Mampir Ke Turki Setelah Ibadah Dari Baitullah




Mampir ke Turki Setelah Ibadah ke Baitullah. Yup, mengunjungi dan beribadah ke Baitullah selalu menjadi tujuan dan cita-cita pertama saya. Rasanya, tak akan ada yang mengalahkan Baitullah sebagai Negara yang paling ingin dikunjungi. Tentu saja untuk beribadah. Setelah itu, barulah mampir ke negara sekitarnya untuk berwisata. Dan Turki adalah salah satu Negara yang ingin saya kunjungi sebagai tujuan tempat wisata. 

Kenapa Turki? Karena di sana banyak sekali jejak sejarah Islam yang ingin saya kunjungi. Turki adalah sakis sejarah kejayaan Islam di masa silam. Salah satu bangunan bersejarah di Turki yang menjadi tempat tujuan wisata yang paling polpuler adalah Blue Mosque atau masjid biru. Mesjid ini dibangun pada tahun 1616 pada masa Sultan Ahmed. Dengan dominasi warna biru, masjid ini menunjukkan bangunan yang rumit dan bergaya ala timur tengah dan romawi.

mesjid biru
wikipedia
Ada juga Topkapi Palace yang dulunya adalah tempat tinggal Sultan ottoman yang kini jadi museum. DIbuat pada tahun 1459, Topkapi Palace ditinggali para sultan selama 400 tahun lamanya. Selain itu, Topkapi Palace juga merupakan pusat pemerintahan dimana para pejabat istana juga tinggal di komplek istana. Bangunan ini dilengkapi dengan  sekolah, asrama, perpustakaan, rumah sakit, masjid, taman, sampai tangki air raksasa yang ada di bawah tanah, serta dapur istana yang menyerupai pabrik karena dipakai untuk memasak bagi 4000 penghuni istana.

Jangan lupa berkunjung juga ke masjid yang fenomenal di Turki bernama Hagia Sophia. Dahulu, bangunan tersebut merupakan gereja yang diubah menjadi masjid oleh penakluk Konstantinopel. Saat ini, Hagia Sophia menjadi museum bersejarah dengan arsitektur yang sangat indah peninggalan Romawi, bersanding dengan kaligrafi dari era Kesultanan Ustamani.

Selain Mesjid Biru, Mesjid Sulaiman juga kabarnya menjadi salah satu tempat wisata religi yang disukai wisatawan yang datang ke Turki. Mesjid terbesar kedua di Turki ini juga memiliki kaitan sejarah yang erat dengan Kesultanan ustmani. Dinamakan Mesjid Sulaiman, karena masjid ini dibangun pada masa Sultan Sulaiman. 



mesjid sulaiman
wikipedia


Ada juga Benteng Rumeli yang dibangun pada masa Sultan Alfatih. Benteng yang berdiri gagah di pinggir sungai ini menjadi tempat pengankal serangan musuh Turki di masa lampau. 

Melihat peninggalan sejarah masa lampau selalu menjadi pelajaran bagi setiap orang. Betapa hebat Allah SWT menjadikan siapapun yang ia kehendaki untuk berkuasa di muka bumi. Namun jika tak mampu bersyukur, kuasa Allah SWT juga bisa memusnahkan apapun di muka bumi. Dari situlah kita bisa mengambil pelajaran utnuk tidak boleh sombong jika dikaruniai ilmu dan kekuasaan. Karena semua yang ada di langit dan bumi itu sesungguhnya kepunyaan Allah SWT. Wallahua’lam.




Comments