Cara Memulai Bisnis Kos

 Baru-baru ini Pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM Pertamina jenis Pertalite dan solar. Kenaikan BBM ini diiringi juga kenaikan bahan pokok yang membuat sebagian masyarakat mengeluh. Menyikapi hal ini, kita sebagai masyarakat biasa tidak bisa berbuat banyak. Mungkin kita hanya bisa melakukan hal yang kita bisa jangkau seperti berhemat atau mencari peluang penghasilan baru. 


Bicara tentang peluang mendapatkan penghasilan, coba deh melirik bisnis kos. Karena masyarakat saat ini semakin dinamis, tidak berdiam di satu kota saja. Terutama untuk mereka yang produktif yang masih menempuh pendidikan, bekerja, atau senang bepergian. Otomatis mereka butuh tempat tinggal untuk menetap selama mereka beraktivitas di daerah tertentu. Apalagi saat ini kondisi covid makin melonggat dan sebagian praktisi kesehatan menyebutnya sebagai flu biasa (ini waktu saya kena covid, dokter saya bilangnya gitu, udah dianggap flu biasa). 

Cara bisnis kos



Kalau punya ruang kosong di rumah, atau rumah terlalu luas, cobalah membuat kamar-kamar untuk disewakan sebagai kos sehingga lebih bermanfaat dan menghasilkan. Namun bisnis kos tidak mudah, kita sebaiknya mencari tahu terlebih dulu cara bisnis kos yang baik. Karena ada banyak yang perlu diperhatikan saat akan membangun bisnis kos. 


Diantara hal yang harus diperhatikan  saat akan membangun bisnis kos adalah biaya atau modal. Tentu saja butuh modal untuk bisnis kos. Sedikit atau banyak itu tergantung dari berapa banyak kamar yang akan disewakan. Modal untuk membangun kamar atau rumah kos bisa dari uang pribadi atau pinjaman dari bank atau keluarga. Jika modal terbatas, lebih baik memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah terlebih dulu dan mempercantiknya sehingga bisa disewakan sebagai kamar kos. 


Bagaimana kita akan memasarkan bisnis kos tentu harus diperhatikan juga agar bisnis kos bisa menghasilkan sesuai yang diharapkan. Kita bisa membuat brosur yang memuat berbagai informasi mengenai kos seperti alamat, fasilitas, dan lain-lain. Atau yang lebih mudah lagi, kita bisa mendaftarkan bisnis kos kita di platform online.


Salah satu platform online bisnis kos yang direkomendasikan adalah mamikos. Mamikos membantu kita sebagai pemiliki bisnis kos untuk memasarkan bisnis kos yang kita miliki. Selain itu, banyak informasi bermanfaat di platform ini mengenai cara bisnis kos yang baik. Bahkan ada juga komunitas yang mewadahi para pebisnis kos. 


Comments

  1. Memang seru, kalau bisa kerja berpindah-pindah kota ya, Mbak. Misalnya bulan ini di Bandung, bulan depan Surbaya, lanjut Makassar. jadi tidak bosan hehehe. Makanya perlu kost, dan ini menjadi peluang bisnis juga untuk membuka kost. paling yang besar itu modal awalnya, selanjutna tinggal menikmati hasilnya hehehe.

    ReplyDelete
  2. Jujur aq juga punya impian pengen punya bisnis kos2an kak, soalnya bisnis kos2an lumayan menjanjikan tapi yang jelas modal awalnya pasti gede banget ya.

    ReplyDelete
  3. Kami sempet tuh terima kos di rumah, tetapi cuma 3 kamar sih. Nah...kayaknya menarik nih kalau bener-bener dibisniskan. Harus profesional lah ya mengelolanya...

    ReplyDelete
  4. wah ... emang pas sih kalau kita mau mulai bisnis untuk gabung dikomunitasnya. Pasti ngebantu banget karena kita bisa belajar dari pengalaman para senior dan tentunya bisa berkembang bersama memperbesar jaringan

    ReplyDelete
  5. Modal ini yang penting ya, Kak. :D. Anyway, aku dulu nyariin ponakan kos juga lewat mamikos. Dan emang lebih mudah sih

    ReplyDelete
  6. Wah terima kasih kak ini artikelnya, jadi masukan nih kalau suatu saat mau bisnis kos-kosan jadi punya gambaran memasarkannya bagaimana

    ReplyDelete
  7. Menarik nih ada platform yang membantu memasarkan bisnis kos-kosan.
    Bagi yang lokasi rumah dekat perkantoran, tempat kuliah, bisa dimaksimalkan kamar yang ada.

    ReplyDelete
  8. Jadi kepikiran untuk membuka usaha kos karena sangat menjanjikan jika dikelola dengan tepat, apalagi dengan bergabung dengan Mamikos ini pasti lebih berkembang usaha kos yang kita punya, jadi kepengen tau lebih jauh tentang Mamikos ini.

    ReplyDelete
  9. Bisnis kos sangat menjanjikan impian dari dulu, apalagi berlokasi di dakat kampus, bisa buat pensiun pas hari tua.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit