Saya Menulis Blog Karena…



Sudah lebih dari 10 tahun saya menulis blog. Jika teman-teman pernah membaca blog saya ini, saya pernah bercerita bahwa saya memulai menulis blog pada masa kuliah pada tahun 2000an awal. Masa itu, masih dikenal yang namanya platform media sosial Friendster dimana ada fitur untuk menulis blog. Disanalah blog pertama saya dimulai. Lalu, setelah Friendster tiada, saya membuat blog baru lagi di Multiply pada sekitar tahun 2007an. Saat Multiply ditutup, barulah saya membuat blog lagi sekitar tahun 2009an di Blogger.com yang merupakan bagian dari Google.

Mungkin banyak orang yang bertanya, kenapa sih kamu menulis di blog? Toh nggak ada yang bayar dan menghabiskan kuota internet saja. Ada beberapa alasan kenapa saya menulis di blog. 

saya menulis blog karena
pixabay.com


  1. Menyimpan dan Mewariskan Kenangan Indah Keluarga
Ini alasan pertama saya menulis blog. Berbagai momen indah dengan keluarga, sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Dengan menuliskannya di blog, kenangan bersama keluarga akan tersimpan dan bisa dibaca lagi suatu saat sebagai warisan untuk anak dan cucu. Tulisan di blog (terutama blog yang gratis) akan tersimpan selamanya, selagi penulisnya tidak menghapusnya.

  1. Terapi Jiwa
Ya, menulis bagi saya adalah terapi jiwa, sebuah kesenangan yang didapat untuk jiwa. Dengan menulis, saya bisa menuangkan keluh kesah saya dalam bentuk tulisan. Seperti orang normal lainnya yang ketika hatinya gundah perlu pelampiasan dengan curhat pada orang lain. Jika tidak ada yang bisa diajak bicara, maka saya menulis untuk menenangkan hati. Memang tidak harus menulis blog untuk terapi jiwa. Blog hanyalah satu media bagi saya untuk menuliskan isi hati dan pikiran. Media ini saya pilih karena saya terkadang saya bisa menemukan orang yang memiliki masalah yang sama sehingga kita bisa saling berbagi pengalaman.

  1. Menyalurkan Hobi
Menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan buat saya. Saya melakukannya karena hobi, dibayar atau tidak. Mempunyai kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan, bisa menjadi penyeimbang dalam hidup. Menulis di blog bisa mempertemukan penulisnya dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. 

  1. Mengingat Berbagai Momen Dalam Hidup
Sejak kelahiran anak kedua, saya mengalami hal dimana saya serng sekali melupakan sesuatu. Contoh kecil, saat anak saya bilang A, beberapa detik kemudian saya lupa anak saya bilang apa. Saya sampai takut mengalami demensia dini dan melupakan berbagai momen dalam hidup, terutama dengan keluarga. Setelah saya baca berbagai sumber artikel di internet, salah satu penyebab hal ini mungkin adalah stress. Maka yang saya lakukan adalah berusaha bahagia dan menulis di blog untuk mengingat berbagai momen dalam hidup, sebagai antisipasi jika saya mengalami lupa yang parah.

  1. Mendapat Penghasilan Sebagai Bonus
Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini menulis blog bisa juga digunakan sebagai kesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Bisa anda baca selengkapnya tentang hal ini di tulisan saya tentang “Blogging Sebagai Hobi Yang Menghasilkan”. Alhamdulillah, bonus dari menulis.
Bagaimana dengan anda, teman, kenapa anda menulis blog? Share yuk di kolom komentar.

#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018

Comments

  1. Menulis blog ternyata banyak manfaatnya ya mbak...

    ReplyDelete
  2. Wah..udah lama juga ya mba mulainya aku masih nubi banget nih baru setaunan dan mulai juga karena iseng di ajak teman..tapi sekarang udah dapet feel nya..doakan konsisten ya mba.. Salam kenal 😊

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, ngeblog-ku juga diawali dari hobi menulis. Menulis di blog seperti menulis di diary sendiri, bebas mau nulis apa saja. Alhamdulillah, meski belum seberapa namun bonus dari ngeblog yakni berupa materi juga sudah pernah dirasakan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.