Rumah Kontrakan di Bandung, Alternatif Menarik untuk Hunian Murah



rumah kontrakan bandung


Bisnis properti bisa jadi salah satu investasi menggiurkan, misalnya saja jika Anda ingin mencoba bisnis rumah kontrakan di Bandung. Hal ini karena dari segi lokasi, Bandung terbilang menarik bagi para pencari hunian.Terbukti, setiap tahunnya kota ini menarik pendatang yang jumlahnya terus meningkat setiap tahun, mulai dari kalangan pekerja hingga pelajar. 

Tak hanya pendatang, warga asli yang jumlahnya terus bertambah pun mulai banyak yang mencari hunian. Dimana mengontrak jadi pilihan bagi mereka yang belum memiliki cukup budget untuk membeli rumah. Tentu saja ini jadi peluang baik bagi Anda yang ingin berbisnis rumah kontrakan. 

Khusus bagi pemula yang belum memiliki properti untuk disewakan, maka langkah awalnya adalah mencari hunian yang dapat dibeli untuk disewakan nantinya. Nah, kalau ingin membeli properti untuk investasi sama saja dengan membeli untuk dihuni sendiri.Harus pertimbangkan lokasi dan kondisi lingkungan serta faktor penunjang lainnya. 

Intinya Anda harus posisikan diri sebagai calon penyewa, apa saja yang akan jadi daya tarik dan kelemahan dari properti yang Anda sasar.Tapi sebelum Anda memutuskan membeli properti untuk disewa, ada baiknya pertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini seperti yang dikutip dari www.99.co/id.  

Yang pertama adalah target pendapatan. Untuk ini Anda cari tahu harga pasaran di lokasi tersebut dan kualitas bangunan. Dengan begini, Anda bisa menghitung harga beli dan besaran uang sewa yang bisa Anda dapatkan.Jangan lupa juga, untuk menghitung pengeluaran seperti pengeluaran tetap seperti pajak, asuransi, biaya perawatan dan perbaikan properti yang harus dilakukan secara rutin. Ditambah pula dengan pengeluaran tak terduga, misalnya kerusakan AC, pemanas air dan lain-lain.

Biaya-biaya ini bisa Anda ambil dari pemasukan saat menyewa rumah. Tapi kalau tak ada penyewa, resikonya Anda harus mengeluarkan biaya dari kantong sendiri.Jadi perkirakan kesanggupan Anda dalam mengantisipasi kemungkinan ini ya. Karena selalu ada resiko dalam setiap menjalankan bisnis, termasuk bisnis rumah kontrakan. Selain tak ada penyewa dalam jangka waktu tertentu, ada pula resiko seperti masalah yang timbul jika ada ketidaksesuaian dengan penyewa, misalnya yang tidak merawat properti Anda dengan baik atau masalah lainnya.Jadi Anda dituntut untuk cermat dan teliti juga dalam menerima penyewa.

Mungkin kesannya mudah dengan hanya menyewakan properti ke orang lain dan Anda mendapat pemasukan tetap. Tapi resiko-resiko di atas sangat mungkin terjadi, maka sangat disarankan sebelum memulai bisnis rumah kontrakan, Anda memelajari usaha di bidang properti, mulai dari baca buku hingga konsultasi dengan orang-orang yang memang sudah ahli. 

Tanpa Modal, Begini Caranya Mulai Bisnis Rumah Kontrakan Bandung

rumah kontrakan bandung


Dengan segala resikonya, pada dasarnya bisnis rumah kontrakan punya daya tarik besar. Bahkan seperti dikutip dari viva.co.id, Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal lho! Tidak percaya? Yuk, simak dulu uraian berikut ini.

Anda bisa mencoba pengajuan pinjaman modal usaha tanpa jaminan ataupun kartu kredit, misalnya penyedia modal berbasis syariah.Atau Anda bisa mencari pinjaman modal dari perorangan atau investor, yang bisa dari pengusaha atau bahkan kenalan yang memiliki ketertarikan berbisnis properti.
Pinjaman modal dari investor jauh lebih menguntungkan dibanding meminjam ke bank yang memasang bunga per bulannya.

Bicara investor, langkah yang perlu Anda siapkan untuk menggaet peluang ini tentunya menyiapkan proposal yang berisi ide dan rancangan bisnis.Buatlah proposal dengan jelas dan bisa mewakili tujuan dan maksud Anda.

Saat harus presentasi, jelaskan isi proposal dengan kata-kata yang jelas dan mudah dipahami. Intinya, yakinkan sebisa mungkin bahwa calon investor bahwa mereka tidak akan menyesal untuk berinvestasi di bisnis ini. Dengan menunjukkan kematangan rencana Anda, bisa membuat investor akan merasa lebih yakin pada bisnis ini. Maklum saja, ini merupakan bisnis dengan jumlah uang yang tidak sedikit, maka sudah selayaknya Anda berupaya ekstra dalam meyakinkan calon investor. Kalau perlu ada perjanjian kerjasama tertulis disertai dasar hukum. Misalnya dengan melibatkan jasa notaris dalam pembuatan kesepakatan, khususnya jika bisnis dalam skala besar. Dan mengingat bukan hal yang mudah untuk mendapatkan investor dan mengeluarkan uang dalam jumlah besar, maka Anda perlu gigih dan tidak boleh menyerah begitu saja.

rumah kontrakan bandung


Cari Rumah Kontrakan di Bandung

Sekarang giliran Anda yang sedang mencari rumah kontrakan di Bandung. Mendapatkan i info soal rumah kontrakan bukanlah perkara sulit. Karena kini bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs properti seperti 99.co Indonesia. Misalnya jika Anda mencari rumah kontrakan di Bandung, akan ada lebih dari 2000 listing properti yang akan Anda temukan.

Tapi jangan bingung, karena di sini Anda akan dibantu untuk menyeleksi pilihan yang ada, agar nantinya Anda mendapatkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangan dan tips yang bisa Anda perhatikan antara lain adalah:

1.      Melakukan perbandingan

Dalam hal ini, Anda harus membandingkan harga dan elemen-elemen pendukungnya.
Ya, selain melihat harga, Anda juga perlu membandingkan fasilitas dan kualitas bangnan serta lokasinya juga.

Dan lagi-lagi, ini harus dikembalikan pada kebutuhan. Misalnya Anda menemukan rumah sangat murah, tapi jauh dari lokasi kerja atau aktivitas sehari-hari, sementara ada rumah dengan harga lebih mahal tapi lokasinya lebih memudahkan mobilitas Anda.

Maka tentunya pilihan ini perlu dipertimbangkan dan dihitung lagi. Karena biaya transportasi yang harus dikeluarkan juga sesuatu yang penting untuk diperhitungkan.

2.      Pilih sistem pembayaran

Umumnya, ada dua sistem pembayaran untuk rumah kontrakan, yakni per bulan atau per tahun.Kuncinya ya kembalikan lagi pada kemampuan Anda.Sebagai gambaran, sistem pembayaran bulanan akan dirasa lebih ringan tentunya, dan memudahkan Anda juga jika sewaktu-waktu ingin pindah.

Tapi kalau Anda sudah sangat cocok dengan pilihan rumah dan punya budget lebih, tentu bayaran per tahun lebih baik.Dimana selain biasanya dapat potongan karena membayar langsung per tahun, tentunya cara ini lebih simple karena Anda tidak perlu repot-repot setoran tiap bulan.

3.      Cek kondisi rumah

Kondisi dalam hal ini bisa meliputi kondisi fisik bangunan, dimana harus Anda pastikan saat survei bahwa tak ada kekurangan dari rumah yang bisa memengaruhi kenyamanan Anda setelah tinggal di sana.

Lalu kalau bisa pilih rumah yang sudah diisi perabotan, jadi Anda tak perlu lagi pusing memikirkan anggaran untuk membeli barang-barang. Jadinya lebih hemat juga kan?

