5 Youtuber Favorit Anggota Keluarga



Youtuber. Duh, ini hobi dan profesi yang kekinian banget ya. Dengan mudahnya akses internet di rumah, anak-anak pun sangat familiar dengan youtube dan istilah youtuber. Coba deh Tanya anak-anak jaman sekarang, Anak jaman sekarang, pasti mereka punya youtuber favorit. Bahkan, tak jarang kalau ditanya apa cita-cita mereka, ada yang menjawab ingin menjadi youtuber.

Anak-anak saya pun demikian. Jika sedang senggang dan tidak main dengan temannya, ya suka juga nonton berbagai channel di youtube. Tapi, hati-hati ya, jangan tinggalkan anak-anak nonton channel yotutube sendirian loh. BAHAYA! Biasanya, untuk meminimalisir konten dewasa, saya menerapkan tips ini buat anak-anak saat mereka mengakses youtube.

youtuber favorit
ilustrasi: pixabay.com

  • Temani mereka saat mengakses youtube jika kita sedang tidak ada kegiatan. Jadi, kita tahu apa yang mereka tonton dan bisa memberi masukan sebagai orangtua.
  • Akses youtube di ruang terbuka, misalnya ruang keluarga. Jadi, meski orangtua harus melakukan kegiatan seperti memasak di dapur, masih bisa tetap mengawasi apa yang anak tonton.
  • Aktifkan restricted mode di youtube untuk meminimalisir konten dewasa.
  • Aktifkan parenting control di Play Google. Nah ini, saya lupa caranya. Pokoknya di Google Play ada fitur untuk mengatur konten untuk usia anak tertentu. Silahkan diubek-ubek saja ya.
  • Batasi waktu mengakses youtube untuk anak, misalnya 1 jam saja.
  • Jangan biarkan anak memiliki gadget sendiri jika belum saatnya. Ini sih kebijakan masing-masing orangtua. Saya sendiri tidak membiarkan anak memiliki gadget sendiri. Anak tertua saya (11 tahun) masih belum punya gadget sendiri walau ia sudah merengek-rengek meminta handphone. Jadi, selama ini, anak-anak meminjam gadget orangtua untuk mengakses youtube, dengan begitu orangtua bisa melacak history youtube yang mereka tonton.
  • Terapkan peraturan yang tegas. Misalnya hanya boleh mengakses youtube saat sabtu dan minggu saja, atau jika sudah melaksanakan tugas belajar harian.

Biasanya, channel youtube apa yang ditonton anggota keluarga di rumah? Pasti punya dong 1 atau 2 youtuber favorit yang sering ditonton.

Ini nih youtuber favorit saya. 

1.       Ochikeron

Ochikeron ini adalah youtuber asal Jepang yang sering menayangkan masakan khas Jepang. Saya tak sengaja mendarat ke channel youtubenya melalui pencarian resep masakan. Kalau dilihat sekilas, masakan Jepang itu sederhana dan terlihat enak. Misalnya saja membuat omelet khas Jepang, Cuma ditambah berbagai sayuran dan daging yang disukai lalu digulung-gulung. Tapi, setelah dipraktekan eh susyah juga ya ternyata. 

Penampilan Ochikeron saat memasak juga khas dengan rambut panjang yang dicat, tetap cantik walau berkutat di dapur. Sekarang, karena Ochikeron sudah punya anak, ia sering juga menunggah resep makanan yang praktis buat anaknya.

ochikeron
ochikeron
 
Nah, kalau 2 lisi youtuber di bawah ini favoritnya anak perempuan saya yang berusia 7 tahun.

2.       Kan dan Aki
Kan dan Aki ini youtuber cilik kakak dan adik yang berasal dari Jepang juga. Channelnya banyak mengulas tentang mainan, makanan, tempat bermain, dan sebagainya yang semuanya khas Jepang. Sekarang, Kan dan Aki punya 2 adik yang lucu dan menggemaskan yang sering ikut nimbrung di channel mereka.

3.       Keira dan Charma
Keira dan Charma adalah 2 youtuber cilik kakak dan adik dari Indonesia. Mereka juga banyak mengulas tentang mainan, permainan khas anak, atau kegiatan mereka sehari-hari. 

keira charma
Keira & Charma

Kalau 2 list youtuber selanjutnya adalah favoritnya si sulung, anak lelaki berusia 11 tahun yang sedang hobi main game di waktu senggangnya.

4.       MiauAug
Ini youtuber asal Indonesia yang sering mengulas permainan online di channelnya. Tidak hanya itu, ia kadang juga mengulas berbagai gadget yang digunakannya untuk bermain game online. 

5.       DanTDM
Ini adalah youtuber bernama asli Daniel Robert Middleton, atau dikenal sebagai DanTDM. Ia merupakan gamer profesional dan penulis Inggris. Saluran youtubenya banyak mengulas game online, salah satunya game populer Minecraft. Ciri khasnya DanTDM ini adalah penampilannya yang unik dengan rambut berwarna biru.

DanTDM

Itulah 5 youtuber favorit anggota keluarga di rumah untuk sarana hiburan. Gimana dengan kamu, punya youtuber favorit juga?


Comments

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Semakin Bersyukur di Usia Cantik