Menentukan Pendidikan dan Karir Yang Akan Dijalani



Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
(Lirik lagu d’Masiv “Jangan Menyerah”)


Yah, begitulah manusia, selalu menyesali hal yang sudah. Dan penyesalan selalu datangnya terlambat. Jika dipikir-pikir, banyak sekali yang saya sesali di masa lalu. Namun, kita tak bisa memutar waktu seperti halnya di kartun Doraemon. Yang perlu kita lakukan untuk adalah merenungkan dan memperbaiki diri agar tidak terjadi lagi hal seperti yang disesali.

Hal yang saya sesali di masa lalu, salah satunyanya adalah ketika saya tak tahu akan berkarir di bidang apa. Saat menentukan jurusan kuliah, saya sempat bimbang dan akhirnya mengambil jurusan kuliah yang sama sekali sebenarnya tidak saya minati. Saya kuliah di Jurusan Administrasi Niaga atau Administrasi Bisnis. Saat itu, pertimbangan saya masuk ke jurusan tersebut di sebuah politeknik negeri karena saat itu lembaga inilah harapan terakhir saya untuk masuk ke lembaga pendidikan negeri yang notebene lebih murah daripada swasta. 

Menentukan Pendidikan dan Karir Yang Akan Dijalani
ilustrasi: pixabay.com

Saya merasa, tidak begitu maksimal ketika menempuh perkuliahan sehingga nilai saya pun biasa-biasa saja. Padahal sih sebenarnya, jika saja saya bisa bersungguh-sungguh belajar dan banyak mencari informasi, saya pasti bisa maksimal dalama menjalani kuliah. 

Buat kamu yang ingin maksimal menempuh pendidikan tinggi, ada baiknya mencari informasi tentang jurusan kuliah atau pilihan karir yang diminati sejak masa SMA. Informasi sekarang bisa diakses dengan mudah melalui internet, bisa juga dengan bertanya pada orangtua dan guru serta orang-orang yang sudah terlebih dahulu berkecimpung di bidang yang kamu minati.

Rintangan pasti akan selalu ada ketika kita memilih berkarir di bidang tertentu. Misalnya saat keluarga tidak setuju dengan pilihan karir, semangat kita yang turun, atau susahnya pendidikan dan karir tersebut dijalani. Tapi kalau sudah jatuh cinta, semua hambatan tersebut pasti akan ada jalan keluarnya. Dan yang pasti, pilihan karir tersebut haruslah tidak bertentangan dengan agama dan bisa bermanfaat untuk bangsa dan Negara.



Comments