5 Jenis Bahan Matras yang Baik untuk Latihan Yoga



Olahraga Yoga di Indonesia saat ini memang semakin digemari dan menjadi tren bagi semua kalangan baik kaum muda maupun kaum dewasa. Olahraga dari India ini memiliki arti penyatuan, penyatuan terhadap gerakan tubuh, serta penyatuan terhadap mental. Gerakan olahraga ini yang sangat santai, kalem, serta manfaatnya yang menyehatkan fisik dan juga psikis, membuat kaum hawa menggilai olahraga ini. Keringat yang dikeluarkan juga banyak ketika kalian melakukan yoga terutama akroyoga.  Salah satu alat yang penting untuk mendukung olahraga yoga adalah sebuah matras yoga

Matras sendiri berfungsi untuk memberikan kenyamanan sehingga tubuh di bersentuhan dengan kerasnya lantai, sehingga kalian tidak takut untuk ruam, lecet, maupun kapalan. Apalagi di jaman sekarang olahraga yoga banyak berkembang dan bermunculan aliran-aliran dalam olahraga ini mulai dari tradisional yoga sampai ke modern yoga. Dan banyak aktivitas yoga yang dilakukan secara outdoor. 

5 Jenis Bahan Matras yang Baik untuk Latihan Yoga
pixabay.com
 
Tentunya kalian ingin memiliki matras yoga sendiri bukan ? Sebelum kalian membeli matras untuk olahraga ini, kalian wajib mengetahui jenis bahan matras itu sendiri. Kalian wajib mengetahui bahan matras olahraga yoga ini dikarenakan bagi sebagian orang memiliki alergi bau, serta dengan mengetahui informasi bahan matras, kalian bisa memilih matras sesuai kebutuhan kalian, yang cocok dan nyaman untuk kalian gunakan. Berikut ini adalah 6 jenis bahan matras yoga yang bagus untuk kalian.

PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC adalah bahan matras paling populer karena dijual dengan harga relatif rendah, dan memiliki ragam corak dan desain. Matras berbahan PVC dianjurkan bagi pemula yang baru memulai menggeluti latihan yoga, atau untuk mereka yang hanya menggunakan matras sesekali.
Namun, karena sifat bahayanya yang rentan terhadap air, matras PVC tidak bisa dicuci dengan air. Untuk perawatan harian, Anda cukup menyekanya dengan lap yang sedikit dibasahi. Selain itu, bahan PVC memiliki bau yang khas terutama saat dibeli pertama kali. Tidak dianjurkan untuk kalian yang sensitif terhadap bau.

NBR (Nitrile Butadiene Rubber)

Bahan matras yang satu ini sangat tahan lama serta memiliki elastisitas yang baik. Permukaannya tahan terhadap goresan, dan tidak menyebabkan aus bahkan jika digunakan berolahraga secara intens. NBR sering dipakai sebagai bahan matras di samping PVC. Matras ini cocok untuk pemakaian jangka panjang, meski harganya cenderung tinggi.

PER (Polymer Evironmental Resin)

Dibandingkan dengan PVC, bahan PER memiliki bau yang tidak kentara dan tidak menimbukan dioksin apabila dibakar, sehingga dianggap sebagai bahan yang ramah lingkungan. Selain itu, matras berbahan PER bisa dicuci, maka cocok untuk kalian yang senang menjaga kebersihan. Bobot dan permukaanya memiliki bantalan empuk senyaman matras PVC, tetapi harganya sedikit lebih tinggi dan tidak terlalu banyak beredar di pasaran.

5 Jenis Bahan Matras yang Baik untuk Latihan Yoga
bukalapak.com

 TPE (Thermoplastic Elastomer)

TPE adalah bahan yang bisa didaur ulang dan tidak menimbulkan dioksin apabila dibakar. Elastisitasnya sangat baik, bahkan dengan matras berbahan TPE yang tipis sekalipun, kalian tidak akan merasakan kerasnya lantai. Matras TPE tahan terhadap suhu dingin maupun suhu panas, sehingga nyaman untuk digunkan dalam cuaca apapun. Meskipun begitu, pada saat awal pemakaiannya kalian akan mencium bau yang khas dari produk ini, maka tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki sensitif terhadap bau.

Karet alami

Terbuat dari getah pohon karet, matras yang berbahan karet alami memiliki daya tahan yang paling kuat. Sebagaimana TPE, bahan alami karet dikenal paling ramah lingkungan. Sangat tepat dipakai sebagai bahan matras karena tidak menyebabkan tergelincir. Namun, kekurangannya adalah bobotnya yang berat, sebab lebih tebal dibanding dengan jenis matras lainnya. Selain itu, berhati-hatilah apabila kalian alergi terhadap getah atau bahan karet alami. Matras berbahan alami ini merupakan beberapa matras terbaik yang digunakan oleh industri kebugaran.

Microfiber

Bahan microfiber terdiri dari serat kimia berbahan poliester, nilon, dan sejenisnya. Ciri-cirinya adalah memiliki kepadatan serat yang tinggi. Matras berbahan microfiber memiliki keunggulan dalam menyerap air sekaligus bisa kering dengan cepat, sebab memiliki fitur bahan yang sama dengan handuk. Sangat cocok untuk kalian yang menginginkan matras pribadi dengan variasi warna yang bermacam-macam, warna yang menarik, serta corak yang sangat modis. Jika dibandingkan dengan matras berbahan lainnya, matras microfiber memiliki ketebalan yang tipis. Saat berbaring di atasnya, kalian akan merasakan kerasnya lantai secara langsung.

Comments