Tips Hemat Waktu Dalam Memasak


Sering terburu-buru dalam memasak? Wah, sebaiknya sih jangan ya, karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Misalnya karena ingin cepat selesai, keseimbangan jadi terganggu dan tangan menumpahkan minyak atau air panas. Masakan juga mungkin jadi kurang sedap karena dimasak dengan terburu-buru dan melupakan berbagai bumbu yang seharusnya dipakai.

Biasanya buru-buru dalam memasak disebabkan karena ada keperluan yang mendesak, sementara harus tetap memasak. Atau, biasanya ibu yang memiliki bayi dan tak punya asisten juga bisa saja memasak dengan terburu-buru karena ingin cepat selesai dan segera memenuhi kebutuhan si bayi. Kalau memang ada keperluan mendesak, lebih baik memasaknya dilakukan nanti dan bisa memesan makanan yang sudah siap santap. Tetapi, jika memang ingin tetap memasak agar hemat biaya, bisa menerapkan tips berikut ini agar memasak jadi hemat waktu.

Food Preparation

Food preparation atau persiapan memasak dilakukan agar pada saat memasak tidak terlalu lama. Food preparation yang dilakukan bisa berupa memotong-motong sayuran dan buah-buahan, membumbui daging dan ikan, atau membuat bumbu dasar untuk beberapa hari pemakaian.


food preparation
Sumber: pixabay


Jangan lupa diperhatikan cara menyimpan berbagai bahan makanan yang kita punya agar tetap segar dan bisa dikonsumsi saat dibutuhkan. Misalnya untuk sayuran yang sudah kita potong, simpanlah pada wadah kedap udara dengan terlebih dahulu diberi alas tisu atau kertas sehingga akan tahan untuk beberapa lama.

Menggunakan Bumbu atau Makanan Instan

Mungkin kita lebih menyukai meracik bumbu sendiri untuk masakan kita, menggunakan yang instan sesekali juga tidak ada salahnya. Lebih baik jika menyediakan bumbu atau makanan instan di rumah untuk hal yang darurat, misalnya ketika lapar berat namun tak ingin memasak lama.


tips hemat waktu dalam memasak
Sumber: pixabay


Bumbu atau makanan instan yang disediakan contohnya bumbu nasi goreng, bumbu ayam ungkep, mie goreng, dan sebagainya. Bahkan banyak juga sekarang ditemukan dengan mudah makanan instan lain seperti bubur ayam kemasan yang tinggal diseduh dengan air panas.

Bisa juga jika ingin menggunakan bumbu racikan sendiri. Misalnya pada saat senggang, buatlah bumbu untuk memasak satu minggu dan simpanlah di kulkas. Nanti pada saat akan memasak, tinggal pakai bumbu tersebut. Memasak jadi hemat waktu dan tentunya bumbu instan racikan sendiri pasti lebih hemat dan sesuai selera sendiri.

Menggunakan kompor gas dua tungku

Ya, akan lebih baik jika menggunakan kompor gas dua tungku jika dibandingkan hanya kompor gas satu tungku, terutama jika memasak masakan lebih dari satu menu. Memilih kompor gas dua tungku juga tidak sembarangan. Pilihlah yang bisa membuat masakan cepat matang, salah satunya adalah kompor gas Hock.


kompor gas dua tungku Hock
Sumber: hock.id


Kompor gas dari brand Hock bisa membuat masakan cepat matang karena burner cap kuningan dan stainless steel nya bisa mendistribusikan api biru secara efisien dan merata. Inilah yang bikin masakan jadi cepat matang, dan tentunya jadi hemat waktu kan.

Kelebihan lain kompor gas Hock adalah materialnya yang berupa stainless steel 304 premium yang dibentuk dengan metode full pressed bisa menghasilkan bodi kompor yang ringan, anti keropos, anti noda, dan kuat menahan beban sampai 175 kg. Tatakan kompor Hock terbuat dari aluminum tebal yang tahan suhu tinggi dan anti keropos, sehingga aman digunakan memasak.

Oh ya, Hock itu adalah produsen alat dapur yang sudah eksis sejak tahun 1968. Selain kompor gas dua tungku, Hock juga punya kompor gas satu tungku dan komersial yang cocok buat mereka yang punya usaha kuliner. Tersedia berbagai metode pembayaran yang memudahkan pembeli. Pusat servisnya juga tersebar di seluruh Indonesia. Silahkan kunjungi website hock.id langsung ya untuk melihat informasi produknya yang lebih lengkap, atau hendak melakukan pembelian.

Nah, kalau kamu, apa tips kamu agar hemat waktu dalam memasak? Yuk, share di kolom komentar!

Comments

Popular posts from this blog

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik