Kamu Pecinta Wisata Bahari? Sebaiknya Datang ke Festival Ini



Siapa yang senang dengan wisata bahari? Jika kamu termasuk salah satunya, maka kamu sebaiknya datang ke event ini yaitu Sandeq Race Festival 2018. Sayangnya, festival ini sudah berakhir karena sudah diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 17 Agustus 2018 lalu. Tetapi tak perlu khawatir, semoga di tahun mendatang kamu bisa mengikutinya.

Sandeq adalah perahu tradisional Suku Mandar, salah satu kelompok etnis tertua di Austronesia. Sebagai ikon kebanggaan Sulawesi Barat dan dianggap sebagai kapal tercepat di dunia tanpa mesin, sandeq bisa berlayar selama 20 sampai 30 knot (50 km / jam). Wah keren ya, makin bangga nggak tuh dengan Indonesia.

sandeq race festival 2018
merdeka.com

Di jaman dulu, perahu ini digunakan sebagai transportasi untuk berdagang dan menangkap ikan di laut. Passandeq  atau Pelaut Mandar, melakukan inovasi dan tubuh Sandeq lebih dirampingkan. Sandeq pun dilombakan untuk menguji kecepatan dan ketangkasannya membelah ombak di lautan. Sandeq Race dikenal dengan perlombaan perahu tradisional dengan Tag Line “The Hardest, The Longest and The Fastest”.

Pada tahun 2018 ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sudah melaksanakan Sandeq Race Festival 2018 pada tanggal 11 - 17 Agustus 2018 lalu. Acara ini telah masuk dalam agenda nasional dalam Top 100 Wonderful Indonesia Events sehingga menjadikan acara ini akan lebih meriah dan banyak disaksikan wisatawan. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Sandeq Race Festival diikuti 22 peserta. Tahun ini, Sandeq Race 2018 tidak mengambil rute Makassar. Rute yang diambil adalah Polewali-Majene, Sendana dan berakhir di perairan Mamuju. Pada hari pertama, 11 Agustus 2018, pada rute lomba segitiga Polewali akan digelar lomba gasing, pentas seni dan penanaman mangrove. 

Pada tanggal 12 Agustus 2018, Sandeq Race melewati rute 1 Polewali menuju Majene dan digelar berbagai atraksi diantarana atraksi kesenian lokal, flashmob SEA Games, tari penjemputan, pelepasan Sandeq Race dan sosialisasi KPU oleh KPU Polewali Mandar.

sandeq race festival 2018
merdeka.com


Pada 13 Agustus 2018 di lomba segitiga Majene, ada pentas seni, panjat pinang, pemutaran film dokumenter dan sosialisasi KPU oleh KPU Provinsi Sulbar. Sedangkan pada 14 Agustus 2018 di rute 2 Majene menuju Sendana, ada pesta kuliner rakyat, lomba lepa-lepa, pentas seni, voli pantai yang digelar oleh kepala desa setempat, lomba senam yang digelar oleh PKK dan perpustakaan keliling yang ditangani oleh Dinas Perpustakaan.

Pada 15 Agustus 2018 di rute 3 Sendana menuju Deking, akan ada pentas seni, lomba lepa-lepa, dan pemutaran film dokumenter. Hari terakhir, yaitu pada 17 Agustus 2018 di lomba segitiga Mamuju akan ada lomba mewarnai, lomba segitiga dan hiburan rakyat. 

Banyak sekali kan kegiatanya dan yang pasti seru karena perpaduan tiga hal. Atraksi budaya yang dipadukan dengan wisata bahari dan sport tourism pasti akan sangat menarik banyak perhatian wisatawan. Hal itu hanya bisa disaksikan di Sandeq Race Festival. 

Untuk menyaksikan Sandeq Race 2018 sekarang lebih mudah. Melalui udara, Mamuju memiliki Bandara Tampa Padang. Tentang akomodasi pun tak perlu khawatir, karena tersedia puluhan hotel atau penginapan bisa dipilih sesuai selera dan dana yang kita miliki.

Agenda tahunan ini selalu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Ratusan wisatawan asing dari lima negara seperti Rusia, India, Denmark, Malaysia dan Korea Selatan tidak pernah absen menyaksikan Festival Sandeq Race. Tahun depan, semoga kamu jadi salah satu wisatawan yang memeriahkan festival ini ya.


Comments

  1. Belum pernah mba aku nonton festival seperti itu,

    Sepertinya menarik,bule aja pada datang itu. Masa aku diam saja di rumah,kali aja tahun depan ada kesempatan

    ReplyDelete
  2. Wah wisatawan mancanegara aja udah banyak yang dateng ke festival ini ya. Aku orang Indonesia asli malah baru tahu tentang festival ini

    ReplyDelete
  3. Aku baru tahu ada festival ini. Bisa jadi destinasi wisata yang keren deh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.