangguru meluncurkan produk terbarunya. Yaitu Ruangbelajar, yang menggabungkan ketiga metode pembelajaran sehingga pelajaran yang diterima dapat diolah secara efektif.

Di Ruangbelajar, tersedia beragam materi video konten telah dipersiapkan oleh mentor-mentor terpercaya dari Ruangguru, seperti soal dan video pembahasan SNMPTN dari tahun 2014-2018. Ada juga prediksi soal untuk SNMPTN, dan setiap pengguna Ruangguru bisa mengikuti tryout online gratis untuk menghadapi SNMPTN!

Cara mendaftar Ruangguru sangat mudah,

1.  Kunjungi website RuangGuru di https://RuangGuru.com

2.  Klik menu ‘Daftar’ yang terdapat pada pojok kanan

3.  Pilih daftar sebagai murid

4.  Masukan data diri kamu secara lengkap

5.  Ketika kamu sudah terdaftar kamu hanya tinggal memilih paket yang ada pada RuangGuru.

Comments