Tips Agar Negara Dapat Terbebas Dari Jurang Resesi

 

 

Seperti yang diketahui bahwa saat ini ada banyak negara yang mulai berpotensi untuk masuk jurang resesi ekonomi. Potensi ini telah didukung oleh maraknya virus covid – 19. Adanya virus covid – 19 membuat ekonomi beberapa negara mengalami hasil negatif pada dua kuartal secara berturut – turut. Maka dari itu, berikut tips agar negara dapat terbebas dari jurang resesi antara lain :

 

1.     Mempertahankan daya beli masyarakat

 

Seperti yang diketahui bahwa saat ini beberapa negara memiliki potensi jatuh ke jurang resesi setelah adanya virus covid – 19. Meskipun begitu masih terdapat banyak cara untuk membebaskan suatu negara dari jurang resesi. Salah satunya adalah dengan mempertahankan daya beli masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mempercepat penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat. Bantuan sosial yang dilaksanakan tentunya bisa didukung oleh program lain yang sudah ada sebelumnya.


Tips Agar Negara Dapat Terbebas Dari Jurang Resesi


 

2.     Menjaga ketahanan dunia usaha

 

Di zaman sekarang setiap orang dikhawatirkan akan negaranya yang jatuh ke jurang resesi. Oleh karena itu terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah suatu negara jatuh ke jurang resesi. Cara yang bisa dilakukan di antaranya adalah dengan menjaga ketahanan dunia usaha. Contohnya seperti mempercepat realisasi insentif untuk perpajakan dengan relaksasi aturan lainnya. Perlu diketahui bahwa cara ini juga bermanfaat untuk meminimalisir dampak PHK dan pengangguran.

 

3.     Serius menanggulangi pandemi corona

 

Perlu diketahui bahwa penyebab utama terjadinya resesi ekonomi adalah maraknya covid – 19. Oleh karena itu serius menanggulangi pandemi covid – 19 menjadi salah satu cara untuk membebaskan suatu negara dari jurang resesi. Jika kasus covid – 19 terus meningkat maka akan membuat kepercayaan masyarakat dalam melakukan aktivitas menjadi menurun. Terlebih lagi dengan adanya penanggulangan covid – 19 yang tidak maksimal bisa memberikan risiko pengurasan fiskal negara. Hal tersebut dikarenakan semakin lamanya pandemi maka stimulus fiskal perlu diberikan secara teratur.

 

4.     Menggenjot ekspor dan investasi

 

Di zaman sekarang orang – orang dikhawatirkan mengenai kemungkinan negaranya jatuh ke jurang resesi. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah bisa melakukan sesuatu berupa menggenjot kegiatan ekspor dan investasi. Perlu diketahui bahwa kedua indikator ini memberikan peran penting bagi ekonomi internasional. Terlebih lagi saat kebutuhan rumah tangga menjadi penyumbang ekonomi terbesar. Sedangkan untuk investasi sendiri akan ditentukan oleh kemampuan yang dimiliki pemerintah dalam menangani masalah ini. Dikarenakan hal ini akan memengaruhi tingkat keyakinan investor.

 

5.     Menciptakan lapangan kerja dan konsumsi kelas menengah atas

 

Salah satu tips agar negara dapat terbebas dari jurang resesi adalah dengan menciptakan lapangan kerja dan konsumsi kelas menengah atas. Hal ini bertujuan supaya beban fiskal mengalami pengurangan dan simpanan yang dimiliki oleh masyarakat menengah ke atas mengalami peningkatan. Dengan begini peningkatan beban fiskal pada masyarakat menengah atas bisa masuk ke ekonomi riil.

 

6.     Pemerintah merealisasikan pembangunan yang berkelanjutan

 

Cara agar negara dapat terbebas dari jurang resesi adalah dengan pemerintah merealisasikan pembangunan yang berkelanjutan. Melakukan pembangunan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian. Oleh karena itu pemerintah harus merealisasikan pembangunan yang sudah mereka rencanakan.  

 

7.     Merampingkan gaya hidup yang lebih hemat

 

Melakukan gaya hidup hemat menjadi tips terbebas dari jurang resesi. Perlu diketahui bahwa menerapkan gaya hidup hemat dapat membuat Anda memiliki tabungan serta mengecilkan suatu pengeluaran.

 

Sumber : Fortune Indonesia

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Semakin Bersyukur di Usia Cantik