Mengenal Aturan Minum, Cara Menyimpan dan Efek Samping dari Ibuprofen


 

Salah satu obat yang memiliki fungsi untuk meredakan nyeri untuk berbagai kondisi adalah Ibuprofen.  Ini dia beberapa kondisi nyeri yang bisa diobati dengan Ibuprofen:

·       Sakit Kepala

·       Sakit Gigi

·       Sakit Punggung

·       Nyeri Haid

·       Nyeri Otot

·       Asam Urat

·       Arthritis

Selain itu obat yang satu ini juga bisa membantu untuk menurunkan demand an menghilangkan rasa sakit yang ringan misalnya pilek yang di sebabkan oleh flu. Obat yang satu ini bekerja dengan cara menghangi produksi dari zat alami tubuh yang bisa menyebabkan peradangan.

Pada saat seseorang mengalami peradangan, nyeri, dan juga sakit maka tubuhnya akan secara alami menghasilkan sebuah zat kimia yang biasa disebut prostaglandin. Obat Ibuprofen memiliki kemampuan untuk menghentikan tubuuh supaya tidak memproduksi prostaglandin dan rasa nyeri pada tubuh juga akan hilang. Tapi bagi Anda yang ada pada kondisi yang cukup kronis misalnya Anda mengalami arthritis, sebaiknya lakukan konsultasi dulu dengan dokter guna mengobati nyeri yang Anda alami.

 

iburofen

Aturan untuk Minum Obat Ibuprofen

            Aturan minum obat yang satu ini bisa Anda ketahui setiap Anda membeli obatnya, biasanya di dalam kemasan obat ini terdapat panduan untuk meminumnya. Tapi jika Anda masih kurang paham Anda bisa langsung menanyakannya kepada dokter atau apoteker.      

            Aturan biasa untuk minum obat Ibuprofen ini biasanya diminum 4 sampai 6 jam sekali dengan bantuan air putih. disarankan untuk tidak berbaring minimal selama 10 menit setelah Anda meminum obatnya. Bagi Anda yang merasakan sakit perut setelah minum obat ini Anda bisa makanan, minum susu atau meminum Antasida.

            Dosisi untuk minum obat ini pastinya beda-beda, semuanya disesuaikan dengan kondisi Anda, supaya tidak terjadi risiko pendarahan pada lambung atau efek samping lainnya sebaiknya gunakan obat ini dengan dosis yang paling rendah. Jangan sampai Anda meningkatkan dosis pada penggunaan obat ini atau jadi sering mengkonsumsinya.

            Hal yang perlu Anda ingat jika obat nyeri ini akan bekerja dengan sangat baik jika Anda meminumnya saat nyeri terjadi, jangan sampai Anda menunggu rasa nyerinya jadi sangat hebat ya karena bisa membuat obat jadi tidak bekerja dengan baik.

 

Cara Menyimpan Ibuprofen

            Obat yang satu ini sangat baik jika Anda simpan pada suhu ruangan, jauhkan obat ini dari sinar matahari langsung dan juga tempat yang lembab. Untuk beberapa merek obat Ibuprofen mungkin memiliki cara menyimpan yang berbeda. Anda cukup memperhatikan instruksi yang ada pada kemasan obatnya.

            Jauhkan obat ini dari jangkauan anak serta hewan peliharaan Anda. Anda juga tidak boleh menyiram obat ini kedalam toilet atau ke pembuangan kecuali memang ada instruksinya. Selalu cek masa berlaku dari obat ini dan buang jika sudah tidak bisa dimakan lagi. Cara membuangnya sebaiknya Anda konsultasikan kepada orang yang lebih ahli supaya aman.

 

Efek Samping Dari Ibuprofen

            Obat-obatan memang bisa menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi oleh orang tertentu. Efek samping dari obat yang satu ini cukup ringan diantaranya:

·       Sakit perut

·       Maag

·       Diare

·       Sembelit

·       Kembung

·       Pusing

·       Sakit kepala

·       Gugup

·       Gatal

·       Ruam pada kulit

·       Telinga berdenging

·       Kesulitan bernapas

·       Bengkak pada bagian lidah, wajah, bibir, hingga tenggorokan

Jika Anda merasakan beberapa efek samping di atas sebaiknya Anda segera berhenti untuk mengkonsumsi obatnya dan pastikan Anda menghubungi dokter dan beri tahu keadaan Anda. Hal tersebut jika didiamkan tentu saja bisa membahayakan diri Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik