Cara Mempromosikan Bisnis di Media Online



Memiliki bisnis sendiri adalah impian semua orang. Karena dengan memiliki bisnis sendiri, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan. Pertama, kita bisa mengatur waktu sendiri untuk bekerja tanpa terikat waktu kantor lain. Kedua, penghasilan pun bisa kita targetkan sesuai dengan kemampuan kita. Ketiga, dengan memiliki bisnis sendiri bisa membuka lapangan kerja dan membantu orang lain mendapat penghasilan.

Kadang-kadang, ada orang yang memiliki ide kreatif bisnis tertentu atau memiliki skill dalam bidang tertentu, namun tidak tahu bagaimana cara mempromosikan bisnisnya tersebut atau memiliki dana yang terbatas untuk mempromosikan bisnisnya. Nah, mempromosikan bisnis di media online bisa menjadi salah satu solusi masalah tersebut karena biaya promosi lebih murah. Kita bisa mempromosikan bisnis kita di media online dengan cara sebagai berikut.


  1. Memperomosikan bisnis kita di media sosial seperti facebook, instagram, dan sebagainya
Jika kita punya akun facebook, instagram atau media sosial lainnya, kita bisa memanfaatkan media sosial tersebut untuk memperkenalkan bisnis kita. Dengan modal smartphone atau laptop dan kuota internet, kita bisa langsung mempromosikan bisnis kita. Untuk membuat akun facebook atau Instagram pun gratis alias tidak membutuhkan biaya lain selain smartphone dan internet, selain itu hanya membutuhkan alamat email dan data-data lain yang diperlukan. 

cara mempromosikan bisnis di media online
pixabay.com
 
Untuk jangkauan yang lebih luas, kita juga bisa membuat Fanspage Facebook dan mengkoneksikan Instagram kita dengan Fanspage Facebook, sehingga kita lebih leluasa lagi mempromosikan bisnis. Jika ada sedikit rejeki, boleh juga nih kita memasang iklan di Facebook atau Instagram. Biaya membuat iklan di kedua media sosial tersebut bervariasi sesuai kemampuan dana kita, 10 ribu, 20 ribu, dan seterusnya. 

  1. Buka toko online secara gratis di marketplace
Membuat toko online di berbagai marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan semacamnya juga bisa menjadi salah satu solusi murah meriah mempromosikan bisnis kita. Lagi-lagi, modalnya hanya smartphone/laptop dan kuota internet. Kita tinggal mendaftarkan akun toko online kita di marketplace tersebut, lalu memasukkan produk atau jasa yang kita jual di toko online kita. 

  1. Bekerjasama dengan platform yang mempertemukan penggiat media online dan pengusaha
Ya, mungkin tidak banyak yang tahu jika ada platform yang mempertemukan penggiat media online dengan para pengusaha yang inging mempromosikan bisnisnya di media online. Penggiat media online akan membantu para pengusaha mempromosikan bisnisnya. Penggiat media online adalah istilah saya untuk mereka yang senang menggeluti media online dan mendapat penghasilan dari media online. Mereka ada yang disebut buzzer, blogger, selebgram dan sebagainya. 

Salah satu platform yang mempertemukan penggiat media online seperti blogger, dan para pengusaha yang ingin mempromosikan bisnisnya, adalah Raja Backlink. Raja Backlick memberikan jasa backlink, dimana pengusaha bisa beli backlink dari para blogger. Raja Backlink menyediakan banyak blogger yang membantu mempromosikan bisnis para pengusaha dengan cara mereview produk atau jasa  lewat tulisan mereka secara alami sesuai pengalaman blogger. 

Apa itu backlink? Backlink adalah link di tulisan blogger yang jika diklik oleh pembaca akan diarahkan ke website perusahaan. Nah, blogger bisa mendapatkan kompensasi dalam jumlah tertentu jika bersedia jual backlink dan memasang backlink di tulisannya. Pengusaha pun mendapat keuntungan karena bisnisnya akan semakin dikenal oleh dunia online.

Comments

  1. Wah, makasih mba tipsnya. Semoga suatu saat bisa buka bisnis sendiri dan promosinya bisa lancar, heehe

    ReplyDelete
  2. Senenggg pasti ya kalo bisnis bisa sukses, tentunya perjuangan banget, dan gak mudah. Butuh modal semangat kuat!

    ReplyDelete
  3. Zaman sekarang banyak cara ya untuk mempeormosikan toko online. Tinggal semangat jualannya aja, nih :)

    ReplyDelete
  4. Zaman sekarang promosi bisnis jadi lebih mudah dan efisien karena adanya sosmed ya, Mak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.