Bacaan Latin Doa Qunut Nazilah Versi MUI Dan Artinya


Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) dan Pengurus Pusat Muhammadiyah mengajurkan setiap umat Islam untuk membaca qunut nazilah didalam sholat fardhu. Ditambah doa dan dzikir setelah sholat wajib dengan harapan agar semoga wabah virus corona atau Covid-19 segera berakhir.

MUI dalam fatwa nomor 14 tahun 2020 menuliskan bahwa umat Islam agar semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, membaca doa Qunut Nazilah disetiap shalat fardhu, memperbanyak shalawat, memperbanyak sedekah, dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya (doa daf’u al-bala’), khususnya dari wabah COVID-19.

Dalam banyak hadits diceritakan bahwa doa qunut nazilah dibaca ketika ada bencana yang menimpa kaum muslim. Peristiwa besar tersebut merupakan bencana atau petaka dengan risiko korban yang banyak dan bertambah. Dengan memanjatkan doa tersebut diharapkan Allah SWT akan memberikan solusi yang terbaik untuk masyarakat.

doa qunut nazilah
Sumber: Pixabay.com


Berikut dibawah ini bacaan latin doa qunut nazilah versi MUI :

“Allaahummahdii fiiman hadaiyt

Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafaiyt

Wa tawallani fiiman tawallaiyt

Wa baarikli fiimaa a’thoiyt

Wa qini syaroo maa Qodloiyt

Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk

Wa innahu laa yadzillu man waalayt

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiyt

Tabaarokta robbanaa wa ta’aalaiyt

Fa lakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt

Astaghfiruka wa natuubu ilaiyk

Allaahummadfa’ ‘annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’ wal Fahsyaa’a wal Munkar

Was Suyuufal Mukhtalifata wasy Syadaaida wal mihan

Maa zhoharo minhaa wa Maa Bathon

Mim Balainaa Hadzaa Khoosshoh wa Min Buldaanil Muslimiina ‘Aammatan

Innaka ‘Alaa Kulli Syaiin Qadiir

Wa shallaahu ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa’alaa aalihi wa Shahbihii wa Sallam”

Artinya :

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang – orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama – sama orang – orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang – orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Doa qunut nazilah dibaca pelan ketika sholat sirriyah, yaitu sholat yang bacaannya tidak keras. Sholat sirriyah ini yaitu waktu dzuhur dan ashar. Sementara ketika sholat jahriyah, doa qunut nazilah ini dibaca keras. Sholat ini meliputi waktu subuh, maghrib, dan isya.

Jika tidak hapal doa qunut nazilah dalam bahasa Arab, maka bisa membacanya dalam bahasa Indonesia. Doa ini tentunya harus dibaca dengan kesungguhan hati agar berdampak positif. Rasulullah SAW diceritakan membaca doa ini ketika mendengar kabar kematian rombongan Al-Quran. Awalnya, rombongan adalah bantuan yang dikirim oleh Rasulullah SAW untuk kaum Ri’il, Dzakwan, Ushoyyah, dan Bani Lahyan. Namun, kaum tersebut berkhianat dan membunuh rombongan Al-Qurra, sehingga Rasulullah SAW membaca doa qunut nazilah.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask

3 Blog Masak Favorit

Semakin Bersyukur di Usia Cantik