4.      Perhatikan kondisi lingkungan

Faktor kenyamanan juga bisa ditentukan oleh kondisi lingkungan sekitar.
Sebaiknya pastikan lingkungan di sekitar kontrakan bersih, sehat dan juga aman.
Misalnya tidak ada selokan dengan bau menyengat, jauh dari tempat pembuangan sampah, limbah pabrik dan sebagainya. 

Selain memengaruhi kenyamanan, ini juga memengaruhi kesehatan Anda juga nantinya.
Lalu pastikan juga lingkungannya aman ya. Baik aman dari banjir dan bencana alam lain, juga harus aman dari tindak kriminalitas seperti pencurian, ataupun kerusuhan.

5.      Bisa lebih hemat dengan sharing

Tentunya ini bisa diterapkan oleh Anda yang tinggal sendiri.
Dengan mencari kontrakan bersama teman, bisa sharing biaya sewa dan ini pastinya akan lebih menghemat pengeluaran. Tapi untuk ini Anda perlu mencari rumah yang memiliki lebih dari satu kamar ya.


rumah kontrakan bandung



Harga Rumah Kontrakan di Bandung

Sebagai perbandingan dan gambaran, baik bagi Anda yang ingin coba berbisnis ataupun yang sedang mencari info seputar rumah kontrakan di Bandung, berikut beberapa contoh listing properti terjangkau yang ada di 99.co Indonesia. 

Misalnya rumah kontrakan di Bandung dibawah 10 juta rupiah yang terdapat di Perumahan Abdi Negara di daerah Cileunyi. Hunian 2 lantai ini ditawarkan dengan tarif hanya Rp 8 juta per tahun.Berada di lokasi bebas banjir dan dekat dengan Exit Tol Cileunyi, rumah ini berluas 40m2, terdiri 2 kamar tidur, kamar mandi dan garasi.

Punya budget lebih, Anda bisa coba rumah kontrakan di Bandung dibawah 20 juta rupiah. Misalnya saja rumah dengan tarif Rp 16 juta per tahun di kawasan Cikoneng, Bojong Soang yang luasnya sekitar 36m2 dengan kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, carport serta taman. 

Rumah kontrakan di Bandung Selatan ini berada dalam komplek perumahan yang nyaman, bebas banjir dengan sistem keamanan 24 jam, dan juga berada dekat ke kampus STT Telkom, pusat perbelanjaan, Transmart Carrefour serta Tol Buah Batu.

Pilihan tak kalah menarik ada di Taman Kopo Indah 5 yang ditawarkan seharga Rp 18 juta per tahun.
Hunian di Bumi Asri Mekar Rahayu ini memiliki luas 60 m2 dilengkapi 2 kamar tidur, kamar mandi, carport dan berada dekat ke Tol Taman Kopo Indah 5 serta pusat kesehatan yakni RS Unggul Karsa Medika.

Kalau Anda mencari rumah kontrakan di Bandung Utara, ada hunian yang berada di lingkungan nyaman dan tenang, di kawasan Sariwangi, Terusan Gegerkalong Hilir. Rumah yang disewa seharga Rp 19 juta per tahun ini dilengkapi 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, dapur, halaman depan dengan taman kecil, serta area untuk parkir motor. 

Disewakan dalam kondisi semi furnished, yang di antaranya ada meja kerja, kursi plastik dan kursi busa kayu serta water heater dalam kamar mandi.Bisa untuk keluarga kecil maupun mahasiswa karena lokasinya dekat ke sejumlah kampus seperti Polban, Maranatha, Unpar, UPI dan masih banyak lagi.

Selain itu dekat pula ke Tol Pasteur dan kawasan populer seperti Dago, Setiabudi dan Lembang. Nah, itu dia beberapa hal menarik yang perlu diketahui seputar rumah kontrakan di Bandung.

Semoga bermanfaat!

Comments