Pilih Mana Ya, Blogger Part Time Atau Full Time?


Istilah blogger saat ini rasanya bukan istilah asing. Dengan semakin majunya teknologi internet, pengguna internet pun semakin banyak dan semakin banyak juga yang tahu istilah ini, karena blogger erat hubungannya dengan teknologi internet. Bahkan semakin banyak juga yang menjadi blogger.

Buat yang belum tahu, blogger itu orang yang menulis apapun pemikiran dan perasaannya di blog. Setidaknya, blogger harus memiliki teknologi dasar internet seperti browsing, serta kemampuan menulis. Karena untuk menjadi blogger itu (dulu) tidak ada sekolahnya, harus mencari sendiri di internet cara membuat blog. Sekarang lebih enak, karena seringkali ada workshop membuat blog –bahkan menjadi blogger professional- yang dipandu langsung oleh ahlinya.

Pilih Mana Ya, Blogger Part Time Atau Full Time?
ilustrasi: pixabay.com

Menjadi blogger sekarang bukan saja sebagai hobi, tetapi juga bisa dijadikan sebagai profesi. Bagaimana caranya? Bisa dengan bergabung dengan berbagai komunitas atau platform yang menghubungkan blogger dengan klien yang membutuhkan blogger untuk membantu mempromosikan barang dan jasa mereka di blog kita. 

Menjadi blogger yang berpenghasilan juga waktunya tidak terikat dengan jam kerja tertentu dan perusahaan tertentu. Bagi sebagian orang, ini menjadi hal yang menguntungkan. Konsekuensinya, ya pendapatannya pun bisa besar atau kecil, tergantung seberapa banyak seorang blogger mengambil pekerjaan.

Awalnya, saya pun menulis di blog hanya sebagai sarana menyalurkan hobi menulis. Tetapi ternyata perkembangan dunia blog membuat saya memiliki peluang untuk menghasilkan sesuatu dari rumah sambil mengurus keluarga. 

Ya, saat ini saya memang masih menjadi blogger part time yang mengerjakan segala tugas menulis dari rumah sambil mengurus keluarga, dan hanya menerima job menulis liputan blog hanya pada saat saya memang bisa melakukannya. Sehingga penghasilan pun tidak sebesar mereka yang menjadi full time blogger yang bisa kapan saja menerima job menulis blog.

Tetapi tidak apa, ini memang jalan yang saya pilih saat ini karena keterbatasan saya dalam mobilisasi keluar rumah karena tidak memiliki asisten rumah tangga yang bisa menjaga anak-anak jika saya pergi keluar rumah. Apalagi, sebentar lagi saya akan memiliki bayi lagi, yang tentunya saya akan semakin sulit untuk keluar rumah, kecuali dalam jarak dekat. 

Untuk ke depannya, jika anak-anak sudah mandiri, saya memiliki keinginan untuk tetap menulis di blog. Siapa tahu, saya bisa menjadi full time blogger karena semakin tersedianya waktu untuk itu. Saya juga ingin menulis dan menerbitkan buku, bahkan ingin belajar membuat naskah skenario. 
Bagaimana dengan kamu teman, pilih menjadi blogger par time atau full time?


Comments