Ngabuburit Berpahala, yuk!



Welcome Ramadan! Alhamdulillah, kita semua dipertemukan lagi dengan Bulan Ramadan yang istimewa dimana Semua ibadah pahalanya dilipatgandakan. Di bulan ini, ada satu kegiatan yang dilakukan orang sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kegiatan itu biasa disebut ngabuburit. Istilah ngabuburit asalnya dari bahasa sunda, dimana burit itu artinya sore. Jadi, kegiatanini dilakukan sore-sore sambil menunggu waktu berbuka.

Kegiatan ngabuburit di setiap daerah beda-beda sesuai dengan kebiasaan dan minat setiap orang. Di kampung saya, waktu kegiatan ngabuburit dilakukan dengan jalan-jalan keliling kampung. Bagi muda-mudi, kegiatan jalan-jalan saat saat ngabuburit seringkali digunakan untuk mendapatkan pasangan.

Biar ngabuburitnya berpahala, coba kegiatan ini deh!

  1. Baca Alquran
Ada waktu menjelang berbuka puasa, kenapa tidak digunakan untuk membaca Alquran saja. Pahalanya dapat, waktu pun tidak sia-sia. Pahala membaca Alquran itu dihitung per huruf, bukan per kata atau kalimat. Di bulan Ramadan ini, pahala semua ibadah dilipatgandakan termasuk membaca Alquran.

Istirahatlah dulu ketika lelah membaca Alquran. Biar makin semangat ngabuburit dengan baca Alquran, bisa ajak teman atau anggota keluarga untuk baca Alquran bersama. Saat adzan tiba, jadi bisa sekalian ajak temannya buka bersama kan. 

ngabuburit baca alquran


  1. Bantuin ibu/istri masak
Menjelang berbuka puasa, salah satu orang yang sibuk di dapur adalah ibu-ibu yang mempersiapkan makanan berbuka untuk anggota keluarganya. Daripada bengong, lebih baik bantu ibu/istri memasak di dapur. Semoga bisa mendapatkan pahala karena meringankan pekerjaan orang yang kita sayang. Selain itu, kita juga bisa kasih masukan menu-menu berbuka yang akan disantap kan.

  1. Dengar kajian agama
Menjelang berbuka puasa, biasanya di televisi ada berbagai acara yang menyajikan kajian agama. Boleh tuh disimak, kapan lagi acara televisi menyajikan kegiatan agama. Kalau tidak melalui televisi, bisa juga mendengarkan kajian agama melalui channel youtube. Pilihan tema dan ustaznya lebih banyak. Semoga bisa menambah motivasi dalam beribadah di bulan Ramadan dengan berbagai nasihat dari para ulama yang soleh/ah. 

Bagaimana dengan teman-teman, kegiatan apa yang kamu lakukan sembari menunggu waktu beruka puasa?

 #30HariKebaikanBPN

Comments

  1. Ngabuburit pake gadget juga bisa :D Dengerin murotal dari hape, kirim donasi online via hape, nyimak ceramah via hape... Hihi....generasi hape banget. :D

    ReplyDelete
  2. Salam kunjungan dan follow sini ya :)

    ReplyDelete

  3. Naah ini namanya ngabuburit ala islami...Meski pada faktanya kebanyakan orang ngabuburit sambil jalan2 atau blanja-blenjong + mejeng2 yang mungkin membuat puasa sia2 ...

    Ok thanks atas artikel menariknya mbak..😄😄

    ReplyDelete
  4. berolahraga ringan seperti berjalan kaki di sekitar rumah saya rasa itu ngabuburit yg baik jg, sbg bagian dari mensyukuri nikmat sehat

    ReplyDelete
  5. salam ramadhan... salam kenal juga.... 1st time datang sini. Mau follow each other? Jika mau jemput singgah & follow blog saya [Sis Hawa Dot Com ] then saya akan terus follow back. Terima kasih #followforfollow

    ReplyDelete
  6. Begitulah seharusnya memanfaatkan Ramadhan tidak hanya sekedar lewat begitu saja

    ReplyDelete
  7. saya ngabuburit jalan di blog , maklum nggak suka jalan di luar rumah

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.