Memilih Nama Untuk Blog



Blog pertama saya di blogger.com sebenarnya bukanlah blog ini, namun blog yang satunya lagi yang bertema keluarga. Blog tersebut sebagian besar adalah cerita keseharian saya bersama keluarga. Seiring dengan perjalanan menulis di blog, lalu saya membuat blog lagi yang ini untuk menampung tulisan di luar tema keseharian keluarga, juga untuk menampung job tulisan yang temanya di luar keluarga.

Memilih nama untuk blog baru ternyata gampang-gampang susah. Blog ini juga sempat berganti nama berapa kali sebelum saya memastikan memilih nama blog yang sekarang. Buat saya, memilih nama blog seperti memilih nama untuk anak. Nama blog harus yang mudah diingat orang, sehingga kalau orang mau berkunjung lagi ia tak mudah lupa nama blog saya.

Nama blog juga seharusnya menggambarkan isi sebagian besar blog. Nah, saya sempat bingung nih, karena blog ini isinya macam-macam, tidak hanya satu tema, tetapi sebagian besar memang bertema perempuan dari hasil tulisan saya maupun klien yang menitipkan tulisan di blog ini (content placement). Tetapi, lalu saya terbersit begitu saja menamakan blog ini dengan nama Rumah Maya Kania.

memilih nama blog

Nama Rumah Maya Kania bagi saya sudah mudah diingat dan menggambarkan isi blog. Rumah Maya artinya kira-kira begini, tempat yang nyaman di dunia virtual bagi seorang perempuan bernama Kania untuk menuangkan tulisannya. Mudah-mudahan sih nama Rumah Maya Kania sudah menggambarkan isi blognya ya. 

Namun gara-gara nama blog Rumah Maya Kania, seringkali pengunjung blog saya mengira nama pemilik dan penulis blog ini bernama Maya dan memanggil saya dengan nama Maya di kolom komentar. Padahal sih sudah ada halaman Tentang Saya atau fitur Visit Profile di blog. Yah, wajar saja sih ada kesalahpahaman karena memang terkesan ambigu ya nama blognya. Wajar juga kalau pembaca blog tidak teliti dalam membaca blog orang lain, hehe. Mungkin mereka sedang fokus membaca tulisan yang dimaksud atau belum mengenal pemilik blognya, dimaklumi saja.

Sampai sekarang, belum terpikir untuk mengganti nama blog dengan nama lain. Bagaimana dengan anda, teman blogger, bagaimana anda memilih nama blog yang sekarang?

#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018

Comments

  1. saya juga ngiranya begitu lho mbak. namanya mbak itu maya. hehehhe..
    bukan ya ternyata.

    ReplyDelete
  2. Eeeh iya, betul juga ya namanya jadi ambigu. Kalau buat yang nggak kenal dan nggak ngelirik page Tentang Saya-nya mbak Kania mungkin menyangka nama lengkapnya Maya Kania. Kalau nama blog aku sih kayanya udah kebaca deh mbak, Talkative Tya karena emang aku orangnya ceriwis dan suka ngobrol. Selain itu pas banget dua kata itu berima. Jadi deh.

    ReplyDelete
  3. milih nama blog itu gampang-gampang susah buat aku, nentuinya butuh waktu lebih dari sebulan :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.