Mempromosikan Bisnis Melalui Sebuah Website


Sekarang, sudah tidak aneh lagi jika orang memiliki smartphone. Bahkan, dengan modal smartphone ditambah dengan teknologi internet orang bisa berbisnis. Misalnya dengan membuka toko online untuk menjajakan barang dagangan kita. Rugi sekali jika internet tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif seperti untuk berbisnis. Karena internet itu bisa menjangkau berbagai orang di belahan dunia lain sehingga biaya promosi yang harus kita tanggung untuk bisnis kita lebih murah.

Untuk mempromosikan bisnis kita di internet, kita bisa membuat website perusahaan sendiri sehingga orang bisa mengetahui informasi bisnis kita dengan mudah melalui website perusahaan kita. Website adalah bentuk tampilan atau halaman yang berisikan informasi data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. 

Mempromosikan Bisnis Melalui Sebuah Website
pixabay.com

Bagaimana cara membuat website perusahaan? Memang, untuk membuat sebuah website perusahaan, perlu seseorang yang paham bahasa pemrograman. Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak jika ada waktu, atau menyewa jasa pembuatan website.

Agar website kita bisa online dan dibaca oleh orang di semua belahan dunia, kita memerlukan domain dan hosting. Domain adalah alamat dari sebuah website yang akan menuntun orang mengunjungi website kita. Misalnya nih, nama domain blog saya www.rumahmayakania.com. Sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya dikemas dalam suatu bentuk yang dinamakan website. 

Banyak jasa penyedia hosting yang menawarkan promo hosting murah. Salah satunya yang saya tahu adalah https://domainesia.com yang menawarkan hosting murah mulai dari 8000 rupiah per bulan dan 80.000 rupiah per bulan untuk hosting bisnis.

Jangan lupa untuk memasang CDN untuk website perusahaan kita ya, teman. Hmm, istilah apa lagi sih ini? Apa itu CDN? Ya, saya juga baru tahu tentang CDN dan fungsinya. CDN singkatan dari Content Delivery Network, merupakan teknologi terbaru saat ini sebagai bentuk mirroring atau pemantulan content website kita. Dengan memasang CDN pada website, maka content website kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di di server cadangan yang terletak di berbagai negara di dunia.

Mempromosikan Bisnis Melalui Sebuah Website
domainesia.com

Misalnya nih, kita memiliki website yang hostingnya berada di Indonesia. Otomatis jika ada pengunjung dari Jepang yang mendatangi website kita, maka pengunjung website yang berasal dari Jepang tadi akan sangat kesulitan membuka website kita karena jarak dan speed international connection dari kedua negara yang berbeda. Dan biasanya berakhir dengan request timeout.

Oleh sebab itu, dengan memasang CDN di website, meskipun server hosting kita berada di Indonesia, jika terdapat pengunjung website dari Jepang atau negara lain, maka tempat server kita bukan lagi di Indonesia  yang melakukan respon, melainkan server CDN yang berada di Jepang. Selain mudah diakses, website dengan CDN juga bisa meminimalisir kuota bandwith, mampu menarik traffic yang tinggi, dan mengurangi resiko down pada server.

Bagaimana, sudah ada gambaran untuk mempromosikan bisnis kamu melalui sebuah website?

Comments

  1. Terima Kasih sharingnya mba. Ak yg gaptek ini he ngerti dkt

    ReplyDelete
  2. wah kalau ngomongin tentang dunia digital gini berasa gaptek banget, dan baru tau tentang CDN ini memang penting untuk website yaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.