Memilih AC, Yang Hemat Listrik Dong!


Memiliki rumah di perkotaan, sekarang tidak lengkap rasanya jika tidak dilengkapi dengan Air Conditioning (AC). AC dirasakan sekali manfaatnya jika udara sedang panas-panasnya di luar rumah. Berada di dalam rumah yang sejuk lebih nyaman ketimbang berpanas-panas di luar, pastinya.

Memilih AC untuk kebutuhan di dalam rumah harus cermat. Jangan sampai salah memilih AC yang boros dan cepat rusak. Yup, sebagai ibu rumah tangga yang cukup perhitungan dengan pengeluaran keuangan rumah tangga setiap bulannya, saya pasti akan memilih AC yang bisa menghemat listrik jika ada.


Sst, sekarang ada ternyata AC yang hemat listriknya nggak ketulungan. Sudah tahu belum? Sudah tak asing dengan LG dong, produsen AC asal Korea Selatan ini meluncurkan AC LG DUALCOOL With Watt Control yang berbeda dari AC Inverter kebanyakan.  AC LG DUALCOOL With Watt Control memiliki keunggulan dalam pengaturan watt listrik sehingga bisa hemat berlipat. 

AC LG DUAL COOL with watt control


Bagaimana cara kerja AC LG DUALCOOL With Watt Control sehingga bisa hemat berlipat?

Begini nih, AC LG DUALCOOL With Watt Control ini memiliki 4 mode pengaturan daya listrik, yaitu bekerja 100 persen, 80 persen, 60 persen, dan 40% dari kebutuhan listrik seharusnya. Hanya dengan menekan remote control, pengaturan daya listrik dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.  

Jika saya mempunyai AC LG DUALCOOL with Watt Control tipe E06SV4 (Smart Model) berkapasitas 1/2 PK 495 Watt di rumah, saya bisa mengatur 80 persen penggunaan dengan cara menekan tombol Watt Control pada remote. Seketika daya yang dikonsumsi AC LG DUALCOOL with Watt Control tipe E06SV4 yang saya miliki berubah menjadi 419 Watt. Saya pun bisa menghemat hingga 76 Watt, setara dengan TV LED 32 inch.

Pun, ketika saya melakukan dua kali tekan tombol Watt Control. Penghematan daya sebesar 60 persen bisa dilakukan. Daya yang dikonsumsi hanya 312 Watt. Artinya,  saya menghemat 183 watt, setara dengan mesin cuci front loading 7 kg. Begitu pula dengan penghematan daya hingga 40 persen. Saya cukup menekan tombol Watt Control sebanyak tiga kali. Otomatis daya yang dikonsumsi hanya 215 watt. Saya pun bisa berhemat hingga 280 Watt.

AC LG DUAL COOL with watt control


Asyik banget nggak tuh, saya tidak perlu mematikan alat elektronik lain jika menggunakan AC karena takut listrik turun. Saya bisa bersantai dari kegiatan rutin sambil menyalakan AC dan juga menonton acara TV kesayangan bersama keluarga. 

Oh ya, penggunaan AC yang hemat listrik juga tergantung kebiasaan kita menggunakan AC loh. Walaupun udara sangat panas di luar rumah, jangan paksakan AC untuk lebih dingin karena hal itu justru akan merusak AC yang kita punya di rumah. Penggunaan AC umumnya berada di rentang 16-18 derajat Celsius. Kalau ingin lebih dingin lagi, cukup di rentang 22 derajat Celsius.

Jangan lupa, jendela dan pintu juga harus ditutup rapat dan jangan sampai ada celah sehingga tidak membuat listrik menjadi boros. AC juga harus dikontrol dan dirawat secara berkala, minimal 2 bulan sekali AC harus dibersihkan. Jika tidak, filter udaranya akan cepat kotor sehingga beban kerja AC meningkat. Listrik pun jadi boros. 

Oh ya, AC LG DUALCOOL terdiri dari beberapa tipe yang bisa kita pilih loh.

  1. AC LG DUALCOOL Deluxe
AC inverter hemat listrik ini memiliki fitur ionizer yang menjaga kulit tidak kering. Berlama-lama merasakan sejuknya AC ini tidak kuatir membuat kulit kering. Tipe AC LG DUALCOOl Deluxe ada yang 1PK (P10RV3), ½PK (P13RV3), 1PK 630 Watt dengan SmarthinQ, 1.5PK 920 watt dengan SmarThinQ, serta 2PK 1420 Watt dengan SmarThinQ. 

  1. AC LG DUALCOOL Eco
AC LG DUALCOOL Eco yang juga hemat listrik ini memiliki teknologi Microdust dan membuatnya anti bakteri. Tipe AC LG DUALCOOL Eco yang bisa dipilih cukup beragam diantaranya AC LG DUALCOOL Eco with Watt Control Eco 0.5PK (T06EV4), 1PK (T10EV4), 1.5PK (T13EV4), 2PK (T19EV4), dan seterusnya. 

AC LG DUAL COOL with watt control


  1. AC LG DUALCOOL Smart
AC inverter LG Dual Cool Smart terbukti hemat listrik dengan teknologi inverter terkini. AC ini hemat energi dengan optimalisasi kerja dan mencegah debu kotor terhirup pengguna. Tipenya ada yang 0.5PK (E06SV4), 1PK (E10SV4), 1.5PK (E13SIV4), 2PK (E19SIV4), dan seterusnya.

Dari semua tipe AC LG DUAL COOL di atas, semuanya punya keistimewaan masing-masing. Pastinya, semuanya hemat listrik. Pilih AC LG DUAL COOL yang mana, tergantung dana yang kita punya dan kebutuhan akan AC di rumah pastinya. Ssst, beli AC LG DUALCOOL di periode promo 4 Desember 2018 sampai 14 Januari 2019 dapat hadiah langsung loh. Cek aja informasi lengkapnya di website LG!

Comments

  1. AC LG DualCool with Watt Control ini recomended ya mbak...bisa jadi referensi saat ingin membeli AC yg hemat listrik. Dengan pilihan berbagai tipe tentunya membuat kita bisa memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.

    ReplyDelete
  2. Nice info mba. Memang musti rajin perawatan berkala biar ACnya jg tahan lama

    ReplyDelete
  3. waaaah terima kasih infonya Mba, AC ini emang kudu pilih2 banget sebelum beli, barang yang menurutku agak rewel hehehe

    ReplyDelete
  4. memang perlu yg irit ya biar gak besar tagihan listriknya

    ReplyDelete
  5. mau bilang pak suami ahh biar di beliin AC LG, lumayan hemat listrik kantong emak aman hehee

    ReplyDelete
  6. AC LG canggih banget ya mba, ada teknologi yang bisa menghemat biaya pengeluaran listrik bulanan..

    ReplyDelete
  7. Bagus nih ya buat hemat listrik kalau pakai AC iniii

    ReplyDelete
  8. Wajib banget pilih AC yang hemat listrik, agar tagihan listrik di rumah tetap stabil.

    ReplyDelete
  9. Garansinya sampai 10 tahun. Kualitas AC LG ini pun emang keren banget.

    ReplyDelete
  10. AC LG ini emang idaman banget deh. Fitur Watt Control-nya bikin hemat listrik banget.

    ReplyDelete
  11. Fitur watt control nya emang keren banget, inovatif..
    Pasti emak emak pada suka nih..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.