Mengintip Kegiatan Kampung Berseri Astra (KBA) Lengkong Kulon BSD


“Hati-hati, anakmu jangan minum minuman X tiap hari ya. Ada anak di kampung kita yang terkena diabetes karena minum minuman tersebut tiap hari karena kandungan gulanya banyak. Padahal seharusnya minuman tersebut hanya dipakai sebagai toping atau bahan campuran makanan.”

Begitu kata ibu saya suatu hari. Beliau tinggal di sebuah desa di Jawa Barat. Desa saya itu sebenarnya sudah modern karena informasi sudah banyak masuk ke pedesaan melalui internet atau televisi. Tetapi mungkin tidak semua masyarakat memiliki kesadaran akan kesehatan atau taraf kehidupan masyarakat masih banyak yang kurang sehingga hanya mampu membeli minuman tersebut.

Menciptakan masyarakat yang peduli akan kesehatan dan terdidik memang tidak mudah dan pemerintah terus berupaya meningkatkan hal tersebut melalui berbagai program. Jika masyarakatnya sehat, maka akan berpengaruh juga terhadap aspek lain seperti pendidikan, produktivitas, dan lain-lain. 


Beban kerja pemerintah itu sebenarnya berat. Untungnya sekarang ada berbagai program dari perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia untuk membantu peningkatan kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah program Kampung Berseri Astra (KBA).

Kampung Berseri Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan & Kewirausahaan. Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

KBA membawa dampak positif kepada masyarakat berupa manfaat dari program pembinaan dan pemberdayaan. Dengan diterapkannya program KBA, masyarakat dapat mengambil tindakan inisiatif perubahan untuk mengubah kualitas kehidupan masyarakat, baik dari tingkat pendidikan berupa meningkatnya kesadaran untuk bersekolah, tingkat kesehatan berupa perilaku untuk hidup lebih sehat, kesadaran menjaga lingkungan agar bersih dan hijau, serta peningkatan standar kesejahteraan. 

Bagi pemerintah, program KBA  dapat mendukung peningkatan kualitas hidup manusia yang nantinya berujung kepada semakin baiknya level Indeks Pembangunan Manusia, tidak hanya di wilayah KBA, tetapi juga di wilayah sekitarnya.

KBA Lengkong Kulon BSD adalah salah satu KBA yang terdekat dengan tempat tinggal saya saat ini. Terletak di Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, KBA Lengkong Kulon dikembangkan pada tahun 2016. KBA Lengkong Kulon telah melakukan berbagai program di berbagai bidang sesuai dengan 4 pilar Astra (pendidikan, lingkungan hidup, kewirausahaan, dan kesehatan), antara lain:

1.      Pendidikan

Salah satu jalan untuk mendapat ilmu adalah dengan membaca. Oleh karena itu, Untuk menarik minat baca masyarakat Desa Lengkong Kulon, Astra memberikan satu gerobak buku kepada KBA Lengkong Kulon. Gerobak baca tersebut berisi puluhan buku edukasi, atau buku pengetahuan. Mulai buku bagaimana membuat kue, membuat produk kerajinan tangan dan buku-buku lainnya.

Kampung berseri Astra Lengkong Kulon
Sumber gambar: bantensatu.co

Pemberian gerobak baca berkaitan dengan pembangunan Taman Baca, oleh di KBA Lengkong Kulon. Gerobak Baca berisi buku-buku pendidikan penambah literasi ataupun pengetahuan bagi anak-anak Desa Lengkong Kulon. Bahkan tidak hanya itu, Gerobak baca ini isinya bukan hanya buku-buku saja, tapi ada pula TV, dan vidio yang mendidik. Hmm, pastinya anak-anak dan remaja di Desa Lengkong Kulon akan jadi semangat membaca dan belajar ya karena banyak buku yang tersedia sebagai media belajar. 

Oh ya, KBA Lengkong Kulon juga pernah berpastisipasi dalam Festival Permainan Tradisional yang digagas Astra pada Hari ANak Nasional tahun 2017 lalu. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Astra untuk membudayakan permainan tradisional anak agar dikenal oleh generasi milenial, terutama warga KBA. Festival diikuti 13 KBA di area Jabodetabek dan KBA Lengkong Kulon sempat mendapat juara di beberapa permainan tradisional yang dilombakan. 

Kampung berseri Astra Lengkong Kulon
Sumber gambar: kabarindonesia.com
 
2.      Lingkungan hidup dan Kewirausahaan

Pada 20 Desember 2017 lalu, Astra Daihatsu memberikan 600 pohon mangga dan rambutan ke warga Lengkong Kulon dalam program 1 Milliar Pohon. Sumbangan terdiri dari 300 bibit rambutan dan 300 bibit tanaman mangga berikut sarana dan prasarana Kebun Produktif oleh manajemen PT Astra Internasional. Sumbangan Pohon dan Kebun Produktif ini merupakan langkah kepedulian bagi lingkungan hidup yang akan dirasakan manfaatnya sampai masa datang.

Wah, banyak sekali ya, terbayang nanti Desa lengkong Kulon akan menjadi sejuk dengan banyaknya pohon mangga dan rambutan. Banjir juga bisa dicegah karena banyaknya pohon bisa menyerap air ke dalam tanah. Ditambah lagi, Mangga dan rambutan yang kelak dihasilkan saat panen, bisa menjadi penghasilan bagi warga. Astra memang mengharapkan Donasi bibit pohon buah-buahan itu bisa membantu meningkatkan kualitas lingkungan hidup warga.


