5 Fakta Tentang Pemilik Blog Rumah Maya Kania


Hmm, bicara tentang diri sendiri sebenarnya banyak sekali hal yang harus dibenahi. Tapi, baiklah beberapa fakta berikut ini mudah-mudahan bisa membuat pembaca blog ini semakin mengenal pemilik blog Rumah Maya Kania sehingga tali silaturahim terjalin :)

Pertama, saya sebenarnya memiliki 4 anak. Ya, di blog saya yang bertema keluarga saya memang sering bercerita tentang  keseharian bersama dua anak saya, yaitu anak pertama dan ketiga. Namun, sebenarnya saya memiliki 4 anak. Anak kedua saya tidak bisa hadir ke dunia karena saya mengalami keguguran saat mengandungnya di trimester awal sekitar tahun 2009 akhir. Kalau menurut agama, 4 bulan baru dihembuskan ruh ke janin ya. Tapi, tetaplah janin tersebut merupakan calon anak saya yang kedua, sehingga tetap saja saya perhitungkan keberadaannya. Kemudian Allah SWT menitipkan lagi amanah anak ke-4 yang saat ini masih berada di rahim dan akan hadir ke dunia beberapa bulan mendatang, inshaallah. 

Kedua, saya kuliah di bidang administrasi perkantoran tapi minat cenderung pada kegiatan menulis. Ya, administrasi perkantoran dengan menulis sebagian besar tidak ada kaitannya kecuali dalam hal tulis menulis dokumen. Namun meski begitu, keduanya memiiki pengaruh dalam kehidupan saya. Saat saya bekerja di sebuah perusahaan penerbitan sebagai staf administrasi sekitar tahun 2003, ilmu administrasi sedikit banyak terpakai di dunia kerja, walaupun ternyata pada prakteknya ada yang berbeda dengan saat kuliah. lalu, saya juga bisa sekalian belajar menulis dari lingkungan perusahaan penerbitan yang memiliki banyak staf bertalenta di bidang menulis.

Ketiga, saya pernah berprofesi sebagai pengajar sekitar tahun 2010. Ya, saat ini saya memang ibu rumah tangga yang banyak beraktivitas di rumah dengan aktivitas menulis blog dan berjualan secara online sebagai kegiatan sampingan. Namun, selain pernah bekerja sebagai staf administrasi di perusahaan penerbitan, saya juga pernah bekerja sebagai tenaga pengajar di sebuah sekolah swasta di Tangerang Selatan. 

guru
foto kenangan saat masih mengajar

Ini adalah bidang yang baru buat saya saat itu. Mengajar sebenarnya bukanlah keahlian saya karena gaya komunikasi saya yang kurang luwes. Namun, dengan modal senang berinteraksi dengan anak-anak, saya nekad mendaftar sebagai pengajar dan diterima. Syukurlah, ada berbagai training mengajar yang digelar sebelum seorang pengajar mulai mengajar, sehingga setidaknya ada bekal ilmu mengajar.   

Keempat, saya pernah kuliah S2 mengambil jurusan ekonomi syariah sekitar tahun 2008. Ya, saat itu saya sedang tertarik untuk mempelajari ekonomi syariah dan sedang ada penawaran kuliah pasca sarjana ekonomi syariah dari sebuah universitas swasta di Jakarta dengan biaya yang cukup terjangkau kala itu. Namun, mungkin bukan rejeki. Walaupun biaya kuliah terjangkau saat itu, ternyata masih ada dana yang harus dikeluarkan untuk pengasuh anak, modul kuliah, ongkos transportasi, dan sebagainya, sementara sumber penghasilan hanya dari suami. Saya harus melepaskan pendidikan saya untuk kembali ke keluarga. Rumah tangga yang baru dibangun dengan anak masih satu, lebih perlu mendapat perhatian saya. 

Kelima, saya pernah menerbitkan sekitar 9 buah buku. Memang sebagian besar adalah buku antologi yang ditulis bersama-sama dengan penulis lain, tapi tetap saya bangga dengan sedikit pencapaian itu hehe dan ingin mengulanginya lagi dengan karya berikutnya. Doakan ya. Ini dia buku yang pernah saya terbitkan.
  1. Novel Anak "Sekolahku", Penerbit Puspaswara 
  2. Antologi cerpen remaja "Nana Jatuh Cinta", Penerbit Dar!Mizan.
  3. antologi cerpen "Can You Keep The Secret?", ShofieMedia, 2005.
  4. Novel remaja "Supergirl Patah Hati", Penerbit Puspaswara
  5. Antologi cerpen "Yang Datang Berulang", Penerbit Malka.
  6. Antologi kisah nyata "Hati Ibu Seluas Samudera", Penerbit Sixmidad, 2014.
  7. Antologi tulisan "Ramadhan In Love", Penerbit Indiva, 2015.
  8. Antologi tulisan “8 Hari Menuju Kematian”, Penerbit Sixmida, 2018.
  9. Antologi tulisan “Wanita Punya Cerita”, akhir tahun 2018 ini inshaallah akan terbit.

ramadhan
salah satu buku saya bersama penulis lain

Comments

  1. Soal yang melepas pendidikan S2 itu, Mba. Pada akhirnya kita mesti memilih ya, Mba. Saya juga ingin melanjutkan pendidikan akademis tapi banyak hal yamg harus dipertimbangkan. Ya mungkin jalannya harus seperti sekarang ini. Tetap semangat!

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.