Kekonyolan Saat Kecil



“Dasar anak nakal!”

Begitulah yang suka dibilang orang dewasa jika seorang anak kecil berperilaku tidak sesuai kehendaknya atau dengan yang ada. Setelah dewasa, saya baru tahu kalau sebutan anak nakal pada seorang anak itu akan terekam jelas di benak seorang anak dan membentuknya seperti apa yang dikatakan. Jadi, sebaiknya bagi orang dewasa memang menahan mulutnya untuk tidak berkata negative pada seorang anak, bahkan seharusnya ia terus menasihati dan mendidik anak kecil agar berakhlak baik.

Bicara kenakalan saat kecil, aduuuh malu deh sebenarnya untuk mengingat dan menceritakan hal ini. Saya juga pernah kecil dan pernah tak tahu bahwa apa yang saya lakukan itu melukai hati orang lain.


kekonyolan saat kecil
ilustrasi: pixabay.com

Jadi ceritanya begini. Saya dan teman-teman semasa kecil itu suka sekali bercanda saat shalat dan mengaji di masjid. Suatu hari, seperti biasa kami bercanda deh. Setiap kali sujud saat shalat, ada saja teman kami yang menepuk kepala temannya di barisan belakang. Nanti setelah shalat selesai, sang teman akan kebingungan dan mencari tahu siapa teman yang menepuk kepalanya. Hal inilah yang membuat kami merasa lucu dan tertawa saat kecil.

Saya pun tak luput dari kekonyolan ini. Saya tepuk kepala teman saya yang berada di belakang dengan cukup keras, lalu tertawa sambil mengingat bahwa ia akan kebingungan mencari teman yang menepuk kepalanya. Setelah shalat usai, saya nengok lah ke belakang. Ya Allaaah, ternyata ia bukan teman saya, melainkan ibunya teman saya yang memang perawakannya kecil!

Duh malunya saya, tapi saya tidak bisa mengekspresikan perasaan saya. Saya hanya melihatnya tanpa berkata apa-apa. Mau minta maaf juga tak berani. Ibu teman saya pun hanya melihat saja ke arah saya, tanpa saya tahu perasaannya apakah marah atau tidak. Akhirnya, saya hanya bisa memendam hal ini sampai dewasa. Andai saja ada orang dewasa yang mengetahui hal ini, mungkin mereka bisa membantu saya mengatasi rasa bersalah ini.

Bagaimana dengan kamu, teman? Kekonyolan seperti apa yang pernah kamu lakukan saat kecil dan tak terlupakan?

Comments

  1. marah sih mungkin cuma kalau diingati mungkin beliau akan tertawa juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.