Ke Kuningan, Yuk!



“Darimana asalnya mba?”
“Kuningan”
“Kuningan Cirebon atau Kuningan Jakarta?”

Begitulah, seringkali saat saya menceritakan asal daerah saya, orang lebih mengenal Cirebon daripada Kuningan itu sendiri. Atau, kadang-kadang tidak tahu sama sekali dimana itu Kuningan. Wajar saja sih, Kuningan itu merupakan kota Kabupaten kecil di Jawa Barat yang luasnya hanya 1.197 km2. Untuk menuju Kota Kuningan, bisa melewati Cirebon yang juga sebagai kota transit untuk menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Timur. Cirebon juga lebih luas dan ramai dibandingkan Kuningan, sehingga tentu saja Kuningan kalah terkenal dengan Cirebon.

 
gunung ciremai
gunung.id

Tapi untuk urusan tempat wisata, Kuningan tak kalah dengan Cirebon, terutama wisata alamnya. Banyak tempat wisata di Kuningan yang menjadi tujuan para pelancong dari luar Kota Kuningan. Salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Ciremai yang merupakan salah satu tujuan pavorit para pecinta alam. Bagian barat Kota Kuningan memang berupa pegunungan, dengan puncaknya Gunung Ceremai (3.076 m) yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka. Gunung Ceremai sendiri adalah gunung tertinggi di Jawa Barat yang sering menjadi tujuan pendakian para pecinta alam.

Jika tak ada waktu mendaki namun ingin tetap merasakan sensasi wisata pegunungan di Kuningan, kita bisa mengunjungi Wisata Palutungan di Desa Cisantana, Cigugur, Kuningan, yang akses lokasinya lebih mudah. Tempat ini masih dalam kawasan Gunung Ciremai dan sering dijadikan sebagai tempat berkemah. Disini, selain berkemah kita bisa juga menikmati udara yang segar, berbagai permainan outbound, dan segarnya air terjun alami Curug Ciputri dan Curug Landung yang terletak di dalam area Wisata Palutungan. Oh ya, tiket masuk Wisata Palutungan sekitar 20 ribu per orang (dewasa).

palutungan
Curug Ciputri, palutungan (dokumen pribadi)
 
Kalau di Curug Ciputri airnya dingin dan segar, lain halnya di Desa Sangkanhurip. Disini, banyak tersedia pemandian air panas yang menjadi tujuan wisata yang tak kalah menarik untuk para pelancong dari luar Kota Kuningan. pemandian air panas Sangkanhurip adalah tempat favorit keluarga untuk relaksasi, mengendurkan otot yang tegang dengan mandi di kolam air panas yang mengandung belerang. Salah satu tempat yang pernah saya kunjungi untuk menikmati mandi air panas adalah Grage Sangkan Hotel & Spa yang tiket masuknya hanya sekitar 25 ribu rupiah tahun lalu. Disini selain mandi air panas, kita bisa juga menikmati berbagai saran rekreasi seperti memancing, naik kuda, outbound, mengendarai ATP, dan memberi makan kelinci.

Grage Sangkan Hotel & Spa
Grage Sangkan & Spa yang menyediakan kolam air panas (dokumen pribadi)

Waduk Darma juga sayang jika dilewatkan jika kita sedang liburan ke Kuningan. Selain digunakan sebagai pengairan sawah-sawah di Kuningan, Waduk Darma juga dikembangkan sebagai tujuan wisata. Udaranya yang sejak dan pemandangannya yang indah, pasti membuat kita berlama-lama disini. Apalagi, disini juga tersedia homestay yang bisa digunakan untuk menginap serta tersedia berbagai sarana rekreasi yang bisa dinikmati seperti naik perahu keliling waduk. Waduk Darma berjarak sekitar 12 km dari Kota Kuningan atau sekitar 37 km dari Cirebon.

waduk darma
kuningankab.go.id

Ingin menikmati wisata sejarah nan murah meriah di Kuningan, juga bisa kok. Karena di sini ada satu tempat bersejarah yang sering dibahas dalam buku sejarah Indonesia. Apalagi kalau bukan Museum Linggarjati yang terletak di Desa Linggarjati, tak jauh dari Desa Sangkanhurip. Gedung ini merupakan saksi sejarah perundingan Bangsa Indonesia dengan Penjajah Belanda pada 10-13 November 1946. Tempat ini masih dirawat dengan baik dan perabotannya sama seperti dulu dibuka setiap hari untuk para pengunjung. 

Tak jauh dari Museum Linggarjati, terdapat Obyek Wisata Linggarjati seluas 11,5 ha yang menyediakan berbagai sarana rekreasi untuk keluarga. Disini, kita bisa berkemah, berenang, memancing, bermain sepeda air, dan sebagainya. Obtek wisata ini jaraknya sekitar 14 km dari Kota Kuningan dan 26 km dari Kota Cirebon. 

museum linggarjati
indonesiakaya.com

Semua tempat wisata di Kuningan, dapat diakses dengan kendaraan umum yang ada. Namun umumnya kendaraan umum hanya melewati jalan raya saja. Jadi, ada baiknya kita menggunakan jasa rental mobil di Cirebon atau Kuningan agar lebih leluasa, terutama jika membawa anggota keluarga. Pilihlah mobil yang nyaman karena perjalanan ke tempat wisata yang bernuansa pegunungan kadang-kadang menemukan jalanan yang luar biasa naik dan turunnya. Misalnya saja mobil Hiace keluaran Jepang yang di Indonesia banyak tersedia dalam bentuk minibus sehingga memuat semua anggota keluarga.

Nah, salah satu jasa rental Hiace di Cirebon adalah Happy Car Rental yang selain menyewakan mobil Hiace juga tersedia mobil lainnya untuk disewakan. Seperti Avanza, Isuzu, atau Kijang sehingga kita bebas memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang ada. Dan yang pasti, jalan-jalan di Kota Kuningan jadi lebih nyaman karena Happy Car Rental menyewakan mobil beserta supirnya, harga sewanya pun bisa dinegosiasikan.

rental mobil di cirebon


Untuk lebih lengkap tentang Happy Car Rental bisa anda klik tautan di atas atau hubungi nomor telepon 081298476511, 08156407913, dan whatsapp 082120982211. Kami tunggu di Kuningan ya!

Comments

  1. Terakhir ke Kuningan 3 tahun lalu. Ke Linggarjati dan kemudian nginep di rumah temen. Enak, adem cuacanya.

    ReplyDelete
  2. sekitar mandirancan banyak loh dari wisata hutan pinus, telaga sampai curug

    ReplyDelete
  3. Dari Cirebon ke Kuningan masih lumayan jauh, ya? Kayaknya memang lebih enak pakai kendaraan pribadi

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.