Berbagai Macam Pengobatan Medis Untuk Penyakit Kanker Payudara



Apakah saat ini anda sedang mempertimbangkan untuk mengobati penyakit kanker payudara? Jika benar demikian, maka perlunya anda mengetahui berbagai macam metode pengobatan kanker yang bisa mematikan ini. Metode perawatan kanker payudara bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang dilakukan dengan cara pengobatan secara medis maupun pengobatan secara non medis. Secara medis ada metode pengobatan kanker payudara yang dengan melakukan operasi, dan ada juga yang pengobatan secara sistemik, yang mana dapat diberikan melalui oral (mulut) atau bisa langsung juga diberikan ke aliran darah. Adapun metode pengobatan secara sistemik ini adalah sebagai berikut :

kemoterapi


  1. Terapi tertarget, pengobatan dari terapi tertarget ini bisa menyerang kelainan spesifik di dalam sel-sel kanker yang menyerang payudara. Jenis obat yang digunakan dalam terapi tertarget ini sepeti diantaranya everolimus, palbociclib, lapatinib, pertuzumab, tratuzumab, ado-tratuzumab dan lain sebagainya.
  2. Terapi Hormon, Pengobatan yang biasa digunakan dalam terapi hormon ini seperti diantaranya obat-obatan yang menghentikan tubuh agar tidak menciptakan estrogen setelah menopause, obat-obatan yang menghambat hormon agar tidak melekat ke sel-sel kanker dan masih banyak lagi jenis obat lainnya. Terapi hormon ini sering digunakan untuk pengobatan kanker payudara yang sensitif terhadap hormon.
  3. Kemoterapi, kemoterapi ini dilakukan untuk mencegah kanker yang diderita pada seorang wanita, untuk kambuh kembali. Biasanya hanya dilakukan sebelum dilakukan operasi pada wanita yang tumornya berukuran besar, karena tujuan dari kemoterapi ini adalah untuk mengecilkan ukuran tumor yang cukup besar, sehingga lebih mudah untuk diangkat selama operasi nanti.
Sementara untuk metode penyembuhan operasinya adalah sebagai berikut :

       Lumpektomi, lumpektomi ini biasanya hanya dilakukan pada saat tumor masih tergolong dalam stadium awal, ataupun tumor yang ukurannya masih kecil.
       Mastektomi, adalah merupakan operasi untuk menghilangkan seluruh jaringan pada payudara lobulus, saluran ASI, jaringan lemak, dan beberapa bagian kulit di sekitar payudara.
       Pengangkatan kedua payudara, beberapa penderita kanker di satu payudara bisa memilih metode pengangkatan payudara yang satunya lagi, agar sel kanker di payudara tersebut tidak bisa menyebar semakin jauh lagi.
       Pengangkatan beberapa kelenjar getah bening, dilakukan apabila ditemukan sel kanker berada di sekitar biopsi kelenjar getah bening saja.
       Pengangkatan sejumlah kecil kelenjar getah bening, untuk menentukan apakah kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening, jika tidak ada maka tidak perlu mengangkat kelenjar getah bening lainnya.
Dapatkan informasi lebih lengkapnya mengenai penyakit ganas ini, di situs dan aplikasi kesehatan terbaik saat ini yang ada di Indonesia, yakni di https://www.guesehat.com/.

Comments