Menyapu, Pekerjaan Rumah Tangga Yang Disukai



Sebagai ibu rumah tangga, setiap hari berbagai pekerjaan rumah tangga itu adalah makanan sehari-hari saya. Mencuci baju dan piring, memasak, menyetrika, menyapu, mengepel, membersihkan debu, dan lain-lain saya lakukan sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga. 

Capekah? Iya, karena semua pekerjaan tersebut memerlukan fisik yang prima. Tetapi semuanya berusaha saya lakukan karena memang itulah yang bisa saya lakukan untuk keluarga saya dibandingkan mencari nafkah. Yah, kalau cape, saya bisa istirahat sebentar saat anak dan suami berangkat sekolah dan kerja.


Diantara berbagai pekerjaan rumah tangga tersebut, menyapu adalah pekerjaan rumah tangga yang paling saya sukai. Yup, menurut saya menyapu adalah pekerjaan yang paling mudah dibanding pekerjaan rumah tangga lainnya. Kalau sedang banyak sekali pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan, menyapu adalah pekerjaan yang jangan sampai tertinggal dilakukan setiap hari.

Memasak bisa ditunda karena bisa memesan makanan lewat ojek online atau katering langganan. Menyetrika juga bisa ditunda karena saya hanya menyetrika baju sekolah, baju kerja, dan baju formal lainnya untuk menghemat tenaga dan listrik. Tetapi menyapu biasanya saya lakukan setiap hari. 

menyapu, Pekerjaan Rumah Tangga Yang Disukai
ilustrasi: pixabay.com

Selain mudah, menyingkirkan sampah dan debu dengan sapu lalu melihat hasilnya berupa lantai yang bebas sampah, membuat perasaan saya lega. Setidaknya, hari itu rumah terlihat sedikit lebih baik dan anggota keluarga tidak akan menginjak sampah. Menyapu biasanya disertai membereskan barang-barang seperti mainan dan baju kotor ke tempatnya. Rumah yang bersih bisa meningkatkan mood dalam bekerja, mendampingi keluarga, dan menulis. Setelah itu, apakah lantainya mau dipel atau tidak tergantung waktu luang yang saya punya.

Untuk kamu yang ingin melakukan pekerjaan rumah tangga menyapu dengan cepat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Pilihlah furniture yang bisa diangkat atau digeser atau terlihat kolongnya, sehingga kotoran dibawahnya mudah dibersihkan.
  2. Pilihlah sapu yang pegangannya kuat dan lentur sikatnya sehingga bisa menjangkau bagian lantai yang sulit diraih. Saya sendiri kurang suka sapu yang terbuat dari plastik karena biasanya kurang lentur. Sapu ijuk memang lentur tetapi akan menyisakan banyak residu ijuk saat pertamakali dipakai.
  3. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan pekerjaan rumah tangga ini secara rutin. Misalnya pagi hari saat anak dan suami belum bangun, sehingga menyapu bisa dilakukan tanpa interupsi :D
Bagaimanapun, melakukan pekerjaan rumah tangga tidak bisa dihindari bahkan bagi laki-laki di saat istrinya sakit, sedang bekerja, atau ada keperluan lainnya. Karena melakukan pekerjaan rumah tangga adalah hal manusiawi yang kita lakukan untuk bertahan hidup.  Jadi ingin tahu nih, pekerjaan rumah tangga apa yang paling kamu suka teman? Dan adakah tips kamu dalam melakukan pekerjaan rumah tangga yang kamu suka itu dengan mudah dan gembira?
 

Comments

  1. Emang pekerjaan rumah tangga itu suka nggak suka harus tetap dijalani ya..kalo nggak rumah bisa kaya kapal pecah deh 😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.