Desain Kebaya yang Nggak Pernah Ada Matinya



Saat ini, kebaya bukanlah fashion item kuno yang nggak bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Model kebaya modern pun kini mulai merebak. Meskipun begitu, bukan berarti desain kebaya yang sudah ada sejak zaman dulu tenggelam begitu saja. Bahkan, meski eksistensinya sudah ada sejak lama, banyak wanita modern yang tak enggan untuk menjadikannya sebagai fashion item favoritnya. 
Kira-kira apa saja, ya, desain kebaya kuno yang masih banyak disukai para wanita dan nggak ada matinya itu? Lansung cek infonya di bawah ini, yuk!


Kebaya Kartini

kebaya kartini
Sumber gambar  https://www.instagram.com/p/BfniLzBFhqY/?taken-by=lucia_septi

Saat mendengar nama kebaya kartini, pasti banyak dari kita yang langsung teringat oleh sosok pejuang emansipasi wanita, R.A. Kartini. Ya, model kebaya inilah yang dulunya sering dipakai oleh beliau. Dari segi potongan, sebenarnya model ini hampir mirip dengan model kebaya encim. Hanya saja, terdapat perbedaan karena kebaya kartini memiliki lipatan pada bagian dada.

Hampir sama dengan kutubaru dong kalau gitu? Dari segi lipatan mungkin memang mirip, tapi untuk model kartini tidak memiliki tambahan kain di tengah kebayanya. Jadi lipatan ini memanjang dari bagian leher (kerah) hingga ke ujung kebaya dan saling terhubung.

Pada umumnya, model ini cenderung polos dan minimalis. Hiasan payet juga biasanya hanya disematkan dari bagian leher melalui dada hingga ke tepi bagian bawah kebaya. Untuk tepi bawahnya, seringnya dihiasi dengan bordir bermotif sederhana. Meskipun begitu, hiasan ini juga cukup simpel, sehingga tidak terlalu ramai. Untuk mempermanis penampilan, kamu bisa tambahkan aksen bros agar nggak terlalu kelihatan polos banget.

Kebaya Encim

kebaya encim
Sumber gambar 2: https://www.instagram.com/p/Bo0tD0MHYDo/?taken-by=zaali.official
 
Kebaya yang biasanya dibuat dengan bahan organdi atau katun ini bisa dibilang merupakan perpaduan antara baju shanghai dengan kebaya khas Melayu. Ciri khas kebaya encim adalah model kerah V yang dipermanis dengan bordiran hingga ke bagian bawah. Warna-warna yang dipakai untuk kebaya encim pun cenderung terang dan lebih beragam dari model lainnya.

Di zaman modern ini, tak jarang kita menemukan kebaya encim yang dimodifikasi sedemikian rupa supaya tidak terkesan kuno banget, salah satunya adalah dengan menambahkan motif yang tidak terlihat membosankan. Untuk mendapatkan hasil bordir yang sempurna, kain yang digunakan pun harus yang kuat supaya tidak pecah saat dilakukan proses pembordiran.

Oleh karena desain dan warnanya yang tak membosankan dan tak terkesan kaku, keunggulan model encim adalah bisa dipadupadankan dengan berbagai macam jenis bawahan, baik itu kain batik, rok, hingga skinny jeans. Jadi, anggapan pakai kebaya itu kuno bisa dipatahkan, nih!

Kebaya Kutubaru

kebaya kutubaru
Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/BPWkyRJhGu2/?taken-by=anggiratnajs

Kutubaru sebenarnya adalah sebuah kain yang menghubungkan lipatan di bagian dada. Biasanya, kain tersebut panjangnya hanya menutupi dada saja, jadi harus dikombinasikan dengan mengenakan kemben, korset, longtorso, kamisol, atau obi untuk menutupi bagian perut. Namun, seiring berjalannya waktu, kutubaru pun banyak yang dibuat lebih panjang hingga menutupi bagian perut, sehingga kita tak perlu memakai dalaman lagi untuk menutupinya. 

Untuk kombinasi bawahannya, model kain batik dengan wiru atau lipatan bisa menjadi pilihan. Dengan memakainya, kamu akan menonjolkan sisi femininmu sehingga tampak lebih anggun. Namun, karena kain berwiru biasanya dibuat pas dan sempit, kamu akan sedikit kurang leluasa untuk bergerak. Bagi kamu yang dinamis dan banyak gerak, mungkin bisa mengombinasikannya dengan rok batik yang agak lebar atau dengan belahan yang lebih tinggi.

Nah, itulah tadi model desain kebaya yang sudah ada sejak zaman dulu tapi tetap tak membosankan untuk dikenakan di zaman yang serba modern ini. Dengan sering mengenakannya, maka kamu juga telah membantu melestarikan satu warisan nusantara ini agar tidak hilang ditelan kemajuan zaman. Masih butuh inspirasi lain? Coba buka https://review.bukalapak.com/fashion/5-inspirasi-kebaya-elegan-untuk-perpisahan-sekolah-38530, ya!


Comments

  1. saya lebih suka kebaya encim, yang ciri khas dengan model krah v nya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.