Kampung berseri astra lengkong kulon bsd
Sumber: https://www.instagram.com/kba.lengkongkulon/

3.      Kesehatan

Di bidang kesehatan, Astra merangkul Puskesmas untuk bisa bekerja sama. Banyak kegiatan yang sudah dilakukan Puskesma Lengkong Kulon atas dukungan Astra. Puskesmas secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga Lengkong Kulon, baik anak-anak dan bayi, remaja, ibu hamil, serta lansia. Ada juga kegiatan senam dan seminar kesehatan untuk warga. Semuanya gratis dan warga tinggal menjalani. Yang pasti, Astra juga memberikan bantuan alat kesehatan yang dibutuhkan untuk Posyandu di lingkungan Desa Lengkong Kulon. 

Kampung berseri astra lengkong kulon bsd
Sumber: https://www.instagram.com/kba.lengkongkulon/

Rasanya senang dan bangga ada yang peduli dengan masyarakat sekitar. Sebagai masyarakat Indonesia yang ingin anak-anaknya sehat dan pintar, saya sangat mendukung berbagai program KBA yang bermanfaat. Saya harap, di kampung halaman saya juga ada program-program seperti ini sehingga kualitas hidup masyarakat meningkat.

Comments

  1. Bagus banget ya program CSR Astra ini, menyentuh lapisan masyarakat banget jadi lebih sejahtera

    ReplyDelete

  2. Keren banget ya aktivitas yg positif ini. Md2an wilayah lain juga mendapat perhatian dari lingkungan setempat utk mensejahterakan masyarakat setempat khususnya dan bagi wilayah lain pd umumnya.

    ReplyDelete
  3. Suka dg kegiatan seperti ini. Semua orang harus bekerjasama demi lingkungan yg sehat. Semoga progam kaya gini bisa ke semua daerah ya Mbak

    ReplyDelete
  4. Salut banget sama Astra yang rutin merangkul kampung-kampung dan diberdayakan dengan program mereka ini. ^^ Semoga terus berlanjut dan menjangkau daerah lainnya di pelosok daerah.

    ReplyDelete
  5. Saya penasaran Mbak pengin sesekali ngelihat KBA langsung. Di Balikpapan kayaknya ada juga tuh.

    ReplyDelete
  6. KBA Lengkong Kulon BSD juga lumayan deket dari rumah ku.
    Penasaran sama ggerobak baca nya deh..

    ReplyDelete
  7. Kampung yang hebat ya. Kapan Kampungku bsa kayak gini...

    ReplyDelete
  8. Kampung yang asyik untuk dikunjungi...

    ReplyDelete
  9. Keren program CSR nya Astra ya. Benar sih butuh peran dan perhatian banyak pihak agar lingkungan sehat dan kualitas hidup pun meningkat

    ReplyDelete
  10. mba aku jadi penasaran sama kegiatan kampug berseri ditempatku apa aja deh keren ya CSR Astra :)

    ReplyDelete
  11. Kereen mbak. Semoga makin banyak daerah yg dapat program CSR ini ya.m

    ReplyDelete
  12. Bagus ini. Kalo anak anak masih pada memiliki semangat baca insya Allah kehidupannya akan penuh kegiatan-kegiatan positif ya Mbak. Keren dah masyarakat Lengkong Kulon.

    ReplyDelete
  13. Di daerahku belum ada Mbaaaaa, jadi pengen juga semoga segera di adakan di sini. Karena ingin ikut berpartsipasi

    ReplyDelete
  14. Kampung berseri astra jadi contoh yang baik ya buat kampung lain biar bisa produktif dan bermanfaat buat masyarakat

    ReplyDelete
  15. Asyik banget ada gerobak buku di program CSR-nya Astra ini. Tentu dapat menumbuhkan minta membaca bagi warga Kampung Berseri Astra. Jadi yg biasanya menghabiskan dengan menonton tv, bisa beralih dengan membaca.

    ReplyDelete
  16. Udah cukup sering ttg Kampung Berseri Astra tapi baru tau yang ada di Lengkong Kulon.
    Mulai dari penyediaan buku2 bacaan buat anak, bantuan ke puskesmas, kewirausahaan, sampai ke penghijauan, banyak ya kegiatann CSR-nya di sana :D

    ReplyDelete
  17. Saya berharap juga semoga KBA dari Astra ini makin banyak lagi sehingga menyentuh bidang-bidang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat seperti ekonomi dan kesehatan. Jika masyarakat perekonomiannya sejahtera, kesehatannya terjaga,maka Insya Allah hal lainnya dapat dengan mudah dicapai.

    ReplyDelete
  18. Program CSR memang sekarang lagi digencarkan. Tapi yang paling cetar banget baru ini deh. Astra memang top pisan.

    ReplyDelete
  19. Program CSR Astra ini semoga makin mensejahterakan masyarakat Lengkong Kulon. Alangkah indahnya jika perusahaan2 sebesar Astra ini selalu peduli kepada masyarakat.

    ReplyDelete
  20. wow lengkap banget program CSR di KBA ini. Gimana ya caranya supaya jadi KBA? apa mendaftar atau langsung dipilih Astra?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.